×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Peran penting kemajuan teknologi di masa pandemi Covid-19

0

Gadget

Peran penting kemajuan teknologi di masa pandemi Covid-19

Teknologi memiliki peran yang cukup penting untuk berbagai bidang di masa pandemi.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Narandita Zahra

16 / 07 / 2021 10:05

Pandemi Covid-19 yang mulai masuk ke Indonesia pada awal tahun 2020 sampai saat ini belum menemukan titik redanya. Berbagai sektor terkena imbas dari pandemi ini, terutama sektor pendidikan dan ekonomi. Perekonomian di Indonesia saat ini terus mengalami penurunan. Hal ini dikarenakan aktivitas masyarakat tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya. Namun dengan perkembangan teknologi yang ada beberapa aktivitas dapat tetap berjalan melalui metode online, termasuk kegiatan pendidikan dan ekonomi.

Teknologi memiliki peran yang cukup penting untuk bidang pendidikan, yakni dengan terdapatnya aplikasi yang memungkinkan kegiatan belajar dapat tetap berlangsung walaupun dilaksanakan secara virtual. Metode pembelajaran yang semula dengan sistem tatap muka kini tidak dapat diterapkan karena memicu penyebaran virus Covid-19.

Angka penyebaran virus yang terus bertambah menyebabkan pemerintah mengambil keputusan agar masyarakat melakukan kegiatan di luar rumah seminimal mungkin, tak terkecuali kegiatan pembelajaran. Beberapa aplikasi yang dimanfaatkan oleh tenaga pendidik di antaranya Zoom, Edmodo, Google Classroom, Google Meet, dan lain sebagainya.

Biasanya para pendidik menggabungkan penggunaan aplikasi tersebut dikarenakan tidak semua kegiatan dapat dilakukan dengan satu aplikasi. Untuk pemberian tugas, tenaga pendidik dapat menggunakan aplikasi Edmodo dan Google Classroom. Edmodo adalah perusahaan teknologi pendidikan yang menawarkan alat komunikasi, kolaborasi, dan pembinaan untuk guru dan sekolah K-12. Sedangkan Google Classroom adalah layanan web gratis, yang dikembangkan oleh Google untuk sekolah yang bertujuan untuk menyederhanakan, membuat, mendistribusikan, dan menilai tugas tanpa harus bertatap muka.

Untuk menunjang kegiatan presentasi dalam belajar, pendidik memilih menggunakan aplikasi Zoom dan Google Meeting. Zoom Meeting sendiri merupakan sebuah media pembelajaran menggunakan video. aplikasi ini tidak hanya digunakan untuk pembelajaran saja tetapi bisa digunakan untuk urusan perkantoran maupun urusan lainnya. Google Meet adalah layanan komunikasi video yang dikembangkan oleh Google. Aplikasi ini merupakan salah satu dari dua aplikasi yang nantinya akan mengganti Google Hangouts, yang lainnya adalah Google Chat.

Loading...

Dalam konteks ekonomi Indonesia, pandemi Covid-19 akhirnya dapat mendorong terciptanya ekosistem baru, yaitu kewirausahaan digital. Dengan didukung berkembangnya perusahaan e-commerce. Menurut Laudon dan Laudon (1998), e-commerce adalah suatu proses membeli dan menjual produk-produk secara elektronik oleh konsumen dan dari perusahaan ke perusahaan dengan komputer sebagai perantara transaksi bisnis.

Banyak pelaku bisnis yang berbondong-bondong mulai beralih menerapkan metode penjualan secara online. Beberapa e-commerce yang menjadi pilihan para penjual di antaranya Gojek, Grab, Shopee, Tokopedia dan lain sebagainya. Langkah ini mereka ambil dikarenakan banyak masyarakat yang merasa khawatir terpapar virus Covid-19 apabila membeli barang secara langsung.

Beberapa aplikasi online pun merasa diuntungkan seperti Shopee, Tokopedia, Lazada dan lain-lain. Di masa pandemi saat ini, belanja online merupakan gaya hidup masyarakat yang baru. Dengan mengandalkan teknologi semua bisa dilakukan dengan lebih mudah dan cepat. Proses transaksi pembayaran saat berbelanja online pun dapat dilakukan melalui dompet digital. Dalam hal ini, tidak hanya penjual yang merasa diuntungkan tetapi juga pembeli. Semua barang yang dibutuhkan dapat dibeli secara online, termasuk seperti makanan dan minuman serta obat-obatan.

Dapat kita simpulkan, kemajuan teknologi yang pesat membantu masyarakat dalam beraktivitas terutama pada saat ini, dunia sedang diserang pandemi Covid-19. Aktivitas yang semula dilaksanakan secara langsung atau tatap muka kini dapat dilaksanakan secara virtual berkat adanya kemajuan teknologi. Apabila belum terdapat aplikasi yang ada saat ini, bukan tidak mungkin aktivitas masyarakat sebagian besar menjadi tidak berjalan. Itulah peran penting kemajuan teknologi dalam kehidupan manusia, yaitu memudahkan segala kegiatan masyarakat menjadi lebih efektif dan efisien.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Tags

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red