Spongebob adalah salah satu karakter dari serial kartun Spongebob Squarepants yang diciptakan oleh Stephen Hillenburg. Tepat pada hari ini, yaitu tanggal 1 Mei 1999 serial Spongebob Squarepantslahir.

Awal mula karakter ini diciptakan bernama SpongeBoy, bukan SpongeBob. Namun, karena Stephen tidak ingin banyak orang mengira jika karakter ciptaannya itu adalah seorang manusia keju, maka namanya diubah namanya menjadi SpongeBob. Sedangkan Squarepants adalah nama keluarga SpongeBob dan penamaan itu berasal dari bentuk tubuhnya yang kotak.

Dalam membuat karakter Spongebob, Stephen terinspirasi darihewan laut yang bentuknya menyerupai tekstur sponsdengan nama Porifera.

Sosok yang berwarna kuning dan mengenakan celana kotak ini bertempat tinggal di dalam rumah sederhana namun memiliki fasilitas yang lengkap dengan dan berarsitektur unik, yaitu berbentuk nanas.

Saat menjelajahi lantai pertama kamu akan menemukan ruang tamu yang berisi TV, sofa, telepon klasik yang terbuat dari cangkang, dapur, dan ruang koleksi piala.Selanjutnya, kamu akan disuguhi tangga kayu melengkung untuk menuju ke lantai dua. Belum selesai sampat di situ, kamu akan menemukan alarm raksasa, papan loncat di atas kasur, dan tempat makan Gary sang siput peliharaan.

Nah, menurut penulis kehidupan karakter Spongebob sangat bermakna. Barangkali setelah membaca tulisan ini kehidupanmu akan lebih bermakna. Berikut ini merupakan tiga sifat Spongebob yang patut diteladani.

1. Seorang jomblo yang kuat.

Banyak orang tidak menyadari bahwa Spongebob itu jomblo. Bagi para penikmat serial kartun ini pastinya tidak akan mengeluh, stres,dannggak punya harapan hidup hanya karena belum memiliki pasangan.

Sebab menjadi seorang jomblo bukanlah hal yang menakutkan bagi Spongebob. Belum ditemukan momen ketika sang penghuni rumah nanas itu mengeluh karena jomblo, bucin, ataupun stres gara-gara cinta yang kandas.

Kehidupan si celana kotak ini bahagia meskipun tidak mempunyai pasangan. Ia bahkan hampir selalu terlihat riang gembira bersama sahabatnya, Patrick Star. Nah, Spongebob dapat menjadi inspirasi buat kamu yang jomblo agar tetap bersemangat, nih.

2. Bekerjakeras.

Spongebob menjadi sosok suri tauladan dalam urusan bekerja keras. Spongebob awalnya memang pengangguran, namun si spons ini berusaha mencari pekerjaan di berbagai tempat. Saat bekerja pun ia senantiasa bersungguh-sungguh.

Neptunus mungkin memberkatinya sehingga ia mampu menjadi koki handal kelas kakap di Krusty Krabsalah satu restoran terkemuka di Bikini Bottom. Karena dalam proses diterimanya menjadi pemanggang Krabby patty, Spongebob berhasil memenuhi permintaan Tuan Krab untuk mencari spatula Hidrodinamik menggunakan perseneling turbo dengan tambahan di bagian kiri dan kanan.

3. Berani beda.

Mungkin inidapat bermanfaat untuk kamu yang sedang mengembangkan bisnis. Jadilah seperti Spongebob yang selalu inovatif dalam bekerja. Sosok spons kuning ini mencoba mengajarkan kepada kita untuk selalu memberikan sesuatu yang berbeda atau antimainstream.

Kamu bisa membuktikannya melalui karya-karya Spongebob seperti pada episode Patty Hypedi mana sang koki mencoba membuat terobosan baru dengan nama Pretty Patty yang merupakan Krabby Patty berwarna-warni.

Meskipun pada awalnya ditolak oleh Eugene Harold Krabs, tapi Spongebob mencoba untuk menjualnya sendiri di halaman rumah. Alhasil, para pelanggan menjadi tertarik untuk membelinya.

Sebenarnya masih begitu banyak nilai-nilaipositif yang dapat diambil dari kehidupan Spongebob Squarepants. Meskip[un terkesan sepele, mungkin kamu perlu menelaah hal-hal yang dipandang remeh seperti kartun Spongebob Squarepants.Setelah mempelajari nilai-nilai positif dari kehidupan Spongebob, jangan takut untuk terus berkarya dan berinovasi.

Tidak ada salahnya jika kamu mempelajari setiap hal dengan mengambil hal yang baik dan meninggalkan yang buruk. Serial animasi Spongebob Squarepants ini kiranya dapat dianalisis, diteliti secara ilmiah, dan hasilnya dapat menjadi sebuah skripsi. Pasti keren!