Tahukah kamu ternyata di suku Mentawai terdapat satu orang bule yang tinggal dan menetap di sana lho. Bule tersebut bernama Rob Henry yang berasal dari Melbourne, Australia, awalnya ia berprofesi sebagai peselancar kemudian ia kebingungan menjalani kehidupannya saat krisis global pada tahun 2008 silam.

Inilah sosok bule Aussie yang hidup membaur dengan Suku Mentawai

"Saya memutuskan untuk meninggalkan Melbourne untuk melihat arti kehidupan lebih jauh. Jadi saya memutuskan untuk pergi dan mencari hal itu," ujar Rob seperti yang diutarakannya pada Progam Hack Triple J, salah satu stasiun radio milik ABC.

Dikutip dari nationalgeographic.co.id, awalnya Rob Henry datang ke Indonesia daoam sebuah resor bagi peselancar untuk proyek pengerjaan sebuah film. Kemudian dia bertemu dengan seseorang yang membuatnya memikirkan untuk menikmati kehidupan baru.

"Ada seorang anak muda asal suku Mentawai bernama Andy yang bekerja di resor itu. Saat melihatnya, saya berpikir apakah budaya dan kebebasan yang terlihat di matanya justru sesuatu yang tidak pernah saya temui selama ini, saya pun tertarik untuk tahu tentangnya lebih jauh" ungkap Rob.

Inilah sosok bule Aussie yang hidup membaur dengan Suku Mentawai

Kemudian ia pun menemukan kehidupan suku Mentawai di desa nelayan terpencil. Penduduk asli suku Mentawai sendiri diyakini telah mendiami Kepulauan Mentawai selama ribuan tahun. Ia pun tertarik untuk tahu lebih dalam dan ingin tinggal di tempat itu.

Mantap untuk tinggal di suku Mentawai, Rob akhirnya belajar bahasa daerah dan berbaur bersama masyarakat. Disana ia belajar banyak tentang sistem kepercayaan tradisional yang dinamakanArat Sabulungan. Petualangan Rob di suku Mentawai berlangsung sekitar 8 tahun.