Stanislav Cherchesov merupakan aktor dari keberhasilan Rusia menembus babak perempat final pada Piala Dunia 2018. Stanislav Cherchesov merupakan mantan penjaga gawang Rusia dan Uni Soviet kala itu. Pada gelaran Piala Dunia 2018, Rusia bermain sangat apik berkat polesan formasi yang di racik oleh Stanislav Cherchesov. Rusia berhasil finish ke-2 di babak 16 setelah Uruguay pada group A. Perjalanan Rusia terus berlanjut, pada babak 8 besar Rusia bertemu dengan Spayol, skor akhir 3-4 yang dimenangkan oleh Rusia lewat adu pinalty. Pada babak perempat final, Rusia bertemu dengan Runner Up Piala Dunia 2018, yakni Kroasia. Rusia kalah dengan skor 4-3 lewat adu pinalty.

Keberhasilan Stanislav Cherchesov membawa Rusia ke perempat final pada Piala Dunia 2018 menyulut decak kagum publik Rusia. Meski kekalahan dari Kroasia menghentikan laju perjalanan Rusia ke semi final pada Piala Dunia 2018, tak dipungkiri juga bahwa hal ini sebagai keberhasilan Stanislav Cherchesov dalam meracik formasi sampai pada titik tersebut.

Laju Rusia yang tak disangka-sangka sampaike perempat final pada Piala Dunia 2018, membuat Stanislav Cherchesov diberikan kepercayaan kembali untuk melatih Tim Nasional Rusia. Perpanjangan kontrak pun ditawarkan. Cherchesov dipastikan melatih Tim Nasional Rusia selama dua tahun ke depan, tetapi akan diperpanjang dua tahun lagi jika Rusia berhasil lolos ke UEFA EURO 2020.

"Saya senang untuk terus bekerja dengan Rusia," kata Cherchesov di situs resmi Asosiasi Sepak bola Rusia. "Kami menetapkan bar cukup tinggi dalam hal hasil, tetapi kami akan mencoba untuk menjaga hal ini. Sayamemahami tanggung jawab dan akan terus bekerja dengan kehormatan."

Cherchesov juga digadanggadang masuk dalam nominasi untuk The Best FIFA Men's Coach Award 2018 bersama Zlatko Dalic, Roberto Martinez, Didier Deschamps, Pep Guardiola, Massimiliano Allegri, Ernesto Valverde, Jurgen Klopp, Gareth Southgate, Diego Simeone dan Zinedine Zidane.