Novel karangan Boy Candra dan cerita cinta seindah cinderella dan Ayat-Ayat Cinta membuatmu yakin dan percaya cinta adalah sesuatu yang indah. Hal itu benar, cinta memang perasaan yang menyenangkan dan adiktif. Ini bisa dibuktikan begitu kamu sadar sedang mencintai seseorang, otakmu sepertinya tak rela untuk memikirkan hal yang lain. Namun layaknya pelangi, waktu pun melihat ujung yang lain dan mencintai orang yang tidak bisa kamu miliki adalah perasaan yang pastinya ingin dihindari.

Namun, cinta juga tidak seindah sinetron-sinetron yang ada di FTV. Tidak selamanya cinta berakhir bahagia di mana semua menemukan cintanya andhidup bahagia selamanya. Skenario yang ada di sekitarmu justru akan seperti;orang yang kamu cintai akan pindah ke tempat lain dan terpaksa LDR,mungkin kamu sedang mencintai orang yang sedang dalam hubungan, mungkin pemikiran kalian tidak sejalan, atau orang yang kamu cintai tidak mencintaimu balik.

Melihat skenario di atas, sepertinya sangat familiar bukan?Apa yang harus dilakukan saat terjebak pada cinta yang tidak berakhir bahagia seperti itu? Apa yang harus kamu lakukan dengan perasaanmu? Dan yang terpenting, bagaimana kamu bisa move on dengan orang tersebut?

Kalimat sejuta umat yang sering dilontarkan ialah waktu akan menyembuhkan semua luka. Hal itu benar adanya dan untuk menyembuhkan luka di hati, setiap orang membutuhkan waktu yang relatif beda. Kamu bisa mempercepatnya dengan beberapa cara berikut ini:

1. Putuskan semua kontak.

Fakta yang jelas dan terpenting agar kamu bisa melangkah maju. Namun faktanya hal ini tidak semudah itu. Butuh niat yang sangat kuat untuk tidak membuka chat darinya atau sesimpel melihat story-nya di Instagram. Pada saat kamu berada dalam hubungan seperti ini, banyak yang memutuskan untuk bertahan dengan apa yang dinamain emotional crumbs, memutuskan untuk bertahan dengan sisa-sisa yang ada daripada meninggalkan hubungan yang sakit. Alasan yang banyak ditemukan adalah tidak ingin merasa sendirian.

Akan sangat sulit bagimu untuk maju jika terus berhubungan setiap hari. Dengan kamu menutup kontak, itu adalahpertahananbuat dirimu sendiri dan kamu bisa membuat ruangan untuk orang yang bisa menjadi permanen di hatimu.

2. Terima perasaanmu sendiri.

Salah satu pertahanan diri yang dilakukan biasanya menolak untuk mengakui. Hal itu tidak baik loh! Jika kamu tidak mau menghiraukan atau mengakui perasaan yang sedang kamu alami, perasaan itu justru bisa menguat dan membuatmu kepikiran.

Jika ingin selangkah lebih maju kamu tidak boleh tertahan dengan perasaanmu sendiri. Mencintai orang yang tidak bisa kamu miliki bukanlah kesalahan ataupun noda yang harus ditutup. Denganmenerima perasaan itu kamu bisa berbagi apa yang dialami dengan orang terdekatmu. Dengan berani sedikit-sedikit membuka topik ini, kamu akan menemukan bahwa perasaan itu akan berkurang dengan kamu merasa biasa saja membicarakan perasaan itu.

3.Buatdirimu menjadi lebih baik.

Ini adalahnasihat yang diberikan oleh sahabat pada saat saya mengalami cinta tragis ini. Daripada galau dan menangisi sesuatu yang tidak bisa kamu miliki, lebih baik fokuskan waktu dan energi untuk hal-hal yang lebih baik. Hal-hal yang bisa membuatmu bahagia atau aktivitas yang selalu ingin kamu coba seperti les piano, les melukis, ataupun les masak. Memberdayakan dirimu adalah hal yang baik untuk kamu sendiri.

Refleksikan dirimu seperti menyakan kenapa kamu memilih orang itu, apa yang harus kamu lakukan agar merasa dicintai, dan apa yang harus mereka lakukan untuk kamu merasa dicintai.Hal itu bisa mempersiapkan diri dan mentalmu untuk hubungan selanjutnya.