×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Tak hanya elok dipandang, ini 7 khasiat delima yang perlu kamu ketahui

0

Kesehatan

Tak hanya elok dipandang, ini 7 khasiat delima yang perlu kamu ketahui

Buah delima juga punya khasiat untuk kesehatan dan kecantikan.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Muwaffiq Rosyadi

16 / 10 / 2019 16:05

"Merah Delima", istilah yang sering kita dengar untuk menyebut batu mulia yang memiliki warna merah dengan sedikit sentuhan magenta. Batu mulia ini memang memiliki keindahan tersendiri jika dipandang. Apalagi dikenakan sebagai aksesori seperti cincin, tentunya semakin menambah nilai ekonomis batu ini. 

Kita sudah sangat familiar dengan batu mulia jenis merah delima yang dijual dengan harga mulai ratusan ribu hingga belasan juta rupiah tergantung ukuran dan kualitasnya. Nama "merah delima" memang terinspirasi dari buah delima yang memiliki biji-biji berwarna serupa dengan batu mulia tersebut.

Sebenarnya terdapat 3 jenis delima, yakni delima merah, delima putih, dan delima hitam. Ketiga jenis delima tersebut memiliki keindahan masing-masing. Delima merah memiliki kulit berwarna merah pekat dan biji-bijinya berwarna senada dengan sedikit sentuhan magenta. Delima putih memiliki kulit kuning muda sedikit kehijauan dan biji berwarna pink pucat. Sedangkan delima hitam memiliki kulit ungu pekat kehitaman dengan biji-bijinya berwarna merah gelap. 

Tak hanya elok dipandang, ini 7 khasiat delima yang perlu kamu ketahui

Di Indonesia, umumnya masyarakat mengkonsumsi delima secara langsung tanpa diolah untuk mendapatkan kesegaran cairannya. Sayangnya, sebagian orang merasa kewalahan dengan biji-bijinya dan akhirnya kurang menyukai buah ini. Kurang minatnya masyarakat Indonesia terhadap delima menyebabkan langkanya buah ini di Indonesia sebab jarang ada orang yang mau membudidayakannya. Hal ini pula yang membuat harga jual delima di pasar Indonesia cukup tinggi. 

Sedangkan di negara luar seperti Turki, delima adalah jenis buah yang sangat populer dan dikonsumsi sehari-hari baik secara langsung, diolah menjadi fresh juice, sebagai campuran salad, manisan Turki (seperti dodol) dan permen, hingga dijadikan selai. Buah ini memiliki rasa yang manis asam yang segar. 

Loading...

Nah, pertanyaannya, sudah pernahkah kamu mengkonsumsi buah yang memiliki nama latin Punica granatum ini? Atau jangan-jangan kamu bahkan belum pernah melihat buahnya secara langsung? Sangat disayangkan jika kamu belum pernah melihat atau merasakan buah delima ini, sebab selain memiliki wujud yang indah dan rasa yang nikmat, ternyata delima juga memiliki kandungan nutrisi yang tak kalah dari buah-buahan lainnya.

Delima mengandung vitamin C,  vitamin B kompleks, vitamin E, dan vitamin K serta karbohidrat, protein, serat, dan mineral-mineral seperti zinc, tembaga, kalium, dan magnesium, serta kaya antioksidan polifenol dan antosianin. Anda juga tak perlu khawatir jika mengkonsumsi delima setiap hari karena buah ini rendah lemak dan kalori. Kandungan nutrisi yang ada pada buah delima memiliki beragam khasiat bagi kesehatan tubuh dan kecantikan. Apa saja khasiat-khasiat tersebut? Simak daftarnya berikut ini.

1. Mencegah penyakit jantung.

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit paling berbahaya dan mematikan yang ditakuti oleh semua orang. Penyakit jantung dapat disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat seperti malas berolahraga, mengonsumsi makanan berlemak, dan merokok. Untuk mencegah penyakit jantung, selain menjalankan gaya hidup yang sehat dan mengatur pola makan, kamu dapat mengkonsumsi buah delima secara rutin.

Delima memiliki kandungan antioksidan yang membantu menangkal radikal bebas pada dinding arteri sehingga dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, buah ini juga membantu mengontrol kadar kolesterol dalam darah, menjaga tekanan darah, dan mencegah penyumbatan pada pembuluh darah sehingga aliran darah jantung dan seluruh tubuh tetap lancar.

2. Mencegah dan melawan kanker.

Kandungan antioksidan pada delima ternyata tak hanya menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh, tetapi juga bisa mencegah dan memperbaiki kerusakan DNA sehingga dapat membantu mencegah berbagai kanker seperti kanker payudara, kanker prostat, kanker paru-paru hingga kanker kulit. Riset juga menunjukkan bahwa mengonsumsi buah delima secara rutin disertai dengan diet yang seimbang mampu menghambat pertumbuhan dan reproduksi sel kanker dalam tubuh serta menginduksi apoptosis (kematian sel) kanker tersebut.

3. Melancarkan pencernaan.

Tubuh kita memerlukan asupan serat yang cukup setiap harinya agar sistem pencernaan tetap lancar. Kebutuhan serat harian dapat kita penuhi dengan mengkonsumsi banyak buah dan sayur, salah satunya delima. Mengonsumsi satu buah delima setiap hari ternyata dapat memenuhi sekitar 45% kebutuhan serat kamu loh. Luar biasa, bukan, buah yang satu ini?

4. Membantu menyembuhkan radang dan nyeri sendi.

Kamu sering mengalami radang dan nyeri sendi? Jangan hanya andalkan obat-obatan kimia, coba konsumsi buah delima! Buah delima ternyata memiliki sifat antiradang yang dapat menyembuhkan peradangan pada sendi. Sebuah studi bahkan mengungkapkan bahwa ekstrak buah delima memiliki senyawa yang dapat membantu menyembuhkan penderita ostheoarthritis. Jadi, mulailah mengonsumsi delima secara rutin.

5. Meningkatkan sistem imun tubuh.

Perubahan cuaca yang ekstrem serta gaya hidup yang kurang sehat membuat kita mudah terserang penyakit seperti batuk, pilek, demam, dan sakit kepala. Nah, jika kamu tidak ingin kesehatanmu drop dan menghambat rutinitas, maka kamu bisa mengonsumsi delima. Buah ini memiliki kandungan vitamin C yang dapat membantu menjaga dan meningkatkan sistem imun (kekebalan) tubuh kamu sehingga kamu tidak mudah terserang penyakit.

6. Meningkatkan libido.

Kamu dan pasanganmu kurang berhasrat untuk melakukan hubungan seksual akhir-akhir ini? Bisa jadi libido kalian menurun. Eits, tapi jangan asal membeli obat-obatan peningkat libido atau perangsang di luar sana, karena kebanyakan terbuat dari bahan kimia dan memiliki efek samping bagi tubuh jika digunakan secara terus-menerus.

Cobalah mengkonsumsi buah delima secara rutin. Sejak dulu, delima telah dipercaya dapat meningkatkan libido dan an kesuburan. Peneliti dari Queen Margaret University mengungkapkan hasil studinya bahwa jus delima dapat meningkatkan kadar testosteron pada pria dan wanita. Itu sebabnya buah ini pun juga berfungsi sebagai afrodisiak, menaikkan libido serta stamina seksual.

7. Menjaga kecantikan kulit.

Nah, ladies, pasti kalian selalu ingin menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah agar selalu terlihat fresh, mulus, dan awet muda. Cantik tidak harus selalu mahal dan susah. Delima bisa menjadi salah satu preference kamu dalam hal perawatan kecantikan. Kandungan antioksidan delima yang menangkal radikal bebas bisa membantu mencegah penuaan dini pada kulit. Selain itu, kandungan vitamin C pada buah ini juga bisa mengatasi jerawat, menjaga kelembapan dan kekenyalan kulit, serta meregenerasi sel-sel kulit mati.

Untuk perawatan dari dalam, kamu bisa mengonsumsi delima secara langsung atau meminum jusnya. Sedang untuk perawatan dari luar, kamu bisa membuat masker delima dengan cara menghaluskan delima dan mencampurkannya dengan madu, jeruk nipis, bubuk spirulina, ataupun yogurt kemudian aplikasikan ke wajah secara merata selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air. Lakukan ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Itulah tujuh manfaat luar biasa buah delima bagi kesehatan tubuh dan kecantikan. Bagaimana, kamu tertarik untuk mengonsumsinya? Kamu dapat membeli delima di pasar tradisional maupun swalayan meskipun harganya cukup mahal. Jika kesulitan, kamu cukup mencarinya dengan mudah lewat e-commerce.

Apabila kamu tertarik untuk membudidayakannya, kamu pun bisa membeli bibit pohon delima di toko tanaman dan menanamnya di pot atau pekarangan rumahmu. Semua khasiat delima tersebut dapat kamu rasakan apabila mengonsumsinya secara rutin dengan dibarengi gaya hidup sehat serta pola makan teratur.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red