Sudah bukan rahasia bahwa kebanyakan orang China selalu dapat meraih kesuksesan di setiap bidang usahanya.Hasil kajian Fujitsu Research di Tokyo mengemukakan bahwa dari daftar perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia, sekitar 73% dikuasai oleh etnis China. Besarnya dominasi orang-orang China di sektor perdagangan menjadi perbincangan hangat apa sebenarnya keunggulan mereka untuk meraih kesuksesan.

Berikut ini saya akan membagikan beberapa pandangan sukses yang dianut banyak etnis China dari berbagai sumber.

1. Orang China lebih memilih sektor perdagangan ketimbang pertanian.

5 Prinsip sukses berbisnis ala orang China ini bisa kamu tiru

Jika melihat sejarah kehidupan manusia terdahulu kebanyakan orang-orang makmur adalah kaum bangsawan yang memiliki banyak tanah pertanian dan pedagang. Para perantau dari China (Hoa Kiau) mereka memilih berdagang sebagai strategi bertahan hidupnya. Sebab, sebagai perantau mereka tidak memiliki lahan pertanian yang dapat memberi jaminan hidup.

Pertanian membutuhkan lahan yang sangat luas berbeda dengan perdagangan yang berfokus pada lokasi strategis yang mudah dijangkau pembeli. Tidak jarang orang China mampu memanfaatkan lahan kecil dibawah 10 meter untuk berdagang dan menghidupi seluruh anggota keluarganya.

2. Berpegang teguh pada ajaran Konfusionisme! (Hopeng, Hong Sui, Hokie)

5 Prinsip sukses berbisnis ala orang China ini bisa kamu tiru

Konfusianisme adalah salah satu aliran filsafat yang menonjol di China kuno. Ajaran ini merupakan moral yang didasarkan pada tradisi-tradisi tua. Selain ini orang China juga disemangati oleh nilai Hopeng, Hong Sui, Hokie.

-Hopeng
Hopeng digunakan sebagai acuan perilaku bisnis golongan China. Cara untuk menjaga hubungan baik dengan relasi bisnis. Tanpa hubungan yang baik dengan relasi maka dipastikan sebuah usaha tidak akan berkembang. Contoh: kesetiakawanan, kepercayaan, dan saling bantu.

-Hong Sui
Hong Sui adalah kepercayaan pada faktor-faktor alamiah yang menunjang nasib baik dan nasib buruk manusia. Hong Sui sangat erat kaitannya dengan intuisi dan logika bisnis maka jangan teralu dipandang takhayul/mistis ketika mendengar kata Hong Sui. Contoh: Glodok, Mangga Dua, dan Pluit, adalah daerah yang ramai dan menguntungkan dari segi bisnis. Maka di daerah tersebut bagus secara Hong Sui untuk berdagang.

-Hokie
Hokie adalah nilai yang menyangkut peruntungan dan nasib baik. Hokie membimbing orang China untuk menyisiati nasib agar selalu mendapat peruntungan. Contoh: jika sang kakek terjun dalam bisnis jual pakaian, maka setiap turunannya harus berjualan pakaian karena memang sudah hokinya di situ. Hal ini dipandang takhayul padahal alasan logisnya adalah dengan menerapkan bisnis keluarga seperti di atas maka relasi akan terbentuk kuat dan ini merupakan keuntungan yang belum tentu dimiliki pengusaha lain.

3. Orang China selalu membangun jaringan bisnis

5 Prinsip sukses berbisnis ala orang China ini bisa kamu tiru

Jaringan sosial etnis China disebut Guanxi. Guanxi adalah semangat untuk mengembangkan dan melindungi sumber pendapatan keluarga agar kelangsungan hidup dapat terjamin. Dengan semangat ini orang China mampu membangun jaringan yang luas dan potensial untuk mengembangkan bisnis.

Dalam menambah jaringan orang-orang China sangat menentang praktik usaha isolasi (memperkuat diri sendiri). Mereka saling menjual dan membeli produk dagangan sesama mereka, bertukar informasi, meminjam dan memberi pinjaman uang, serta mencari dan memberi saran. Mereka sangat menekankan pentingnya rasa saling percaya.

4. Tidak mudah memberikan kepercayaan pada orang lain

5 Prinsip sukses berbisnis ala orang China ini bisa kamu tiru

Orang China pada umunya cenderung percaya pada orang lain setelah melakukan kerja sama. Dengan begitu mereka baru bisa melakukan penilaian terhadap orang lain karena sudah terjadinya kerja sama maupun kesepakatan ketimbang hanya kata-kata maupun janji. Makin kuat rasa percaya seseorang, makin kuat kerja samanya.

Inilah alasan mengapa jarang sekali orang China kena tipu. Mereka lebih senang memberikan kepercayaan pada keluarga sendiri. Tak heran di beberapa kios orang China yang menjadi kasir adalah anak mereka sendiri walau masih berusia anak-anak.

5. Mereka hidup dalam komunitas penuh motivasi

5 Prinsip sukses berbisnis ala orang China ini bisa kamu tiru

Orang-orang China sangat sadar untuk meraih kesuksesan dalam segala aspek kehidupan, harus ada dua hal penting, yaitu motivasi dan kemampuan. Jika membandingkan dan berkaca pada keluarga keturunan China, mereka memotivasi anak-anaknya untuk mencapai satu tujuan. Hal itu agar mereka mengerti untuk apa mereka melakukannya dan memiliki kemampuan dalam hal pengelolaan. Berbeda dengan keluarga etnis lain yang memotivasi anak mereka hanya sekadar mendapat reward atau hadiah.