×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Menjelajahi Gunung Rinjani di Lombok yang penuh pesona

0

Jalan-Jalan

Menjelajahi Gunung Rinjani di Lombok yang penuh pesona

Banyak keindahan yang bisa kamu temui saat mendaki Gunung Rinjani.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Jamal Mahfudz

21 / 12 / 2020 13:45

Dengan ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut (mdpl), Gunung Rinjani yang berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), merupakan gunung tertinggi kedua di Indonesia setelah Gunung Kerinci (3.805 mdpl) yang berada di Provinsi Jambi.

Gunung Rinjani yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) dan memiliki luas 75.000 hektar ini memang eksotis. Tak hanya memiliki danau bernama Segara Anak yang indah, padang sabananya pun begitu memesona. Menjelajahi padang sabana, yaitu jika mendaki melewati jalur Sembalun, sepanjang mata memandang tampak padang ilalang yang menakjubkan.

Danau Segara Anak yang memesona (Foto: Yukjelajah.com

Danau Segara Anak yang memesona / Foto: Yukjelajah.com

Tentang Danau Segara Anak yang berada di ketinggian 2.003 mdpl, pesonanya tak kalah menarik dengan Danau Ranu Kumbolo di Gunung Semeru, Jawa Timur. Berendam di air danau akan terasa hangat. Inilah barang kali keajaiban Segara Anak, salah satu danau panas vulkanik terbesar di dunia.

Loading...

Ada beberapa jalur pendakian untuk mencapai puncak Gunung Rinjani. Ada jalur Sembalun dan jalur Timbanuh yang berada di Kabupaten Lombok Timur. Ada jalur Senaru di Kabupaten Lombok Utara, dan jalur Aik Berik yang berada di Kabupaten Lombok Tengah.

Menjelajahi keindahan Gunung Rinjani (Foto: Yukjelajah.com)

Mejelajahi Gunung Rinjani / Foto: Yukjelajah.com

Banyak keindahan yang bisa kamu temui saat mendaki Gunung Rinjani. Misalnya ada keindahan bunga edelweis, keindahan samudra di atas awan, keindahan pasir dan tebing berbisik, dan masih banyak lagi yang akan menemani penjelajahan menuju ke puncak.

Menikmati panorama Danau Segara Anak (Foto: Yukjelajah.com)

Menikmati pesona Danau Segara Anak dari Plawangan / Foto: Yukjelajah.com

Belum lagi jika berada di Plawangan Sembalun, ini adalah gerbang masuk menuju puncak Rinjani. Plawangan merupakan salah satu spot terbaik Gunung Rinjani. Berada di ketinggian 2.700 mdpl, lokasi camp ground ini dipenuhi rumput dan bunga-bunga edelweis putih nan cantik.

Puncak Gunung Rinjani (Foto: Yukjelajah.com)

Puncak Gunung Rinjani / Foto: Yukjelajah.com

Keindahan Plawangan Sembalun memang indah, tampak langit malam bertaburan bintang dengan jelas. Sesekali terlihat kilatan cahaya senter para pendaki, seperti pedang-pedang yang tengah ‘berkelahi’ di bawah langit. Dan, dengan suara lembut, angin malam perlahan menyapu pepohonan pinus yang menjulang di punggung gunung. Ah, betapa eksotisnya malam hari di Plawangan Sembalun.

(Jamal Mahfudz)

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red