×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Simpel dan praktis, 5 aplikasi scanner ini bisa mempermudah hidupmu

0

Gadget

Simpel dan praktis, 5 aplikasi scanner ini bisa mempermudah hidupmu

Dengan ponsel, kamu bisa men-scan berkas-berkas penting.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Riyan Fadli

15 / 04 / 2019 11:50

Kamu pernah mengalami tertinggal materi saat pelajaran karena tidak bisa menulis cepat? Atau kamu kelupaan membawa buku catatan saat ada mata kuliah? Tidak hanya menghubungkan temanmu yang jauh di sana melalui media sosial, lewat ponsel pintar, kamu juga bisa memanfaatkannya untuk menunjang aktivitas belajarmu lho.

Hanya berbekal aplikasi scanner, kamu bisa menyimpan materi-materi pelajaran dari buku ataupun dari papan tulis secara langsung. Biarpun kamu duduk di bangku paling belakang, bahkan dari sudut mana pun, kamu bisa memotret materi di papan tulis. Melalui aplikasi scanner kamu akan mendapatkan jepretan gambar seolah-olah diambil dari dekat dan sudut yang lurus. 

Tentunya hal tersebut berbeda saat kamu menggunakan aplikasi kamera biasa, gambar yang didapat pasti miring, ada yang buram dan gelap karena cahaya yang kurang. Dengan aplikasi scanner kamu bisa menyortir dan tulisan dan background agar memiliki kontras tinggi. Semuanya jadi mudah dibaca deh.

Kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi scanner saat di perpustakaan lalu mendapati buku yang kamu inginkan tidak boleh dibawa pinjam. Tinggal buka aplikasi scanner dan jepret halaman-halaman yang penting dan rangkai menjadi file Pdf. Halaman yang ingin kamu baca pun sudah bisa dibawa pulang. 

Aplikasi scanner ini biasanya sangat dibutuhkan untuk memindai berkas-berkas penting seperti ijazah, E-KTP, Kartu Keluarga dll. untuk diunggah di internet. Jadi tidak perlu ribet cari tempat scan di warnet atau tempat foto copy. Sudah kebayang kan kemudahan yang didapatkan dari aplikasi scanner ini? Berikut ini ada 5 aplikasi scanner yang wajib diinstal di ponselmu sesuain kebutuhan.

Loading...

1. Office Lens.

Simpel dan praktis, 5 aplikasi scanner ini bisa mempermudah hidupmu

Aplikasi scanner pertama ada Office Lens, kamu tidak perlu ragu terhadap kualitasnya. Aplikasi ini dibuat oleh vendor ternama, Microsoft, jadi layanan dan fungsi aplikasi sudah terjamin. Di PlayStore, rating aplikasi ini pun cukup tinggi, 4,7 dari 5 bintang. Lewat Office Lens kamu bisa menyandingkan akun Microsoft mu yang ada di laptop juga lho. Tidak perlu ribet kirim-kirim file pakai kabel USB, bluetooth, atau email, berkas hasil scan dapat langsung diunggah ke penyimpanan cloud akun Microsoft-mu.

Kamu bisa mendapatkan aplikasi Office Lens ini di Play Store. Setelah terinstal, kamu bisa lihat tampilan utama berupa layar kamera. Ada beragam pilihan yang akan memudahkan penggunanya, yaitu mode Papan Tulis untuk mengambil gambar papan tulis dari jarak jauh; mode Dokumen untuk men-scan berkas-berkas penting dan halaman-halaman buku yang bisa kamu rangkai sesuai kebutuhan; mode Kartu Nama untuk men-scan benda-benda berbentuk kartu nama, seperti E-KTP, SIM dll.; Dan mode Foto untuk mengakses mode foto kamera standar. 

Dibekali dengan kecerdasan yang luar biasa, Office Lens bisa mengetahui sudut-sudut dari benda yang akan kamu scan. Tidak perlu repot-repot lagi deh, tinggal cekrek gambar otomatis terpotong dengan sendirinya. Pilihan penyimpanan pun sangat beragam, bisa berupa foto, Pdf, Word, PowerPoint, dan OneNote. untuk mengistal aplikasi ini hanya butuh ruang penyimpanan sebesar 33 MB. Kamu bisa mendapatkan Office Lens pada di sini.

 

2. Adobe Scan.

Simpel dan praktis, 5 aplikasi scanner ini bisa mempermudah hidupmu

Masih dari penyedia layanan ternama, aplikasi scanner kedua ada Adobe Scan: PDF & Bussiness Card Scaner with OCR. Aplikasi besutan Adobe ini mendapatkan rating 4,6 bintang di Play Store. Pada tampilan awal aplikasi, kamu harus login menggunakan akun Facebook atau Google yang nantinya akan disambungkan dengan akun Adobe ID.

Setelah selesai login kecanggihan aplikasi ini akan sangat terasa, aplikasi akan otomatis memindai benda apa saja yang ada di depan ponselmu. Berkas-berkas, buku, papan tulis dll. akan mudah dikenali. Tampilannya pun cukup elegan. Kamu tinggal jepret, lalu sesuaikan jenis seperti apa berkas yang kamu inginkan. Bisa putar rotasi berkas ataupun sesuaikan warnanya. 

Namun, di Adobe Scan ini kamu hanya bisa menyimpan berkas dengan format Pdf. Perlu ruang sebesar 31 MB untuk menginstal aplikasi ini, kamu bisa mengunduhnya di sini.

 

3. CamScanner.

Simpel dan praktis, 5 aplikasi scanner ini bisa mempermudah hidupmu

Aplikasi berikutnya adalah CamScanner. Pada beberapa ponsel, CamScanner sudah terinstal sebagai aplikasi default. Fitur-fitur didalamnya cukup lengkap, tidak kalah dengan penyedia layanan tenama lainya. Senada dengan itu, CamScanner mendapatkan rating 4,6 bintang di PlayStore. 

Beberapa orang yang ponslenya telah terpasang CamScanner mungkin tidak mengetahui fungsinya. Namun bagi banyak orang yang familiar dengan fitur-fitur ponsel, CamScanner menjadi senjata utama untuk memudahkan hari-harinya. Bagaimana tidak, kamu bisa men-scan apapun sesuai kebutuhan. 

CamScanner memiliki fitur yang sangat lengkap, mulai dari scan Kartu, Kartu Ucapan, PPT, OCR, Dokumen, Kartu ID, Question Book, dan QR Code. Lengkap sekali kan, tinggal pilih apapun bisa kamu scan. 

Fitur menarik yang tidak terdapat pada aplikasi scaner lainnya adalah scan Kartu Ucapan. Kamu bisa mengunduh template bingkai kartu-kartu ucapan yang cantik dan kekinian. Tinggal kirim kesayangan kartu ucapan deh, pasti akan luluh hatinya.

Dengan CamScanner ini kamu bisa menyimpan berkas-berkasmu dengan format Pdf, ataupun file gambar JPG. Untuk mengunduh CamScanner, kamu perlu ruang penyimpanan sebesar 52 MB. Dapatkan CamScanner di sini.

 

4. Scanbot.

Simpel dan praktis, 5 aplikasi scanner ini bisa mempermudah hidupmu

Buat kamu yang ingin scanner dengan fitur lebih simpel, kamu bisa mengunduh Scanbot. Walaupun memiliki rating tidak terlalu tinggi, yaitu 4,2 bintang, Scanbot masih bisa kamu andalkan. Scanbot masuk dalam salah satu rekomendasi Pilihan Editor. Jadi, tidak perlu ragu bukan. 

Kamu bisa men-scan berkas apapun tanpa batas. Tinggal cekrek-cekrek, tanpa perlu memilih fitur apa yang cocok untuk kartu nama, buku, QR code, berkas-berkas penting atau yang lainnya. Keunggulan laindari aplikasi ini adalah kamu bisa memilih berbagai macam penyimpanan cloud.// Ada sekitar 20 pilihan penyimpanan online, di antaranya Google Drive, Dropbox, OneDrive, OneNote dll. 

Dengan Scanbot kamu bisa menyimpan file mu dengan format Pdf. Untuk menginstal Scanbot perlu memori penyimpanan sebesar 37 MB. Dapatkan Scanbot di sini.

 

5. Notebloc.

Simpel dan praktis, 5 aplikasi scanner ini bisa mempermudah hidupmu

Aplikasi scanner terakhir ada Notebloc. Aplikasi ini sangat simpel baik dari ukuran yang ringan, tampilan desain dan cara penggunaan. Tak heran kalau Notebloc mendapatkan rating 4,8 bintang di PlayStore. 

Sangking simpelnya, Notebloc tidak memiliki fitur kameranya sendiri. Aplikasi ini memanfaatkan aplikasi kamera default dari ponselmu. Setelah menjepret berkas yang kamu inginkan, kamu bisa langsung memotongnya untuk menghilangkan tepian yang tidak perlu. 

Saat menyimpan berkas pun tidak perlu khawatir, kamu bisa menyimpan berkas mu dengan format Pdf ataupun JPG. Sangking ringannya memori yang dibutuhkan untuk menginstal aplikasi ini hanya 11 MB saja. Aplikasi ini bisa dikatakan "kecil-kecil cabe rawit", walaupun berukuran minim tapi fungsinya maksimal. Kamu bisa mendapatkan Notabloc di sini.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red