×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Potret 10 orang terkaya di Asia Tenggara versi CEOWorld

0

News

Potret 10 orang terkaya di Asia Tenggara versi CEOWorld

Foto: Gerd Altmann dari Pixabay

Petinggi Djarum dan dua orang lain asal Indonesia juga masuk lho.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Erin

19 / 11 / 2019 13:15

Per tanggal 6 November 2019, CEOWorld terus memperbarui daftar orang terkaya di dunia. Berdasarkan statistik perkiraan kekayaan bersih 500 orang terkaya di dunia, Jeff Bezos, CEO Amazon asal Amerika Serikat berhasil dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia dengan perkiraan kekayaan sebesar $112 miliar.

Kini mari kita lihat potret 10 orang terkaya yang telah dirangkum ke dalam kawasan Asia Tenggara. Siapa saja mereka?

1. Charoen Sirivadhanabhakdi - Thailand.

Orang terkaya di Asia Tenggara

Posisi pertama berhasil ditempati oleh Charoen Sirivadhanabhakdi. Konglomerat asal Thailand ini memiliki bisnis TCC Land Co Ltd. dengan mengembangkan properti berupa perumahan, perhotelan, dan ritel. Selain properti, TCC Land juga terlibat dalam bidang logistik dan agrobisnis. Bisnis lain yang dimiliki Chaoren yakni minuman berakohol dengan merek "ThaiBev". Total kekayaan bersih yang dimiliki Charoen sebesar $20,5 miliar.

Loading...

2. Robert Kuok - Malaysia.

Orang Terkaya Asia Tenggara

Posisi selanjutnya berhasil ditempati oleh Robert Kuok. Pemilik nama asli Kuok Hock Nien ini memiliki bisnis dengan nama "Kuok Group" yang berkecimpung dalam bidang minyak, kelapa sawit, angkutan, properti dan media yang tersebar di berbagai negara seperti Singapura, Indonesia, Cina, Fiji, dan Australia. Total kekayaan bersih yang dimiliki Kuok sebesar $16,9 miliar.

3. Robert Budi Hartono - Indonesia.

orang terkaya di asia tenggara

Pemilik nama asli Oei Hwie Tjhong ini merupakan anggota keluarga Hartono, yakni konglomerat pendiri perusahaan rokok kretek terbesar di Indonesia, PT Djarum. Kekayaan Budi Hartono juga berasal dari unit bisnis Djarum Group yang dirintis bersama almarhum ayahanda serta sang kakak, Bambang Hartono. Pendiri PB Djarum ini memiliki total kekayaan bersih sebesar $15,9 miliar.

4. Michael Bambang Hartono - Indonesia.

orang terkaya di asia tenggara

Selanjutnya diduduki oleh Michael Bambang Hartono, kakak dari Budi Hartono. Sumber kekayaan Bambang Hartono berasal dari unit bisnis Djarum Group yang berkecimpung pada sektor bank (51% saham Bank BCA), elektronik (Polytron), rumah studio produksi (Limelight Pictures), perkebunan (Hartono Plantation), perdagangan elektronik (Blibli.com), agen perjalanan daring (Tiket.com) dan masih banyak lagi. Sehingga tidak heran, melalui unit bisnis Djarum Group yang ditekuni Michael bersama sang adik, Bambang Hartono, hal tersebut berhasil menjadikan Michael orang terkaya ke-4 dengan total kekayaan bersih sebesar $15,0 miliar.

5. Goh Cheng Liang - Singapura.

orang terkaya di asia tenggara

Goh Cheng Liang merupakan pebisnis asal Singapura. Ia memiliki kekayaan yang bersumber dari 39% saham di Nippon Paint Holdings Jepang dengan menjadi distributor lokal atas Nippon Paint di Singapura. Sehingga pada tahun 1965, Nippon Paint berhasil mendirikan pabrik cat pertamanya di Singapura berkat kerja sama antar Goh Cheng Liang, Nipsea Management Group. Total kekayaan bersih yang dimiliki oleh Goh Cheng Liang sebesar $12,0 miliar.

6. Pham Nhat Vuong - Vietnam.

orang terkaya di asia tenggara

Pham Nhat Vuong memulai bisnis mie instan yang cukup populer di Ukraina pada 1990-an. Selain bisnis mie instan, sumber kekayaan Voung berasal sejak ia menjabat sebagai ketua Vingroup yang mana merupakan salah satu konglomerat terbesar Vietnam serta berkecimpung pada bidang real estate, ritel, dan perawatan kesehatan. Voung juga mengubah beberapa investasi menjadi usaha nirlaba di beberapa bidang seperti kesehatan, pendidikan, dan olahraga. Total kekayaan bersih yang dimiliki Voung sebesar $9,56 miliar.

7. Li Xiting- Singapura.

orang terkaya di asia tenggara

Posisi ke-7 ditempati oleh Li Xiting. Sumber kekayaan Li berasal dari perusahaan yang dimilikinya dalam bidang kesehatan, Mindray. Li merupakan pendiri sekaligus CEO atas Mindray Medical International, supplier perangkat medis yang berpusat di Cina. Kekayaan bersih yang dimiliki oleh Li Xiting, yaitu $9,7 miliar.

8. Wee Cho Yaw - Singapura.

orang terkaya di asia tenggara

Masih berasal dari Singapura, Wee Cho Yaw merupakan seorang ketua Emeritus dari United Overseas Bank (UOB), yakni pemberi pinjaman terbesar ketiga di Singapura. Namun, pada 2013 Wee mengundurkan diri sebagai ketua serta pada tahun 2018 Wee pensiun sebagai direktur. Bersama keluarga, Wee memiliki bisnis antara lain 45 apartemen di Nassim dan sebuah kondominium mewah. Total kekayaan bersih yang dimiliki oleh Wee Cho Yaw sebesar $9,18 miliar.

9. Zhang Yong - Singapura.

orang terkaya di asia tenggara

Zhang Yong merupakan seorang pemilik restoran terkaya Tiongkok, yakni restoran hot pot Sichuan Haidilao. Penjualan Haidilao berasal dari 466 restoran yang berlokasi di Cina, Amerika Serikat, Jepang, Korea Selatan, dan Singapura. Total kekayaan bersih yang dimiliki Yong, yakni sebesar $8,72 miliar.

10. Tan Siok Tjien - Indonesia.

orang terkaya di asia tenggara

Posisi terakhir diduduki oleh Tan Siok Tjien yang berasal dari Indonesia. Tan merupakan istri dari Surya Wonowidjojo, pendiri perusahaan rokok kretek pertama dan terbesar di Indonesia, PT Gudang Garam Tbk. Total kekayaan bersih yang dimiliki oleh Tan Siok Tjien sebesar $7,78 miliar.

Nah, itu dia potret 10 orang terkaya di Asia Tenggara. Ternyata 3 di antaranya berasal dari Indonesia, ya. Kisah mereka untuk mencapai kesuksesan tidaklah mudah ternyata. Diperlukan usaha yang maksimal dan kerja keras serta tidak semulus yang dibayangkan. Semoga bisa menjadi inspirasi bagi kamu untuk meraih mimpi, apa pun itu.

Terima kasih telah membaca artikel ini, salam hangat!

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red