Aneh tapi nyata. Pohon mangga berbuah mengkudu di Probolinggo, Jawa Timur. Kabar ini bukan hoax, editan photoshop, apalagi buah tempelan karena buah mengkudu ini hanya tumbuh sebanyak tiga biji saja di salah satu pohon Mangga berjenis Manalagi.

Sulit dipercaya, pohon mangga ini berbuah mengkudu

Pohon mangga berbuah mengkudu itu berlokasi di Jalan Kartini, Sukabumi, Mayangan, Kota Probolinggo. Diketahui tanah kosong itu milik Nyonya Alfonso. Tiga buah mengkudu itu tumbuh dan berada di satu tangkai yang sama dengan buah mangga manalagi lainnya. Sedangkan pada pohon-pohon mangga yang berada di sekitarnya tumbuh normal.

Mendengar kehebohan tentang Pohon Mangga Berbuah Mengkudu, membuat warga asli Kota Probolinggo penasaran berat dan mereka ramai-ramai mendatangi kebun milik Nyonya Alfonso untuk menyaksikan langsung. Dari yang sekadar melihat-lihat sampai foto selfie berlatar belakang mangga mengkudu.

Sulit dipercaya, pohon mangga ini berbuah mengkudu

foto: detik.com

Sampai saat ini memang belum diketahui pasti kemunculan tiga buah mengkudu di tengah-tengah buah mangga manalagi itu apakah asli atau hanya rekayasa saja. Belum ada dinas terkait yang datang untuk melakukan uji sampel penelitian laboratorium.

Namun menurut keterangan Mardiana, istri ketua RT 02 RW 04 Kelurahan Sukabumi, lokasi tempat berbuahnya mangga aneh tersebut. Dirinya mengatakan kalau penyebab Pohon mangga berbuah mengkudu itu bisa jadi karena dulunya memang tanah itu bekas dihuni pohon Mengkudu. Ya siapa tahu masih ada generasi keturunannya yang tak sengaja berparasit di pohon mangga itu, ungkap Mardiana.

Hmmmm, aneh banget yah, jangan-jangan buah mangga mengkudu ini adalah hasil perselingkuhan Mama Mangga dengan Papa Mengkudu. Jika anda ahli tanaman atau insinyur pertanian, bantu pecahkan misteri buah ini ya.