×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Selain Raja Ampat, 4 tempat wisata di Papua ini patut kamu kunjungi

0

Jalan-Jalan

Selain Raja Ampat, 4 tempat wisata di Papua ini patut kamu kunjungi

Ada beberapa rekomendasi tempat wisata di Papua yang dapat kamu coba kunjungi.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Alvon Danuriki

23 / 03 / 2021 14:05

Apa yang terlintas di benakmu begitu mendengar pariwisata Papua? Biasanya langsung kepikiran Raja Ampat, kan?

Tidak salah karena Raja Ampat memang ikon pariwisata Papua yang terkenal. Eits, tapi Raja Ampat bukan satu-satunya tempat wisata yang ada di Papua, lho. Faktanya, Papua punya banyak tempat menarik untuk kamu kunjungi.

Saat ini kita memang masih menghadapi pandemi sehingga kegiatan bepergian, termasuk kegiatan wisata lebih terbatas dibandingkan sebelumnya. Tapi setelah pandemi usai, enggak ada salahnya buat mengeksplor Papua.

Nah, biar enggak bingung mau ke mana saja selama di Papua, berikut adalah beberapa tempat wisata yang patut kamu kunjungi selain Raja Ampat.

1. Taman Wisata Alam Gunung Meja Manokwari.

Loading...

Taman Wisata Alam Gunung Meja (sumber: indonesiakaya.com)

Rekomendasi tempat wisata pertama yang patut kamu kunjungi adalah Taman Wisata Alam Gunung Meja Manokwari. Sesuai namanya, destinasi ini terletak di Manokwari Timur, Kabupaten Manokwari, Papua Barat. Tempat ini memiliki area seluas 460,25 hektar.

Selain pesona alamnya yang indah karena memiliki keanekaragaman hayati yang begitu kaya, tempat ini wajib ada dalam bucket list karena mengandung sisi historis.

Tahukah kamu, Hutan Gunung Meja telah ditetapkan sebagai kawasan konservasi sebelum Papua resmi bergabung dengan Indonesia, lho. Gagasan itu berawal pada bulan Agustus 1953 ketika Tim Kehutanan Pemerintah Hindia Belanda yang terdiri dari Ir. J.F.V.Zieck (Kepala Seksi Inventarisasi Hutan), Ir. J. Fokkinga (Ketua Komisi Pertanian), dan H. Schrijn (Kepala Pemangkuhan Hutan) berkunjung ke Gunung Meja. Nah, dari situlah cikal bakal Hutan Gunung Meja menjadi kawasan konservasi.

Makin menarik karena di sana terdapat Tugu Jepang yang menjadi penanda tentang pendaratan dan pendudukan tentara Jepang di Manokwari. Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi makam peninggalan Perang Dunia II dan goa-goa alam yang cantik selama berada di sana.

2. Danau Sentani.

Danau Sentani (Sumber: Raiyani Muharramah via Shutterstock)

Kalau Sumatra Utara punya Danau Toba, Papua punya Danau Sentani. Danau ini merupakan danau terluas di Papua. Nama Sentani sendiri pertama kali disebut oleh seorang Pendeta Kristen BL Bin ketika melaksanakan misionaris di sana pada tahun 1898.

Danau Sentani terletak di bawah lereng Pegunungan Cagar Alam Cyclops seluas 245.000 hektar. Danau ini terbentang di antara Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, Papua. Luasnya mencapai sekitar 9.360 hektar dengan ketinggian 75 mdpl.

Daya tarik Sentani terletak pada keanekaragaman biota airnya. Di sini terdapat 30 spesies ikan air tawar dengan 4 di antaranya merupakan biota endemik, yaitu ikan gabus Danau Sentani (Oxyeleotris heterodon), ikan pelangi Sentani (Chilatherina sentaniensis), ikan pelangi merah (Glossolepis incisus), dan hiu gergaji (Pristis microdon). Wah, unik kan?

Sebenarnya Danau Sentani bisa kamu kunjungin kapan saja. Tapi waktu terbaik untuk berkunjung ke sana adalah pada bulan Juni karena pada saat itu diadakan festival tahunan bernama FDS alias Festival Danau Sentani. Festival tersebut meriah karena diisi dengan tarian-tarian adat di atas perahu, tarian perang khas Papua, upacara adat seperti penobatan Ondoafi, dan bahkan sajian berbagai kuliner khas Papua.

3. Pulau Biak.

Pulau Biak (sumber: instagram.com/ayokebiak)

Rekomendasi destinasi berikutnya yang patut kamu jelajahi selama traveling ke Papua adalah Pulau Biak. Pulau ini terletak di teluk Cenderawasih, Papua dan berada di sebelah barat laut Papua Nugini. Dulu, Pulau Biak termasuk wilayah kekuasaan Kesultanan Tidore yang membaginya menjadi 9 distrik (uli siwa).

Bagi kamu yang suka dengan pantai, Pulau Biak ini "surganya". Di sana terdapat beberapa pantai yang eksotis, mulai dari Pantai Segara Indah Biak (Pantai Bosnik), Pantai Tamasya, Pantai Imendi serta Pantai Anggaduber yang menawarkan pesona yang berbeda-beda.

Bagi penyuka sejarah, kamu juga bisa mengunjungi Museum Cenderawasih. Di sana terdapat berbagai koleksi pada zaman Perang Dunia II.

Berkunjung ke Biak enggak lengkap kalau tidak mencicipi kulinernya. So, kalau mampir ke sana pastikan kamu mencoba makanan khas Biak seperti Singkong Marapen, papeda, dengan ikan kuah kuning.

4. Situs Purbakala Tapurarang.

Situs Purbakala Tapurarang (sumber: kompas.com)

Di balik keindahan alamnya, Papua juga kental dengan peninggalan budaya. Salah satunya adalah Situs Purbakala Tapurarang. Situs ini terletak di tepi laut kabupaten Fakfak, tepatnya di Kokas, Kabupaten Fakfak, Papua Barat.

Bagi yang ingin menjelajah Papua di masa lampau, tempat ini wajib masuk dalam bucket list. Konon, situs ini telah ada dari zaman prasejarah ratusan tahun silam.

Di sana kamu bisa melihat berbagai kejadian masa lampau yang tergambar melalui beberapa cap tapak tangan dan kaki warna merah di dinding goa. Terdapat pula beragam objek lukisan yang menggambarkan telapak tangan, mata, telapak kaki, lumba lumba, cicak, tumbuhan, daun, wajah manusia bahkan hingga bumerang.

Untuk bisa sampai ke sana, kamu harus menempuh perjalanan darat dari Kota Fakfak menuju Dermaga Ubadari kemudian melanjutkan perjalanan dengan naik perahu atau longboat. Dengan durasi waktu sekitar 2 jam, kamu pun sudah bisa melakukan penjelajahan di sana.

Jangan lupa siapkan kamera terbaikmu karena Situs Purbakala Tapurarang dikelilingi hutan bakau yang cantik. Berbagai jenis burung seperti cenderawasih dan bangau yang tinggal di sana pun siap menjadi objek fotografimu.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red