Hubungan LDR - Long Distance Relationship itu memang susah-susah gampang. Ditambah lagi hubungannya sama orang kulit putih, ya beda bahasa, beda budaya, beda adat, beda semuanya. Hufft makin susah!

Tapi sesusah-susahnya, masih bisa diatur dengan baik. Pasti bisa.

Nah, berikut beberapa tips cara maintenance hubungan sama pasangan importberdasarkan pengalaman pribadi penulis, khusus untuk pembaca Brilio:


1.
Open minded.
Di luar negeri, sejak dari anak-anak itu sudah dipersiapkan untuk menjadi orang yang berwawasan luas dengan cara berdiskusi, mulai dari cara mendidik orang tuanya, cara si dia diperlakukan di sekolah, dalam pergaulan sehari-hari, dan dalam hampir tiap aspek kehidupannya.

Dengan ini, mereka secara tidak sadar juga memperlakukan kita seperti itu. Bakal ada banyak hal yang bisa di diskusikan asal kita betul-betul tidak menutup diri dengan berbagai topic, even taboo atau superstisious, apapun. Dan kita juga ga pernah tahu apa topik yang akan dibicarakan, jadi persiapkan diri.


2.Percaya dan mempercayai.
Percaya diri sendiri, kalau kita ga kalah menarik sama teman-temannya disana dan mempercayai kalau dia itu bisa dipercaya untuk sama-sama jaga hubungan kalian.

Kadang kita ngerasa inferior, karena kalah putih, kalah tinggi, kalah mancung, (atau kalah yang lainnya) sama temen-temennya di negeri sana, tapi sebetulnya ini adalah perasaan yang ga perlu dikhawatirkan. Selain itu, kalau cinta tidak bertepuk sebelah tangan, hal ini sangat penting dan perlu selalu dijaga.


3. Teasing each other.
Ini seru lohhh guys! Sudah cape kerja, macet parah, hujan deras, dan pasti masih tetep kangen sama si dia kan? Becandain ajaa! Lemesih shayyyy. Biar urat-urat tegangnya istirahat dulu, keganti sama otot-otot tawa. Pasti hubungan kalian juga makin berwarna dan seru.


4. Quality time.
Ini terutama buat yang punya rentang beda waktu yang jauh, misalnya Indonesia sama Amerika. Kita kan ga bisa se-intense dan bisa chat dia kapan saja, terus bisa langsung dibalas. Kan ga kan? Ini perjuangannya berlipat, jujur aja. Jadi, manfaatkan waktu sebaik mungkin kapanpun bisa.

Janjian dulu untuk stay di Skype atau WhatsApp, biar bisa melepas kerinduan buat lihat wajahnya, ketawanya, dan ekspresinya. Quality time ini bisa bahas hal-hal yang penting untuk hubungan kalian, relationship goals, visi misi pribadi yang harus di compare, mimpi-mimpi dan pencapaian yang akan dituju.

Jangan lupa untuk menyemangatinya dan kasih full support. Dari hal ini juga kalian bisa mengukur, apakah bisa hubungan ini berlanjut atau tidak.

Disclaimer:

1. Yang ditulis ini berdasarkan pengalaman pribadi penulis

2. Mohon maaf bila ada kesalahan, just write for me, I am welcoming you critique, suggestion for improvement