×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Punya kebiasaan gigit kuku? Coba hilangkan pakai cara ampuh ini ya!

0

Kesehatan

Punya kebiasaan gigit kuku? Coba hilangkan pakai cara ampuh ini ya!

Cara-cara Menghilangkan Kebiasaan Gigit Kuku

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Ammalee Maida

14 / 08 / 2018 15:40

Kebiasan menggigit kuku tidak hanya merusak penampilan jari yang membuat kuku menjadi rusak dalam jangka panjang, mengubah bentuk kuku atau membuat area di sekitarnya terluka dan meninggalkan bekas.. Namun juga membawa dampak kesehatan yaitu peningkatan risiko menyebarnya mikroorganisme berbahaya baik ke mulut maupun ke kuku.

Asisten klinik profesor Dermatologi di Mounth Sinai Medical Center New York, Dr. Dana Stern menjelaskan, bakteri pada gigi berlubang misalnya, bisa pindah ke kuku dan jari atau sebaliknya.

Namun, bagi mereka yang sudah terlanjur menjalani kebiasaan tersebut dalam waktu lama, tentu akan sulit untuk berhenti. Meski begitu, sulit bukan berarti tidak mungkin. Dengan motivasi yang tinggi, kebiasaan buruk bisa dihentikan.

Cara-cara yang bisa mengubah kebiasaan gigit kuku, yaitu:

1. Mengecat kuku

Loading...

Image result for cat kuku

Cat kuku memang rasanya pahit dan tidak enak. Stern menjelaskan bahwa cat kuku mengandung komponen yang berasa tidak enak, yakni denatonium benzoat dan sukrosa oktaasetat. Dengan metode mengecat kuku untuk mencegah kebiasaan menggigit kuku membutuhkan konsistensi, tidak hanya sesekali menggunakannya.

2. Lakukanlah gel manicure

Ilustrasi Gel Manicure

Gel manicure mirip seperti pengaplikasian cat kuku yang bertahan lebih lama. Stern mengatakan, bagi pasien yang tidak memiliki luka infeksi aktif dan yang menyukai penampilan kuku, maka melakukan gel manicure bisa menjadi opsi. Gel yang lebih sulit dihapus dan tahan lama. Biaya yang dikeluarkan pun tidaklah murah.

 

3. Habit reversal

Ilustrasi Menggunakan Fidget Spinner

Habit reversal merupakan sebuah perawatan yang ditujukan untuk membantu orang-orang dalam menghilangkan kebiasaan buruknya, salah satunya menggigit kuku. Stern mencatat bahwa habit reversal didukung beberapa bukti ilmiah, misalnya studi pada 2011 menyebutkan bahwa habit reversal efektif untuk mengintervensi kebiasaan gigit kuku dan kebiasaan lainnya. Seperti menggunakan stress ball, fidget cube atau fidget spinner dan rubber band.

4. Lakukan terapi

Konsultasi

Biasanya menggigit kuku dilakukan karena bosan atau ada rasa kesenangan. Akan tetapi, jika rasa gelisah atau komponen psikologis lainnya maka orang tersebut perlu menemui psikiater atau terapis untuk mengidentifikasi faktor stres yang dirasakan

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    100%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red