Penelitian dari University of Guelph, Kanada menyebutkan bahwa selain dapat menumbuhkan kembali ekor yang terputus, ternyata Tokek juga bisa meregenerasi bagian otaknya.Berdasar dari regenerasi ekor Tokek, para peneliti berpikir mungkin ada sesuatu yang menarik terjadi di otak tokek. Peneliti menyuntikkan label kimia ke Tokek Leopard sehinggamereka bisa mendeteksi DNA jika ada sel baru yang terbentuk.

Hasilnya, peneliti dapat mengidentifikasi jenis sel punca yang berubah menjadi sel-sel otak di korteks medial yaitu bagian dari otak yang berfungsi seperti hippocampus pada manusia. Dengan demikian, para peneliti mengetahui bahwa sel punca terlibat dalam pembentukan neuron baru di otak Tokek Leopard.

Rebecca McDonald, peneliti dalam studi ini menyebutkan jika Tokek atau reptil ini memiliki keterkaitan lebih besar dengan manusia dibandingkan Amfibi atau Ikan. Artinya, adanya regenerasi bagian otak Tokek dapat mengubah cara kita mempelajari otak manusia.Rebecca mengatakan bahwa langkah selanjutnya adalah menentukan kenapa beberapa spesies seperti Tokek dapat meregenerasi sel-sel otaknya, sedangkan manusia tidak bisa.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Scientific Reports ini membuka peluang adanya kemungkinan penelitian yang nantinya bisa diterapkan untuk pengobatan cedera otak manusia dan degenerasi.