Rumah merupakan kebutuhan primer yang diperlukan oleh manusia untuk bertahan hidup. Rumah juga merupakan suatu wadah atau bangunan yang berfungsi sebagai tempat tinggal selama jangka waktu tertentu. Rumah dapat menjadi tempat tinggal baik untuk manusia maupun hewan. Rumah berhubungan dengan konsep-konsep sosial-kemasyarakatan yang berinteraksi dalam bangunan tempat tinggal, seperti keluarga, hidup, makan, tidur, beraktivitas,dll.

Rumahku istanaku merupakan kata yang sering didengar di masyarakat. Sudah seharusnya kita merasa nyaman dan senang saat berada didalam rumah tinggal. Bayangkan saja apabila saat kita sudah lelah pulang kerja, yang kamu dapatkan adalah runagan didalam rumah yang sangat membosnkan, tanpa ada dekorasi maupun furnitur didalamnya. Maka dari itu, mari kita ciptakan suasana rumah yang hangat sehingga orang-orang yang tinggal didalamnya merasa aman dan nyaman.

Kesan hangat dan nyaman seringkali diminati oleh masyarakat dalam hal mendesain rumah tinggal. Penggunaan beberapa barang untuk mendesain ruangan seperti karpet dapat menambah kesan hangat dan lembut, serta menambah tekstur/motif pada sebuah ruangan. Memunculkan kesan hangat dan nyaman tidaklah susah. Berikut ini adalah beberapa tips mendekorasi rumah agar terasa nyaman dan hangat :

1. Perhatikan Hal Kecil yang Mendasar

Mau rumah terlihat hangat dan nyaman? Pakai tips ini nih

Kerapihan dalam penataan maupun pemilihan warna sering kali diabaikan oleh masyarakat. kamu harus memanfaatkan barang-barang lama seminimal mungkin. kamu dapat mendesain ulang barang bekas tersebut menjadi sesuatu yang baru untuk dekorasi sebuah ruangan. Misalnya seperti pot bunga dari bagian bawah botol,dll.

2. Pemilihan Warna

Mau rumah terlihat hangat dan nyaman? Pakai tips ini nih

Sumber : ivendi.ma

Kenali jenis dan aktivitas ruangan untuk memilih warna cat maupun furnitur pada ruangan tertentu. Seperti halnya ruang tidur yang berkarakter tenang dan rileks. Karakter ini cocok menggunakan warna yang tenang dan hangat seperti putih tulang, kuning muda, hijau muda, maupun biru muda. Berbeda dengan ruangan dapur yang harus merangsang pengguna ruangan untuk meningkatkan napsu makan, seperti warna kuning, hijau, dll.

3.Atur Tempat Duduk

Mau rumah terlihat hangat dan nyaman? Pakai tips ini nih
Sumber : ArsindoCiptaKarya

Menciptakan sebuah area duduk yang nyaman juga merupakan bagian yang penting dalam mendesain rumah yang hangat dan nyaman. Tambahkan aksesoris bantal-bantal empuk pada sofa kamu, gunakan sarung bantal dengan warna dan motif yang seirama dengan dinding dan lantai kamu.

4.Hiasi Lantai Dengan Permainan Corak

Mau rumah terlihat hangat dan nyaman? Pakai tips ini nih

Sumber : interioreschic.com

Kamu dapat melakukan sebuah kreasi dengan cara memberikan corak atau susunan pada lantai. Kamu juga dapat memadukan furnitur berwarna putih atau furnitur dengan bahan alami seperti kayu, bamboo, atau anyaman untuk menambah kesan hangat dan nyaman, serta menambah nilai estetika ruangan tersebut. Penggunaan karpet pada rumah tinggal juga dapat menambahkan kesan kekeluargaan yang hangat dan nyaman pada rumah tinggal. Letakkan karpet dibawah sofa ruang tamu atau ruang keluarga kamu, pilihlah warna karpet yang netral dan terbuat dari wool atau bludru.

5.Pilih Sudut Ruangan yang Baik Mau rumah terlihat hangat dan nyaman? Pakai tips ini nih
Kamu harus memikirkan area favorit keluarga kamu, di mana kamu bias melakukan berbagai aktivitas yang tidak terlalu berat disana, misalnya seperti membaca buku atau mendengarkan musik sambal menikmati seduhan teh maupun kopi. Ciptakan sudut ruangan yang kecil tetapi nyaman dengan cara menempatkan kursi atau sofa kecil favorit kamu dan dihiasi dengan foto keluarga ataupun figura berisi quotes yang dapat menyemangati hari-hari kamu. Biasanya pemilihan sudut ruangan ini terletak di dekat jendela atau balkon.

6.Permainan Warna untuk Aksen Ruangan

Mau rumah terlihat hangat dan nyaman? Pakai tips ini nih
Sumber : dokumentasi pribadi

Kamu dapat menggunakan beberapa warna hangat seperti kuning, oranye dan merah sebagai penambah kesan hangat dalam sebuah ruangan. Dipadukan dengan warna netral seperti putih dan hitam akan menjadikan aksen tersebut sebagai hal yang mencolok dan mengundang pelihat untuk melihatnya. Aksen dapat diperoleh di pigura, pot bunga, tanaman, dll

7. Pemakaian Tekstur Dalam Ruangan

Mau rumah terlihat hangat dan nyaman? Pakai tips ini nih

Sumber: wayfair.com

Apabila ingin membuat ruangan yang tenang tetapi tetap hangat, kamu bisa memakai tekstur kayu atau vinyl kayu baik yang berwarna terang maupun gelap sebagai lantai dari rumah tinggal. Lalu gunakan berbagai tekstur untuk furnitur seperti penggunaan sofa dengan tekstur bludru atau kulit, dan penggunaan kaca pada dinding juga dapat menambah kesan nyaman dan luas pada sebuah ruangan. Penggunaan dinding yang berwarna senada dengan lantai juga dapat menambah kesan hangat dalam sebuah ruangan. Bisa juga dengan menggunakan motif concrete.

8.Perpaduan Warna Hitam, Putih, Abu-abu dan Cokelat


Mau rumah terlihat hangat dan nyaman? Pakai tips ini nih
Gabungan warna hitam,putih,abu-abu dan cokelat pada dinding dengan tekstur kayu pada lantai akan membuat ruangan terkesan semakin hangat, ditamnbah lagi dengan pemilihan warna dan material yang tepat pada furnitur rumah.

9.Pemilihan Warna Lampu

Mau rumah terlihat hangat dan nyaman? Pakai tips ini nih

Gunakan lampu dengan warna warm white atau bisa disebut dengan warna putih yang sedikit kekuningan, sehingga mata penghuni rumah tidak terlalu sakit karena merasa terlalu terang. Penggunaan warna warm white sebagai lampu rumah, memberikan kesan yang harmonis sehingga penghuni merasa nyaman dan hangat didekatnya.

Nah, itulah tips-tips cara mendesain rumah agar dapat menciptakan rumah hunian yang hangat dan nyaman. Dengan memahami dan mengerti tips-tips mendesain, kalian dapat merealisasikan hal tersebut sesuai kebutuhan. Untuk mempermudah, kalian dapat menggunakan jasa desainer interior untuk mewujudkan rumah impianmu. Selamat mencoba!