Polusi udara, asap kendaraan, paparan sinar matahari membuat wajah kita menjadi kotor dan tentu saja menyumbat pori-pori wajah yang mengakibatkan wajah berjerawat. Tidak cukup hanya dengan mencuci wajah, maka untuk mendapatkan kulit yang bersih dan sehat kita bisa menggunakan bahan-bahan alami seperti beras dan kencur.

Dengan beras kencur kita bisa menghilangkan bahkan mengobati jerawat dengan membuat masker beras kencur.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat masker beras kencur adalah sebagai berikut :

1. Beras 2 sendok makan besar.

2. Dua ruas kencur.

3. Air matang secukupnya.

Cara membuat masker beras kencur :

Pertama rendam beras terlebih dahulu selama kurang lebih 1 jam. Cuci bersih kencur. Kemudian haluskan beras dan kencur serta masukan air matang secukupnya. Kemudian saring ke wadah yang bersih lalu diamkan beberapa saat sampai beras kencurnya mengendap.

Setelah mengendap buang airnya dan masker bisa digunakan. Masker beras kencur bisa bertahan selama kurang lebih seminggu jika disimpan di lemari pendingin. Untuk penggunaan masker bisa dipakai seminggu 2 kali dan untuk olesan pada jerawat bisa digunakan setiap hari sebelum tidur.

Manfaat dari masker beras kencur ini adalah

1. Beras mempunyai manfaat untuk memperkecil pori-pori, mencerahkan, memutihkan, regenerasi kulit, mengatasi jerawat, mengencangkan kulit, anti penuaan dini, menyamarkan noda, serta membuat kulit wajah menjadi lembut dan bebas minyak.

2. Kencur sendiri mengandung banyak zat baik yang berguna untuk kesehatan sekaligus kecantikan wajah, rasa hangat dari kencur bisa mengempeskan jerawat secara bertahap.

Tidak perlu perawatan yang mahal, dengan bahan-bahan alami kita bisa membuat wajah bebas dari jerawat.

Dalam mengatasi jerawat supaya tidak kembali muncul, kita harus bisa menjalani pola hidup sehat dengan menerapkan kebersihan. Terutama di malam hari sebaiknya tidak langsung tidur melainkan bersihkan dulu sisa make up di wajah kita.

Konsumsi banyak sayuran juga buah-buahan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan memerangi kuman juga bakteri penyebab jerawat.