Tak terasa sudah hampir dua bulan sejak Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2018 dilaksanakan. Tak lama lagi, hasil seleksi yang diikuti siswa-siswi tamatan SMA tersebut akan diumumkan. Selasa, 3 Juli 2018 akan menjadi hari yang bersejarah bagi mereka yang turut berpartisipasi dalam SBMPTN. Pengumuman hasil ujian dapat dilihat di laman pengumuman.sbmptn.ac.idpada pukul 17.00 WIB.

Pengumuman SBMPTN? Ini cara menyikapinya

Menurut data penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN beberapa tahun yang lalu, tak banyak siswa yang memiliki kesempatan untuk diterima di universitas pilihan mereka. Oleh karena itu, sepatutnya para mahasiswa yang memperoleh kesempatan untuk menuntut ilmu di bangku perkuliahan harus lebih giat dalam belajar dalam bidang akademik maupun non-akademik.

Nah, bagaimana dengan yang gagal dalam SBMPTN? Tak usah khawatir, buat kamu yang masih belum lolos SBMPTN, kamu masih ada hal lain yang bisa kamu lakukan.

1. Bersyukur selalu.

Pengumuman SBMPTN? Ini cara menyikapinya
Gagal masuk universitas favorit kok bersyukur?Jangan sekali-kali berpikir seperti itu ya. Karena gagal dalam SBMPTN kali ini bukanlah alasan untuk kamu tidak bersyukur. Mungkin saja Tuhan menghendaki kamu untuk kuliah di universitas lain atau jurusan lain yang nantinya membawa kesuksesan bagi hidupmu.Jadi, jangan buru-buru mengeluh dan tetap semangat ya!

2. Berjuang lebih keras.

Pengumuman SBMPTN? Ini cara menyikapinya

Gagal pada SBMPTN bukan berarti kamu orang yang payah. Hal itu merupakan suatu cambukan bagimu untuk berusaha lebih baik ke depannya. Orang yang sukses tidak menikmati buah manis secara instan. Mereka melalui berbagai proses rumit dalam menjalani kehidupan. Satu hal yang harus kamu ingat, kamu harus berjuang lebih keras apabila berniat untuk mengikuti Ujian Mandiri maupun mengulang SBMPTN tahun depan.Jangan menyerah!

3. Mencari informasi mengenai Perguruan Tinggi Swasta.

Pengumuman SBMPTN? Ini cara menyikapinya

PTSadalah tempat buangan mahasiswa yang gagal masuk PTN? Kata siapa! Jangan salah sangka, karena banyak universitas swasta di Indonesia yang juga bagus loh. Ini saatnya bagi kamu untuk mengarahkan mata pada perguruan tinggi swasta yang sesuai untuk mengembangkan bakat dan minatmu.Ingat, orang sukses lahir bukan karena mereka kuliah di perguruan tinggi negeri, mereka ada karena mau berkembang ketika dalam kesesakan.

Jadi, jangan putus asa dan terus berusaha ya!