×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Pembuatan Peta Potensi Desa Sengguruh oleh mahasiswa KKN UM

0

Komunitas

Pembuatan Peta Potensi Desa Sengguruh oleh mahasiswa KKN UM

Peta Potensi Desa dibuat sebagai salah satu langkah untuk lebih memahami gambaran potensi Desa Sengguruh.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Kharisma Adi Ratna

17 / 07 / 2021 13:23

Desa Sengguruh merupakan salah satu desa yang ada di Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, tepatnya di ujung paling selatan. Walaupun wilayah desa ini terbilang kecil yaitu sekitar 1 km2, desa ini memiliki banyak potensi ekonomi yang tersebar di berbagai tempat. Oleh karena itu, tim KKN mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) yang ditugaskan di Desa Sengguruh, berinisiatif untuk membuat Peta Potensi Desa Sengguruh. Hal ini agar gambaran potensi di desa tersebut menjadi lebih jelas, juga agar masyarakat desa tersebut maupun orang luar desa tersebut bisa memahami potensi–potensi desa apa saja yang dimiliki oleh Desa Sengguruh. 

Proses pembuatan peta potensi ini memakan waktu sekitar dua minggu, yang dimulai pada tanggal 25 Juni 2021. Langkah pertama yang dilakukan adalah mengumpulkan data–data mengenai potensi apa saja yang ada di Desa Sengguruh. Dari sini diketahui bahwa ada total 11 potensi desa yang tersebar di Desa Sengguruh. Di antaranya ada perikanan lele, Griya Batik Sengguruh, berbagai kerajinan seperti kerajinan wayang kulit dan kerajinan topeng, keripik tempe Valco Jaya, dan lain sebagainya.

Setelah itu langkah selanjutnya adalah mencari di mana letak titik–titik tempat potensi yang ada di desa tersebut. Mahasiswa KKN Desa Sengguruh mencari dan mengunjungi tempat potensi tersebut, untuk selanjutnya menandai tempat tersebut sesuai dengan yang ada di peta geografis Desa Sengguruh. Tak lupa juga mendokumentasikan tempat potensi tersebut untuk melengkapi pembuatan peta potensi.

Langkah terakhir yaitu membuat peta potensi diaplikasi pembuatan peta di PC, yaitu Arcgis. Informasi–informasi yang telah terkumpul termasuk titik–titik potensi yang telah diketahui, dimasukkan dan disusun ke dalam aplikasi tersebut.

Berikut gambar peta potensi Desa Sengguruh yang telah selesai dibuat.

Loading...

https://cdn-brilio-net.akamaized.net/community/content_image/2021/07/14/image_1626227125_60ee41b579ae9.jpeg

Tim KKN mahasiswa UM yang bertugas di Desa Sengguruh berharap, dengan adanya peta potensi ini bisa membantu perkembangan pembangunan Desa Sengguruh menjadi lebih baik.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red