×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Pentingnya vaksinasi Indonesia, cegah penyebaran Covid-19

0

Kesehatan

Pentingnya vaksinasi Indonesia, cegah penyebaran Covid-19

Foto: Nataliya Vaitkevich from Pexels

Antusiasme masyarakat Indonesia terhadap kegiatan vaksinasi Covid-19 cukup tinggi.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

zahra musthafawi

17 / 07 / 2021 15:27

Pandemi Covid-19 hingga saat ini masih melanda sebagian besar negara di dunia. Indonesia merupakan salah satu negara yang hingga saat ini masih merasakan masa pandemi Covid-19 tersebut. Jumlah kasus Covid-19 di Indonesia pun semakin hari semakin bertambah. Berdasarkan data pada laman covid19.go.id, jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Indonesia hingga tanggal 3 Juli 2021 mencapai angka 2.256.851 pasien, angka tersebut bukanlah angka yang sedikit.

Dalam menangani masalah ini, pemerintah dan seluruh masyarakat Indonesia sudah seharusnya bekerja sama agar kelak Indonesia bisa kembali seperti semula atau setidaknya bisa merasakan masa new normal yang sebenarnya. Banyak upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah dan seluruh masyarakat Indonesia untuk melawan masalah pandemi ini. Salah satu cara yang dilakukan saat ini di antaranya dengan melakukan penerapan protokol kesehatan 3M, yakni menggunakan masker, mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir, serta menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain.

Selain penerapan protokol 3M tersebut, ada pula cara lain yang dilakukan seperti, ajakan untuk tetep di rumah saja atau stay at home, dilakukannya sebagian besar kegiatan dari rumah secara online seperti kegiatan belajar dan mengajar, pemerintah juga senantiasa mengawasi dan mengimbau masyarakat untuk menghindari serta tidak melakukan sesuatu kegiatan yang dapat menimbulkan kerumunan.

Vaksinasi juga merupakan salah satu upaya yang dilakukan pemerintah bersama dengan tenaga medis untuk membebaskan Indonesia dari pandemi Covid-19. Merangkum dari laman alodokter.com, vaksinasi adalah proses pemberian vaksin (zat atau senyawa yang berfungsi untuk membentuk kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit) ke dalam tubuh. Berdasarkan penjelasan singkat tentang vaksinasi tersebut, dapat dilihat seberapa pentingnya vaksinasi untuk tubuh kita apalagi pada masa pandemi saat ini. Hingga saat ini, pemerintah terus mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk melakukan vaksinasi Covid-19.

Berdasarkan catatan pada laman kompas.com, 2 Mei 2021, Indonesia telah menerima total 73,9 juta dosis vaksin Covid-19 dari berbagai produsen seperti Sinovac, Sinopharm, dan AstraZeneca. Seiring dengan berjalannya waktu vaksin yang diterima Indonesia pun semakin bertambah. Vaksin tersebut akan diberikan kepada seluruh masyarakat Indonesia. Hingga saat ini, berdasarkan data vaksinasi Covid-19 yang berasal dari laman covid19.go.id, jumlah vaksinasi yang telah dilakukan di Indonesia berada pada angka 31.573.240 untuk vaksinasi ke-1 dan untuk vaksinasi ke-2 berada pada angka 13.922.732 dengan target sasaran vaksinasi nasional yakni 181.554.465.

Loading...

Kegiatan vaksinasi ini ternyata memang mendapat banyak dukungan dari sebagian besar masyarakat Indonesia. Antusias masyarakat untuk mengikuti vaksinasi Covid-19 pun cukup tinggi. Salah satu contohnya berasal dari masyarakat Pekanbaru di mana mereka memiliki rasa antusias yang tinggi terhadap kegiatan vaksinasi ini. Cukup banyak masyarakat Pekanbaru yang meminta permohonan vaksinasi kepada Pemerintah Kota. Masyarakat yang mendaftar hadir dalam berbagai golongan mulai dari golongan pengusaha hingga masyarakat biasa. Hingga 1 Juni 2021 lalu tercatat permohonan terhadap vaksinasi Covid-19 sudah mencapai angka 120.000 orang. Selain masyarakat Pekanbaru, banyak pula masyarakat Indonesia dari wilayah lain yang memiliki rasa semangat yang sama akan vaksinasi Covid-19 ini, di antaranya ada Jakarta, Surabaya, dan juga Aceh.

Di balik rasa antusias dan semangatnya masyarakat terhadap vaksin Covid-19, ternyata vaksin ini memiliki beberapa manfaat. Vaksin Covid-19 memiliki banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh, di antaranya sebagai berikut.

1. Mencegah diri terkena atau mengalami Covid-19.

2. Mampu mengurangi angka kasus dan kematian Covid-19, vaksin dapat memicu sistem imunitas tubuh kita untuk melawan virus Corona. Sehingga, kemungkinan kita untuk terinfeksi virus ini akan jauh lebih kecil.

3. Mendorong terbentuknya herd immunity (kelompok kekebalan), seseorang yang mendapat vaksin Covid-19 tanpa kita sadari dapat melindungi orang-orang di sekitarnya, apalagi jika vaksin ini diberikan secara serentak maka kita pun dapat mendorong terbentuknya kekebalan kelompok (herd immunity).

Masih banyak lagi manfaat vaksin Covid-19 baik itu untuk diri sendiri maupun orang lain, serta dalam berbagai bidang baik sosial, ekonomi, maupun politik. Segala upaya kini masih terus kita lakukan bersama untuk bisa membuat Indonesia keluar dari masalah pandemi Covid-19.

Lakukan semua peraturan yang ada untuk membuat diri kita terhindar dari virus tersebut. Ketika kita bisa menjaga diri dari virus yang ada, tanpa sadar kita pun dapat membantu orang lain juga terhindar dari virus tersebut. Vaksinasi saat ini dilakukan untuk membuat kita dan orang lain terhindar dari Covid-19. Mari lakukan vaksinasi bersama dan rasakan manfaatnya bersama. Semangat vaksinasi Indonesia.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red