×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Resep dan trik membuat pisang molen crispy yang krenyes-krenyes

0

N/A

Resep dan trik membuat pisang molen crispy yang krenyes-krenyes

Untuk mendapatkan tekstur yang krenyes-krenyes, kamu perlu memerhatikan 5 tips dan takaran resep yang pas berikut ini.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Siti Royani Royani

23 / 09 / 2019 17:20

Pisang molen yang kita kenal ada dua macam tekstur. Pertama, yang empuk mirip roti goreng. Dan kedua yang crispy di mana empuk di dalam dan garing di luar sehingga meninggalkan tekstur krenyes-krenyes. Tekstur yang kedua ini renyah tapi tetap lembut dan manis karena adanya varian isi pisang di dalamnya.

Sebenarnya pisang molen sendiri sudah mengalami modifikasi. Tak hanya pisang saja yang digunakan sebagai isinya. Tapi ada pula kacang hijau tanpa kulit yang dibuat unti terlebih dahulu, keju, ubi ungu, dan masih banyak lagi. Tentu saja semua tergantung selera masing-masing individu.

Uniknya lagi, jajanan satu ini juga dapat dijadikan ide camilan untuk bisnis. Namun untuk mendapatkan tekstur di atas tadi, ternyata ada beberapa trik yang sebaiknya kamu lakukan loh. Berikut ini cara-caranya.

1. Pemilihan tepung yang benar.

Sebaiknya gunakan tepung jenis protein sedang. Ayak terlebih dahulu sebelum dipakai dan jemur sebentar di bawah terik matahari. Supaya menghasilkan tekstur kriuk. Pilih tepung yang masih baru distok toko ya, jangan yang sudah lama dan mengendap berbulan-bulan sebab belum laku.

Loading...

2. Penggunaan pisang.

Pisang yang dipakai adalah pisang matang, tapi yang masih mengkal tidak yang sudah lunak. Pisang yang bagus jenisnya yaitu pisang raja, pisang tanduk atau pisang pipit. Kukuslah bersama kulitnya selama kurang lebih 15 menit, lalu angkat. Dinginkan dan kupas, potong serong. Besar kecilnya sesuai selera saja. 

3. Pemakaian santan dan mentega.

Dan ini yang membuat pisang molen crispy berasa gurih dan lezat, yakni penambahan santan dan mentega atau margarin. Rebuslah dulu santan, setelah dingin masukkan ke dalam kulkas sebentar buat mengadon tepung terigunya nanti. Boleh juga menggunakan santan instan yang diencerkan terlebih dahulu baru kemudian dimasukkan ke dalam kulkas agar dingin. Dan harap diingat, khusus pisang molen crispy ini tidak memakai telur, ya. Bila tak suka santan, boleh diganti air matang dingin.

4. Gula dan bahan pengembang.

Dua bahan tersebut tetap ditambahkan. Hanya jumlahnya harus sesuai ukuran tepung yang diaduk. Tidak boleh melebihi takaran. Adapun bahan pengembang kue yang dipakai adalah jenis fermipan saja. Mengenai baking powder, sesuai selera saja. Tapi sebaiknya tidak perlu ditambahkan lagi. Sebab kue pisang tersebut sudah empuk karena adanya margarin atau mentega dan santan tadi.

5. Minyak goreng yang diperlukan.

Untuk menggoreng, paling bagus jika menggunakan minyak goreng berkualitas bagus dan penuh di wajan. Perbandingannya dengan bahan adonan antara 1:2. Misalnya adonan 1 kg, maka minyak yang digunakan 2 liter. Boleh juga lebih asal tidak disamakan dengan takaran adonan ukurannya. Gunakan api sedang, jangan besar supaya pisang molen nanti matang merata saat digoreng.

Dan berikut takaran resep pisang molen crispy yang benar:

- 10 buah pisang pipit atau bisa kurang dan lebih, tergantung jenis pisang dipakai

- 500 gram tepung terigu protein sedang

- 125 gram mentega/margarin

- 125 ml santan atau sesuai kebutuhan, masukkan ke dalam kulkas sampai dingin

- 1 sdm gula pasir

- 1 sdt fermipan rendam dengan 2 sdm air

- 1 bungkus vanili

- Garam secukupnya

- 1 liter minyak goreng

Cara membuat:

1. Kukus pisang selama kurang lebih 15 menit, dinginkan dan potong serong menjadi 30-35 bagian sesuai selera

2. Letakkan tepung terigu dalam wadah, beri margarin lalu remas-remas lembut sampai merata

3. Selanjutnya tuang fermipan dan santan berikut bahan lain uleni sampai kalis tidak menempel di tangan seperti ketika membuat donat. Kemudian diamkan selama 20 menit

4. Siapkan gilingan tepung atau talenan juga bisa. Siapkan juga botol bersih untuk menggilas adonan. Bagi tepung tadi menjadi 30-35 bagian atau sesuai selera.

5. Ambil satu bagian tepung, masukkan ke penggiling nomor 5 selanjutnya ke nomor 2. Jangan lupa taburi sedikit tepung kanji/tapioka agar tepung tidak lengket.

6. Lilitkan perlahan ke pisang secara melingkar dari bawah ke atas. Kerjakan sampai habis adonan. Diamkan lagi selama 30 menit.

7. Terakhir goreng di dalam minyak panas dan penuh dengan api sedang. Sesekali balik dan tunggu hingga kuning keemasan dan sedikit merekah, angkat.

8. Sajikan panas dengan segelas teh atau kopi panas.

Selamat mencoba!

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red