×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Suntik vaksin difteri 3 kali bagi orang dewasa wajib nggak sih?

0

Kesehatan

Suntik vaksin difteri 3 kali bagi orang dewasa wajib nggak sih?

Aturan vaksin lengkap difteri bagi orang dewasa, kamu wajib tahu nih!

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Eka Wulansari

01 / 02 / 2018 17:27

Merebaknya kejadian luar biasa (KLB) Difteri di beberapa daerah belakangan ini sangat mengkhawatirkan masyarakat. Masalahnya Difteri tidak hanya menyerang anak, melainkan dapat juga menyerang dewasa.

Difteri adalah infeksi bakteri yang umumnya menyerang selaput lendir pada hidung dan tenggorokan, serta terkadang dapat memengaruhi kulit. Penyakit ini sangat menular dan termasuk infeksi serius yang berpotensi mengancam jiwa, karena toksin difteri dapat menyebabkan kelainan jantung.

Direktur Surveilans dan Karantina Kementerian Kesehatan, Jane Soepardi, menjelaskan sejak tahun 1990-an kasus difteri di Indonesia sudah hampir tidak ada, baru muncul lagi pada tahun 2009. Namun kini Difteri muncul kembali karena ada kelompok-kelompok antivaksinasi, sehingga banyak anak yang tidak mendapatkan vaksinasi.

Imunisasi difteri yang dikombinasikan dengan pertusis (batuk rejan) dan tetanus ini disebut dengan imunisasi DPT. Sebelum usia 1 tahun, anak diwajibkan mendapat 3 kali imunisasi DPT.

Lalu bagaimana aturan vaksinasi Difteri bagi orang dewasa?

Loading...

Dokter spesialis penyakit dalam RSCM, dr Iris Rengganis atau akrab disapa dr Iris menjelaskan pentingnya vaksinasi difteri bagi orang dewasa.

"Bakteri penyebab difteri bukan seperti virus cacar yang bisa dihilangkan. Maka, orang dewasa perlu mendapat vaksin guna pelengkap pencegahan," ujar dr Iris saat menjadi pembicara pada Forum PAPDI (Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia) yang bertajuk 'Vaksin dan Difteri' pada 24 Januari 2018 lalu.

Sempat beredar kabar yang mengatakan orang dewasa wajib mendapat vaksin difteri sebanyak 3 kali, sama seperti anak-anak. Hal ini dibenarkan oleh dr Iris. Namun orang dewasa yang harus diberikan vaksin difteri sebanyak 3 kali adalah mereka yang lahir pada tahun 1976 ke bawah atau yang sudah berusia diatas 42 tahun.

Karena program vaksin DPT yang diberikan pada anak-anak baru ada pada tahun 1976. Maka, untuk orang dewasa yang berusia di atas 42 tahun wajib vaksin Difteri sebanyak tiga kali sebagai pencegahan.

 

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    25%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    50%

  • Sedih

    25%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red