Beberapa dari Anda sepertinya belum terlalu familiar dengan istilah Startup. Pertanyaannya adalah apa pengertian Startup? Startup adalah suatu usaha perusahaan yang belum lama dibangun dan masih dalam tahap pengenalan, penelitian dan pengembangan untuk menemukan target sasaran yang tepat.

Sebenarnya, istilah bisnis Startup bukan istilah baru di Indonesia. Dari dulu, tepatnya sebelum istilah ini booming, perusahaan Startup sering dianggap sepele. Namun kini hampir semua perusahaan Startup sudah berevolusi menjadi berbagai perusahaan multinasional dan tentu memberikan banyak kontribusi untuk suatu negara, khususnya Indonesia.

Berikut nama-nama perusahaan startup lokal Indonesia yang mampu menggemparkan Indonesia di dunia.

1. Tokopedia

 Siapa sangka, ini 7 perusahaan startup Indonesia yang gemparkan dunia

Berdiri sejak 17 Agustus 2009, Tokopedia selalu berkomitmen mengembangkan bakat dari jutaan sumber daya manusia.

Sebagai platform marketplace terbesar di Indonesia, Tokopedia memiliki ribuan merchant dan konsumen yang turut berpartisipasi dalam perekonomian Indonesia.

Visi Tokopedia adalah membangun sebuah ekosistem dimana siapapun bisa memulai dan menemukan apapun.

2. Go-Jek Indonesia

 Siapa sangka, ini 7 perusahaan startup Indonesia yang gemparkan dunia

Didirikan pada tahun 2010 sebagai layanan telepon naik sepeda motor, Go-Jek telah berevolusi menjadi platform seluler sesuai kebutuhan pelanggan. Tidak hanya menyediakan berbagai layanan antar jemput, Go-Jek juga kini menyediakan berbagai layanan lain seperti pengiriman makanan logistik, pembayaran seluler dan lain sebagainya.

Go-Jek adalah sebuah perusahaan teknologi dengan misi meningkatkan kesejahteraan dan mata pencaharian pekerja di berbagai sektor informal di Indonesia.

3. Traveloka

 Siapa sangka, ini 7 perusahaan startup Indonesia yang gemparkan dunia

Perusahaan milik Ferry Unardy, Derianto Kusuma dan Albert Zhang yang dibangun pada tahun 2012 adalah perusahaan yang terinspirasi dari pengalaman pribadi Ferry. Ide membuat aplikasi ini muncul saat dirinya mengalami kesulitan dalam melakukan pemesanan pesawat saat ia ingin pulang ke Padang, Indonesia dari Amerika Serikat.

Saat ini, traveloka telah menjangkau enam negara Asia Tenggara yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand dan Filipina.

4. Bridestory

 Siapa sangka, ini 7 perusahaan startup Indonesia yang gemparkan dunia

Bridestory adalah sebuah aplikasi yang memudahkan calon pengantin dalam merencanakan pernikahan dengan jutaan inspirasi di lebih dari 50 negara. Sejak didirikan di tahun 2014 silam oleh Kevin Mintaraga, Bridestory saat ini telah memiliki lebih dari 10 ribu vendor dengan angka kunjungan ke website sebesar 250 ribu pengunjung per bulan.

5. HappyFresh

 Siapa sangka, ini 7 perusahaan startup Indonesia yang gemparkan dunia

HappyFresh adalah sebuah aplikasi yang melayani delivery makanandengan cara mempekerjakan masyarakat untuk membeli bahan bahan makanan yang diperlukan konsumen lalu mengantarnya sampai tempat tujuan.

Cara bekerjanya sangat mudah, yaitu pelanggan tinggal memesannya melalui aplikasi setelah itu semua akan diurus oleh para pekerja. Saat ini, Happy Fresh tidak hanya di Indonesia, melainkan sudah ada di Kuala Lumpur, Bangkok dan rencananya akan berekspansi ke Taipei.

6. Me-Lody

 Siapa sangka, ini 7 perusahaan startup Indonesia yang gemparkan dunia

Startup musik baru di Indonesia ini memanfaatkan peluang dari banyaknya orang yang gemar membuat cover version dari berbagai lagu. Pengunggah lagu ini juga membantu dalam proses pencarian artis pendatang baru yang potensial tanpa memerlukan proses yang panjang sehingga banyak menghabiskan tanaga, waktu dan biaya.

7. Mendekor

 Siapa sangka, ini 7 perusahaan startup Indonesia yang gemparkan dunia

Mendekor adalah startup yang menyediakan berbagai furniture dan dekorasi ruangan buatan para pengrajin lokal. Beberapa fiturnya yaitu:

- Ide dekorasi berdasarkan jenis ruangan

- Gaya desain, mulai dari gaya scandinavian, industrial hingga vintage

Namun, Mendekor juga bekerja sama dengan beberapa marketplace lain seperti Tokopedia dan Bukalapak. Oleh karena itu, hingga saat ini tidak heran ada lebih dari dua belas ribu produk mendekor yang habis terjual di Tokopedia.

Jika Anda ingin mulai berbisnis, mulailah dari sekarang. Anda bisa mencontoh berbagai startup yang ada untuk memotivasi Anda. Usaha sekecil apapun pada akhirnya akan berkembang apabila memiliki sistem dan manajemen yang baik dan tepat.