×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Siapa aktor pemeran Sherlock Holmes paling keren?

0

Film

Siapa aktor pemeran Sherlock Holmes paling keren?

Ada begitu banyak aktor yang pernah memerankan karakter detektif cerdas dari 221B Baker Street, London ini. Tapi, siapa yang terbaik?

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Harry Rezqiano

27 / 09 / 2020 12:05

Walau mungkin tidak nge-fans novel atau lore-nya tapi penggemar hiburan kemungkinan besar tahu nama "Sherlock Holmes" dari tontonan film ataupun drama televisi. Sherlock Holmes adalah brand legendaris. Ini adalah nama karakter fiksi ciptaan Sir Arthur Conan Doyle yang berprofesi sebagai detektif swasta sejak tahun 1887 lewat novel A Study in Scarlet. Pada novel inilah karakter Sherlock Holmes diperkenalkan bersama rekannya, Dr. John H. Watson.

Siapa aktor pemeran Sherlock Holmes paling keren?

Foto: The Hundred Books.Com

Walau awalnya tidak terlalu menarik perhatian publik, lama kelamaan karakter cerdas ini berhasil meraih atensi dan populer hingga lebih dari 100 tahun kemudian. Seberapa populer Sherlock Holmes?

Hingga era 1990-an, setidaknya sudah ada 25.000 produk menggunakan karakter ini dalam format drama panggung, drama radio, novel, show televisi, dan medium hiburan lain. Ini berlangsung lebih dari seabad lamanya. Pasti sangat sedikit produk/karakter fiksi yang bisa bertahan popularitasnya selama rentang waktu tersebut. Hal ini menjadikan Sherlock Holmes sebuah fenomena di jagat hiburan.

Loading...

Siapa aktor pemeran Sherlock Holmes paling keren?

Ilustrasi Sherlock Holmes & Dr. Watson karya Sidney Paget. Foto: Toronto Public Library

Dalam tayangan film atau televisi, karakter Sherlock Holmes sudah diperankan begitu banyak aktor. Dihitung-hitung sudah 130 tahun lebih karakter ini diciptakan Sir Doyle. Tentu novel dan cerita Sherlock Holmes pasca wafatnya beliau diciptakan banyak pengarang lain atas izin keluarga pewaris Sir Arthur Conan Doyle. Ini praktik biasa di dunia literasi, terutama di Barat.

Seperti novel aksi spionase Tom Clancy yang diteruskan berbagai penulis lain pasca kematiannya, novel dan cerita Sherlock Holmes juga mengalami situasi serupa sejak terakhir Sir Doyle menulis kisah Sherlock Holmes pada tahun 1927. Di tangan pencipta aslinya, Sherlock Holmes terbit dalam format empat novel dan 56 cerita pendek. Sementara di tangan para penerus Sir Arthur Conan Doyle? Ya jangan ditanya karena jumlahnya jelas ribuan.

Di era modern sekarang, setidaknya ada tiga nama aktor populer pernah memerankan karakter detektif karismatik ini. Yaitu Robert Downey Jr, Benedict Cumberbatch, dan Henry Cavill.

Aktor Amerika Robert Downey Jr. mungkin lebih dikenal belakangan sebagai Tony Stark alias Iron Man di saga Marvel Cinematic Universe milik Disney. Tapi dia juga pernah memerankan karakter detektif Inggris Sherlock Holmes dalam karier aktingnya di film yang disutradarai Guy Ritchie tahun 2009. Film ini mencitrakan Holmes ke arah jagoan aksi selain pandai mengambil deduksi layaknya detektif.

Siapa aktor pemeran Sherlock Holmes paling keren?

Foto: Dankanakor

Karena laris, sekuel pun dibuat. Masih diperankan Robert dan Jude Law sebagai rekannya, Dr. Watson. Film ketiga direncanakan rilis 2021 tapi mengingat badai Covid-19 yang masih belum berlalu, hal ini dapat berubah.

Aktor lainnya adalah Benedict Cumberbatch. Sama seperti Robert Downey Jr. kita mungkin akan lebih familiar dengan Benedict lewat aktingnya di MCU sebagai Dr. Strange. Benedict memerankan karakter detektif dari 221B Baker Street, London ini lewat film televisi populer stasiun TV Inggris BBC, Sherlock, sejak tahun 2010. Sebagai orang Inggris sepertinya Benedict tidak mengalami kesulitan memerankan karakter yang jadi kesayangan tidak saja warga Inggris sendiri namun juga dunia. Beberapa bahkan mengatakan kalau penggambaran Benedict untuk Sherlock Holmes termasuk terbaik dari yang pernah ada. Kamu bisa lihat channel YouTube Official Sherlock di sini.

Siapa aktor pemeran Sherlock Holmes paling keren?

Foto: The Telegraph

Sementara aktor Inggris lain yang memerankan Sherlock Holmes adalah Henry Cavill. Rasanya tidak perlu diperkenalkan lagi siapa Henry Cavill. Tapi untuk yang belum tahu, aktor ini sebelumnya memerankan dua karakter ikonik: Geralt of Rivia (The Witcher) dan Clark Kent/Superman/Kal-El (Superman). Cavill juga berakting keren di film Mission Impossible: Fallout sebagai karakter antagonis karismatik.

Akting Henry Cavill sebagai Sherlock Holmes, sayangnya, akan terasa kurang maksimal karena secara teknis di film Enola Holmes (2020) pemeran utamanya adalah Millie Bobby Brown yang memerankan karakter Enola Holmes, adik perempuan Sherlock Holmes. Walau begitu saya pikir Cavill tetap menunjukkan kualitas akting bagus (seperti biasanya) sebagai Sherlock Holmes. Tapi mungkin ke depannya perlu dibuat film atau serial TV Sherlock Holmes dengan Henry Cavill sebagai pemeran utama agar akting pria berbadan besar ini sebagai Sherlock Holmes bisa maksimal. Film Enola Holmes sendiri tayang di saluran streaming Netflix.

Siapa aktor pemeran Sherlock Holmes paling keren?

Foto: The Indian Express

Apakah ketiganya merupakan aktor-aktor Sherlock Holmes terbaik yang pernah ada? Tentu tidak karena hal itu bisa diperdebatkan. Situs British Periods Dramas menggelar polling "siapa pemeran Sherlock Holmes terbaik" dan pemenangnya bukanlah salah satu dari tiga nama di atas. Ini membuktikan kalau para pemeran Sherlock Holmes perlu bekerja keras untuk meraih cinta fans Sherlock Holmes jika ingin dikenang sebagai aktor Sherlock Holmes yang keren.

Jika melihat polling tadi, apakah kamu setuju dengan pilihan mereka?






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red