×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Pertahankan 21 resolusi Tahun Baru ini agar hidupmu jadi lebih sehat

0

N/A

Pertahankan 21 resolusi Tahun Baru ini agar hidupmu jadi lebih sehat

Kamu wajib mempertahankan resolusi ini agar kualitas kesehatanmu meningkat.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Heni Welson

30 / 12 / 2019 13:40

Tahun Baru berarti awal baru bagi banyak orang. Bagi sebagian orang, Tahun Baru merupakan waktu yang tepat untuk memulai hidup yang lebih sehat seperti melakukan diet sehat, menurunkan berat badan, dan mulai aktif olahraga.

Namun sering kali resolusi kesehatan yang dibuat terlalu ketat dan tidak bekelanjutan sehingga  sebagian orang hanya menjalankannya dalam beberapa minggu. Inilah yang menyebabkan seseorang membuat resolusi yang sama dari tahun ke tahun.

Berikut ini adalah 21 resolusi Tahun Baru yang dapat kamu terapkan untuk meningkatkan kualitas kesehatanmu.

1. Konsumsi lebih banyak makanan utuh.

Contoh makanan utuh yang dimaksud di sini adalah buah utuh, sayur utuh tanpa diolah menjadi jus terlebih dahulu, dan daging ikan yang tidak diolah menjadi nugget dll. Makanan utuh memiliki lebih banyak kandungan gizi jika dibandingkan yang telah diolah. Selain itu makanan utuh juga baik untuk mengurangi risiko penyakit degeneratif.

Loading...

2. Kurangi duduk dan bergeraklah lebih banyak.

Banyak orang menghabiskan waktu di tempat duduk, entah itu karena tuntutan pekerjaan atau hanya sekadar bermalas-malasan. Terlalu banyak duduk dapat berdampak pada kesehatan. Jika kamu memiliki pekerjaan yang mengharuskan duduk lama, maka buatlah resolusi berjalan kaki 15 menit saat makan siang atau saat bangun pagi.

3. Kurangi konsumsi minuman manis.

Mengurangi konsumsi minuman manis merupakan ide yang baik mengingat minuman manis dapat meningkatkan risiko obesitas, perlemakan hati (steatosis), penyakit jantung, resistensi insulin, dan dapat menyebabkan gigi berlubang baik pada anak-anak maupun orang dewasa.

4. Tingkatkan kualitas tidurmu.

Kurang tidur terlihat sepele namun ternyata dapat menyebabkan dampak yang cukup serius bagi kesehatan. Itulah mengapa tidur merupakan bagian yang penting dari kesehatan.

Salah satu dampak kurang tidur adalah meningkatnya risiko penyakit jantung dan depresi. Konsisten dan fokus pada gaya hidup serta jadwal tidur merupakan cara terbaik untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas tidur. Selain itu, kurangi bermain gadget sebelum tidur dan kurangi kafein.

5. Lakukan aktivitas fisik yang kamu sukai.

Tahun Baru biasanya orang-orang lebih banyak bergabung ke pusat kebugaran untuk mengurangi lemak tubuh yang berlebihan. Kamu dapat meningkatkan kebugaran dengan cara melakukan aktivitas fisik yang kamu sukai misalnya berjalan kaki, jogging, atau bersepeda sebelum bekerja merupakan resolusi olahraga sederhana dan berkelanjutan. Jangan lupa untuk menentukan tujuan yang ingin dicapai dengan tenggat waktu tertentu.

6. Luangkan lebih banyak "me time".

Meluangkan lebih banyak waktu untuk diri sendiri bukanlah hal yang egois. Hal ini penting untuk kesehatan yang optimal, terutama bagi kamu yang bekerja sebagai ibu rumah tangga, pengasuh, dan petugas kesehatan.

7. Kurangi makan di luar.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang lebih banyak memasak makanan di rumah memiliki kualitas diet yang baik dan memiliki sedikit lemak tubuh daripada mereka yang gemar makan di luar.

8. Meluangkan lebih banyak waktu di luar.

Menghabiskan lebih banyak waktu di luar rumah dapat menghilangkan stres, meningkatkan suasana hati, bahkan menurunkan tekanan darah. Kamu dapat berjalan-jalan setelah makan siang, berkemah bersama teman, atau sekadar menikmati keindahan alam belakang rumah.

9. Kurangi waktu bermain gadget.

Saat ini semua orang bergantung pada gadget, baik untuk keperluan bekerja atau hanya sekadar untuk hiburan. Menghabiskan terlalu banyak waktu untuk bermain gadget terutama untuk media sosial dikaitkan dengan depresi, kecemasan, dan kesepian. Membuat resolusi untuk mengurangi waktu yang kamu habiskan bermain medsos, menonton TV, atau bermain game dapat meningkatkan suasana hati dan meningkatkan produktivitas.

10. Meditasi.

Meditasi sudah terbukti dapat meningkatkan kesehatan mental. Meditasi juga sangat bermanfaat bagi orang yang mengalami kecemasan atau depresi.

11. Berhenti melakukan diet.

Diet kronis dapat berbahaya bagi kesehatan fisik dan mental. Selain itu menurunkan berat badan dengan melakukan diet ketat hanya akan mengembalikan berat badan hingga 2/3 dari berat badan yang hilang dalam waktu setahun.

12. Berbelanja bahan makanan secara teratur.

Isi kulkas yang lengkap sangat diperlukan untuk menyiapkan makanan sehat yang dimasak di rumah. Buatlah resolusi di tahun yang baru untuk membeli bahan-bahan bergizi dan jangan lpa sesuaikan dengan jadwal luang kamu.

13. Menggunakan produk rumah tangga alami.

Apa yang kamu makan atau gunakan untuk tubuh secara signifikan dapat memengaruhi kesehatanmu. Selain itu produk yang kamu gunakan di rumah juga penting.

Buatlah resolusi Tahun Baru untuk menggunakan produk kecantikan yang alami, pembersih rumah, detergen, dan produk perawatan pribadi lainnya dari bahan alami untuk menciptakan lingkungan yang lebih sehat.

14. Makan lebih banyak sayur dan buah.

Makan banyak sayuran dan buah dapat meningkatkan kesehatan kamu di tahun yang baru. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa makan sayur dan buah melindungi dari berbagai penyakit seperti diabetes, jantung, kanker dll.

15. Kurangi konsumsi alkohol.

Konsumsi alkohol secara berlebihan dapat menganggu kesehatan kamu. Jika mengalami kesulitan dalam mengurangi alkohol mulailah mengurang konsumsi alkohol sedikit demi sedikit dan lakukan secara konsisten.

16. Agendakan liburan.

Berlibur meskipun dilakukan dalam waktu yang cukup singkat dapat mengurangi stres secara signifikan. Buatlah resolusi untuk berlibur bersama teman atau anggota keluarga maupun sendiri.

17. Mencoba hobi baru.

Seiring bertambahnya usia, kebanyakan orang tidak lagi melakukan hobi mereka karena tidak memiliki banyak waktu atau kurangnya motivasi. Penelitian menyatakan bahwa melakukan hobi yang kamu sukai dapat menjalani hidup lebih lama dan lebih sehat. Buatlah resolusi untuk mencoba hobi yang baru atau melakukan kembali hobi kamu yang selama ini tidak sempat terlaksana.

18. Berhenti membicarakan hal-hal negatif mengenai tubuhmu.

Membicarakan sisi negatif tubuh kamu dapat menyebabkan perasaan malu pada tubuh. Sebuah penelitian menyatakan bahwa terlibat dan mendengarkan pembicaran tubuh yang negatif berhubungan dengan tingkat ketidakpuasan tubuh yang lebih tinggi dan penurunan harga diri baik pada wanita maupun pria. Buatlah resolusi Tahun Baru untuk terlibat dalam self-talk positif secara teratur dan mengurangi pembicaraan tubuh yang negatif.

19. Rutin memeriksa kesehatan.

Memeriksakan kesehatan secara teratur dapat membantu menemukan potensi masalah sebelum hal tersebut berubah menjadi hal yang lebih serius. Menurut ahli, pemeriksaan kesehatan dilakukan paling tidak sekali dalam setahun.

20. Menjaga kesehatan gigi.

Menjaga kesehatan mulut merupakan ide resolusi Tahun Baru yang dapat dan harus dipertahankan seumur hidup. Membersihkan gigi secara teratur dapat mencegah kondisi mulut seperti penyakit gusi dan bau mulut. Menjaga kesehatan mulut sangat penting karena jika tidak dapat menyebabkan kondisi kesehatan secara serius seperti Alzheimer dan penyakit jantung.

21. Membuat rencana diet yang berkelanjutan dan bergizi.

Sebagian orang membuat resolusi penurunan berat badan atau makan makanan yang lebih sehat untuk jangka pendek dibandingkan memikirkan manfaat jangka panjangnya. Daripada membuat rencana diet yang membatasi makan, Tahun Baru yang akan datang cobalah untuk menerapkan pola makan bergizi yang berkelanjutan.

Diet yang sehat adalah diet yang mengandung makanan padat gizi dan rendah gula. Diet sehat yang jangka panjang tidak hanya harus bergizi, namun juga mudah untuk dilakukan dalam kondisi apa pun.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red