Bangkok merupakan ibukota negara Thailand yang juga dikenal sebagai Negeri Seribu Pagoda. Bangkok punya banyak banget tempat wisata cantik yang jadi tujuan turis mancanegara. Kalau kalian punya rencana liburan ke Bangkok, mending intip tips-nya dulu di sini!

1. Jalan kaki sekaligus olahraga.

5 Tips liburan nyaman dan hemat di Bangkok, Thailand

Jalan kaki jadi opsi yang paling murah dan sehat. Orang Bangkok sendiri sering jalan kaki ke mana-mana karena mereka sangat memanfaatkan kendaraan umum. Tenang aja, trotoar di Bangkok lebar dan bersih banget. Perjalanan kalian nggak akan terganggu dengan bau pesing ataupun sampah berserakan. Jembatan penyebrangan juga tersedia di setiap ruas jalan besar, jadi nggak perlu khawatir bakal kesulitan nyebrang, deh!

2. Keliling kota naik BMTA.

5 Tips liburan nyaman dan hemat di Bangkok, Thailand

Kalau capek jalan kaki, saatnya nyobain alternatif hemat kedua, yaitu naik BMTA (Bangkok Mass Transit Authority). BMTA cocok dicoba kalau kalian nggak buru-buru, karena jalanan Bangkok sering macet. Ada beberapa macam jenis bus yang ditandai dengan warna berbeda. Perbedaan tiap jenis dan tarif bus bisa dilihat di http://www.bmta.co.th/en/services, sementara jalur bus bisa di cek di http://www.bmta.co.th/en/bus-lines. Walaupun BMTA kelihatan bobrok dari luar, tapi dalamnya nyaman dan bersih banget, lho!

3. Butuh cepat? Cobain sensasi naik BTS!

5 Tips liburan nyaman dan hemat di Bangkok, Thailand

www.findthaiproperty.com

Nah, kalau kalian lagi buru-buru, bisa coba naik skytrain atau yang lebih sering disebut BTS (Bangkok Mass Transit System). Line BTS ada 2, yaitu Sukhumvit Line dan Silom Line. Lebih jelas tentang jalur BTS bisa dilihat di http://www.bts.co.th/customer/en/02-route-current_new.aspx. Untuk naik BTS, kalian harus jalan ke BTS station terdekat dan beli tiket ke BTS station tujuan kalian. Ada beberapa jenis tiket BTS yang bisa dipilih, ngeceknya bisa langsung ke http://www.bts.co.th/customer/en/01-ticket-type.aspx. Dengan BTS, kalian bisa sampai ke tempat tujuan dalam hitungan menit, lho!

4. Menyusuri sungai Chao Phraya pakai Long Boat.

5 Tips liburan nyaman dan hemat di Bangkok, Thailand

Sungai Chao Phraya yang membelah Kota Bangkok dari utara hingga ke selatan menjadikan long boat sebagai alternatif transportasi umum yang sering digunakan warga lokal untuk bepergian. Kalau kalian punya waktu seharian buat menyusuri Kota Bangkok, bisa banget nih coba naik long boat! Kalian tinggal datang ke boat pier terdekat dan menikmati sensasi jalan-jalan menyusuri sungai. Petugas akan selalu teriak buat ngasih tau kita udah sampai di pier mana, jadi siap-siap pasang telinga kalo nggak mau kelewat, ya!

5. Mau main seharian? Here are some fashion tips!

5 Tips liburan nyaman dan hemat di Bangkok, Thailand

Sama kayak kebanyakan negara di Asia Tenggara, temperatur dan kelembaban di Bangkok cukup tinggi. Usahain kalian pakai baju yang bahannya adem dan menyerap keringat. Sebaiknya kalian juga menghindari pakai heels atau wedges yang bakal bikin capek. Pakai aja sepatu yang hak-nya rendah atau tanpa hak, kayak sneakers atau flat shoesbiar kalian tetep nyaman meskipun jalan seharian.