Rahasia anak berprestasi ada pada orangtua, begini penjelasannya

Anak adalah harta yang paling berharga dan tidak dapat tergantikan oleh apapun. Sudahkah anda sebagai Orang tua mengenali buah hati? Peran orang tua dalam mengenali perkembangan anak secara langsung berperan sangat penting. Setiap buah hati memiliki ciri khas yang berbeda dari segi Bakat, kecerdasan, kekurangan.

Setiap anak tentunya memiliki bakat tersendiri di dalam dirinya. Bakat merupakan kemampuan yang dimiliki anak yang berasal dari dalam dirinya sendiri dan bisa diturunkan dari orang tua ataupun memang bakat alami yang dimiliki anak. Tentunya sebagai orang tua penting untuk mengetahui bakat anak sejak dini agar orang tua bisa mengarahkan sebaik mungkin bakat-bakat tersebut sehingga lebih maksimal seiring dengan perkembangan dan pertumbuhan anak.

Mulailah mengenali bakat yang di miliki anak seperti hobi dan ketertarikan pada sesuatu. Anak akan lebih mudah mempelajari suatu hal jika dia menyukainya. Adapun cara mengenali bakat anak dengan membangun kreativitas bermain bersama anak misalnya: belajar sambil bermain, bercerita bersama, dan membaca buku secara bersamaan.

Sebagai orang tua perlu memahami kesalahan dalam mendidik anak. Di saat anak sedang melakukan hal-hal yang baru, orang tua sering kali berkata Jangan kepada anaknya. Sesungguhnya hal ini dapat berakibat negatif kepada sang anak. Cobalah ganti kata yang bermakna positif untuk menggantikan kata jangan misalnya Jangan buang sampah sembarangan! diganti menjadi Sampahnya masukan ke tempatnya, ya dan lain sebagainya.

Kesalahan lain yang orang tua sering lakukan adalah memaksakan anaknya untuk menjadi seperti yang orang tua ingingkan. Jangan pernah memaksa anak sesuai keinginan orang tua karena potensi anak tidak akan berkembang secara maksimal dan hal itu akan membuat buah hati menjadi emosional, suka bermalas-malasan, tidak punya inisiatif, tidak mandiri dan pastinya akan menghambat anak untuk berprestasi.

Sudahkah anda mengenal 5 nama dibawah ini ?

1. Aditya Bagus Arfan, pecatur cilik peraih gelar Asian Master.

2. Ayahrozad Nalfa Nadia dan Avicenna Roghid Putra Sidik, kakak adik yang meraih juara Robotik Internasional.

3. Joy Alexander, sang Pianis Cilik

4. Hibah syahrur, dengan sepatu anti pelecehan seksual

5. Yuma Soerinato, progammer muda.

Mereka adalah anak Indonesia berprestasi di Tingkat dunia. Mereka telah membuat nama Indonesia harum dengan bakat yang dimilikinya. Bagaimana mereka bisa berprestasi? Mereka berprestasi karena mereka percaya kepada bakat yang dimilikinya, dengan mengasah dan mendalami bakat yang di miliki serta dukungan dari orang tua. Membuat anak berprestasi di berbagai bidang bukanlah hal yang sulit. Berikan anak kebebasan untuk memilih apa yang mereka ingin lakukan. Tanyakan apa bakat yang ingin didalaminya. Tumbuhkan rasa percaya diri kepada anak bahwa mereka bisa menggapai apa yang mereka inginkan. Peran orang tua dalam mengenali kepribadian anak sangat penting dalam pencapaian prestasi anak. Orang tua dituntut untuk menjadi pendengar yang baik untuk dirinya. Berikanlah dukungan dan bekalilah dirinya denganpengetahuan dan informasi untuk mengembangkan bakat yang ada di dalam diri anak.