×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Pentingnya meningkatkan sistem imunitas tubuh saat pandemi Covid-19

0

Kesehatan

Pentingnya meningkatkan sistem imunitas tubuh saat pandemi Covid-19

Disaat masa pandemi Covid-19 seperti ini, seorang individu harus mampu menjaga imunitas tubuh agar tidak mudah tertular virus.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Mala Mardiani

26 / 07 / 2021 16:15

Corona Virus Disease 2019 Covid-19 yang lebih dikenal dengan nama virus Corona, ditemukan di Kota Wuhan, Cina pada akhir Desember 2019. Virus Corona adalah virus jenis baru yang menular ke manusia melalui percikan dahak (droplet) yang bisa menginfeksi saluran pernapasan. Walaupun lebih banyak menyerang ke lansia tetapi sebenarnya bisa menyerang siapa saja, mulai dari bayi, anak-anak, hingga orang dewasa.

Virus ini menular sangat cepat dan telah menyebar hampir ke semua negara, termasuk indonesia, hanya dalam waktu beberapa bulan saja. Terhitung 192 negara telah berjuang melawan serangan virus Corona yang tidak pandang bulu.

Pandemi virus Corona ini menyebabkan banyak perubahan di dalam kehidupan sehari-hari. Perlu imunitas tubuh yang baik sebelum, selama, dan setelah infeksi. Infeksi menyebabkan tubuh korban menjadi demam sehingga membutuhkan tambahan energi. Oleh karena itu, menjaga imunitas tubuh dan pola makan yang sehat sangat penting selama pandemi ini. Meskipun tidak ada makanan atau suplemen makanan yang dapat mencegah infeksi Covid-19, mempertahankan pola makan gizi seimbang yang sehat sangat penting dalam  meningkatnya sistem kekebalan tubuh yang baik.

Sistem imunitas (sistem pertahanan tubuh) adalah sistem pertahanan yang berperan dalam mengenal, menghancurkan, serta menetralkan benda-benda asing yang berpotensi merugikan bagi tubuh. Mekanisme pertahanan tubuh manusia meliputi pertahanan tubuh bawaan (contohnya kulit dan membran mukosa) dan pertahanan adaptif (contohnya vaksin dan ASI).

Setiap individu memiliki sistem imun yang berbeda-beda. Namun, umumnya sistem imun akan bertambah kuat seiring dengan pertambahan usia manusia. Sistem ini dapat membedakan jaringan yang ada dalam tubuh kita dan jaringan asing. Dengan begitu, sel-sel mati atau unsur asing lain yang tidak dikenali akan secara otomatis dibersihkan dari tubuh.

Loading...

Beriku ini merupakan beberapa kegiatan yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh selama pandemi.

1. Rutin berolahraga.

Pastikan untuk menyempatkan diri berolahraga setiap harinya, jika ingin imunitas tubuh tetap terjaga

2. Tidur yang cukup dan berkualitas.

Tidur yang cukup dan berkualitas sangat penting untuk mendongkrak imuitas tubuh. Jika tidak cukup tidur, imunitas tubuh akan terganggu dan tidak bisa menjalankan fungsinya dengan optimal.

3. Kelola stres dengan baik.

Stres berlebihan dapat menekan atau menurunkan fungsi dari sistem imun yang dapat memberikan efek tidak baik bagi tubuh.

4. Hindari merokok.

Merokok dapat membuat fungsi imunitas tubuh terganggu. Tak hanya itu, perokok aktif memiliki risiko tinggi untuk mengalami infeksi paru, seperti bronkhitis dan pneumonia.

Sedangkan berikut ini merupakan makanan yang dapat meningkatkan imunitas tubuh.

1. Makanan yang bergizi dan seimbang.

Makan makanan yang kaya akan antioksidan seperti sayuran-sayuran, buah-buahan, dan tanaman herbal dapat membantu tubuh melawan radikal bebas. Jika di dalam tubuh anda banyak terdapat radikal bebas, kerja sistem imun bisa terganggu dan anda akan mudah terkena infeksi Covid-19.

2. Minum suplemen vitamin C.

Vitamin C adalah salah satu nutrisi penting yang diperlukan tubuh, terutama dalam meningkatkan imunitas. Kekurangan vitamin C dapat menurunkan imunitas tubuh hingga rentan terkena infeksi penyakit.

Menjaga imunitas tubuh sangatlah penting saat pandemi Covid-19 agar terhindar dari paparan virus Corona. Terdapat beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di masa pandemi ini seperti rutin olahraga, tidur yang cukup dan berkualitas, kelola stres dengan baik, hindari merokok, makan-makanan yang bergizi seimbang dan minum suplemen vitamin C untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Maka dari itu, dalam menghadapi situasi seperti sekarang ini marilah kita bersama memutus rantai penularan virus Corona yang sedang menjadi pandemi di Indonesia. Tetap jaga kesehatan dan patuhi protokol kesehatan.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red