Bagi masyarakat Jepang yang tak memiliki teman, kini hadir layanan sewa teman secara online yang bisa menyewa teman untuk berbagi acara. Bahkan layanan unik ini beberapa bulan lalu resmi diperkenalkan di televisi Jepang, di mana masyarakat bisa memesan teman via media sosial.

Sewa teman, jasa paling unik yang sedang menjadi tren di Jepang

Dikutip dari kotaku.com, salah satu perusahaan yang mengelola bisnis jasa ini mengatakan bahwa mendapat sekitar 20 hingga 30 permintaan dalam sebulan. Salah satu tujuan utamapara pengguna jasa ini adalah untuk dipamerkan di media sosial, seperti untuk foto selfi bersam atau sekedar dipamerkan kepada teman-temannya.

Sewa teman, jasa paling unik yang sedang menjadi tren di Jepang

Perusahaan bernama Family Romanceini juga menyewakan tamu pernikahan, peserta seminar, dan bahkan orang tua palsu untuk mereka yang membutuhkan seseorang untuk bertemu kekasih mereka. Bahkan banyak juga yang menggunakan layanan jasa sewa teman ini hanya untuk menghadiri pesta pernikahan agar tak terlihat jomblo.

Menurut Maki Abe, selaku pengelola layanan tersebut, mengatakan bahwa tahun lalu perusahaannya menerima sekitar dua puluh permintaan teman palsu untuk sekedar berfoto selfi bersama dan mengunggahnya ke media sosial.

Sewa teman, jasa paling unik yang sedang menjadi tren di Jepang

Untuk menggunakan layanan jasa ini, para klien dikenakan biaya 8.000 atau skitar Rp. 1 juta untuk menyewa satu teman selama dua jam. Hal itu diluar bonus dan kebutuhan teman yang disewa yang nilainya disepakati antara klien dan teman palsu yang disewa.