Memiliki kulit wajah yang mulus merupakan impian semua orang, baik pria maupun wanita. Tapi bagi kebanyakan orang, sangat sulit untuk merealisasikan hal tersebut. Banyak kendala yang dihadapi, salah satunya adalah jerawat.

Lantas, bagaimana solusi alami agar jerawat tak kembali lagi?

1. Jaga kebersihan wajah

Ini merupakan hal umum yang juga menjadi poin penting pada setiap bahasan kulit berjerawat. Menjaga kebersihan wajah sangatlah penting. Perhatikan kebersihan barang yang sekiranya memiliki kontak langsung dengan wajahmu, sepertihandphone, sarung bantal, dan masker.

Jangan lupa untuk mencuci mukamu sebelum tidur dan setelah bangun tidur, serta setelah bepergian. Cuci tanganmu sebelum menyentuh area wajah, dan jangan pernah sentuh area berjerawatmu, karena akan memperparah jerawat.

2. Minum air putih

Ingatlah untuk mencukupi kebutuhan air dalam tubuh. Air putih merupakan elemen penting dalam tubuh. Air putih berfungsi untuk menjaga kita dari dehidrasi, menjaga kelembaban kulit, dan membantu proses detoksifikasi.

Konsumsi air putih yang cukup akan membantu kulit mengeluarkan racun dan kotoran melalui keringat yang dikeluarkan melalui pori-pori, sehingga kulit akan menjadi lebih bersih dan sehat.

3. Olahraga secara rutin

Olahraga membantu kita untuk melancarkan peredaran darah, membantu proses detoksifikasi dalam tubuh, dan meremajakan kulit. Hal ini karena olahraga dapat mengontrol hormon DHEA dan DHT yang menjadi pemicu timbulnya jerawat di kulit, terutama wajah.

Tidak perlu olahraga berat sepertipush up, olahraga ringan juga tidak masalah. Yang kamu butuhkan hanyalah konsisten dalam berolahraga.

4. Batasi asupan protein dalam tubuh

Mengkonsumsi protein memang baik bagi perkembangan tubuh, tapi tidak semua orang dapat mengkonsumsi protein. Bagi sebagian orang, protein dapat memicu timbulnya jerawat. Hal ini disebabkan karena makanan berprotein tinggi memiliki hormon yang merangsang kelenjar minyak dan menimbulkan jerawat.

5. Hindari stres

Semua orang memiliki masalahnya masing-masing, tapi jangan sampai masalah itu membuat kitastres ya.Stresberpotensi besar menimbulkan jerawat. Penelitian menyebutkan sel-sel yang memproduksi minyak (sebum) memiliki reseptor pada hormon stres. Jika seseorang sedang dalam kondisistres berat, maka sebum akan lebih cepat muncul dan terbentuklah jerawat.

6. Hindari tidur larut malam

Setiap orang pasti pernah melakukan hal ini. Tapi siapa sangka, ternyata begadang dapat memicu jerawat lho!

Malam hari merupakan waktunya tubuh untuk beristirahat, proses regenerasi dan proses pembuangan atau pengeluaran racun dari dalam tubuh (detoks). Jika dalam waktu tersebut Anda masih beraktifitas, maka waktu tubuh dalam melakukan tugasnya berkurang dan akan menyebabkan produksi minyak di wajah meningkat. Produksi minyak berlebih akan memicu timbulnya jerawat.

Untuk itu, biasakanlah untuk tidak tidur larut malam dan memiliki kualitas tidur yang baik.

7. Konsultasikan dengan ahlinya

Jangan pernah sekalipun mengaplikasikan berbagai produk ke wajah. Wajah merupakan area sensitif yang akan langsung bereaksi jika terkena dengan bahan-bahan yang tidak sesuai dengan kondisi kulit.

Jika kondisi kulitmu sudah sangat parah, datanglah ke dokter. Konsultasikanlah dengan dokter mengenai kondisi kulitmu.