Pernahkah Anda bertanya mengapa harga hidangan di restoran sangat mahal? Salah satu alasan yang menjadi penyebabnya adalah hadirnya para koki selebriti.

Jadi, terkadang para koki ini tidak hanyaberkutat dengan bahan makanan dan bumbu di dapur. Para koki ini juga muncul di tayangan televisi. Hal inilah yang membuat masakan menjadi mahal. Mereka menghargai makanan mereka tidak hanya dari rasa tetapi juga karena tampil bagus di depan televisi.

Bukan hanya memasak, pekerjaan para koki artis ini dimulai dari memasak, menjual buku, hingga pembawa acara TV. Bahkan sekarang ini koki-koki yang terkenal kekayaannya mengalahkan aktor atau artis. Berikut ini adalah koki artis terkaya yang ada di dunia.

1. Nigella Lawson - USD 15 juta

10 Koki selebriti dengan kekayaan yang fantastis, saingi artis-artis

Perkiraan kekayaannya adalah sekitar USD 15 juta atau setara dengan kurang lebih Rp 185 miliar. Koki satu ini dikenal bukan hanya sebagai koki yang pintar memasak saja akan tetapi juga jurnalis dan penulis dalam berbagai macam makanan. Setelah lulus dari Universitas Oxford, ia kemudian memulai berkarier dalam dunia kuliner dengan menulis berbagai macam kritik dan review masakan di banyak restoran. Dari sana dirinya mulai terkenal sebagai salah satu koki selebriti yang kekayaannya juga berada di jajaran atas koki dunia. Ditambah lagi ia punya acara TV pribadi bernama Nigella Bites, Nigella Feats, dan sekarang Nigella Express.

2. Paula Deen - USD 16 juta

10 Koki selebriti dengan kekayaan yang fantastis, saingi artis-artis

Memulai bisnis kulinernya dalam bentuk katering, Paula Deen sekarang adalah sosok koki yang kekayaannya dapat mengalahkan orang-orang kaya dalam dunia bisnis. Dimulai dari jasa katering, ia kemudian berhasil mendirikan restorannya sendiri bersama-sama dikelola dengan kedua anaknya.

Tidak hanya tekrenal sebagai sosok koki namun Paula Deen juga disebut-sebut adalah salah satu sosok koki selebriti saat ia menerima Emmy Award untuk kategori acara televisi memasak terbaik yaitu "Paula's Home Cooking". Perkiraan kekayannya adalah sektiar USD 16 juta atau setara dengan sekitar Rp 198 miliar.

3. Ina Garten - USD 44 juta

10 Koki selebriti dengan kekayaan yang fantastis, saingi artis-artis

Ina Garten mampu memasak dengan cara belajar sendiri. Ia memang berbakat dan dari bakat tersebut Garten mencapai kesuksesan. Mengawali karier dengan bekerja sebagai staf koki di Gedung Putih, ia memutuskan untuk membuka toko makanan dan merilis buku memasaknya sendiri hingga Garten sering tampil di beberapa acara televisi nasional.

Ia sempat memiliki acara memasak sendiri bertajuk Barefoot Contessa pada 2002. Kini kekayaannya mencapai USD 44 juta atau Rp 595 miliar.

4. Emeril Lagasse - USD 53 juta

10 Koki selebriti dengan kekayaan yang fantastis, saingi artis-artis

Perkiraan kekayaan yang dimilikinya adalah sekitar USD 53 juta atau setara dengan sekitar Rp 657 miliar. Koki yang terkenal dengan gaya perkataannya "BAM!" dan "Kick it up a notch!" ini merupakan salah satu koki yang sering tampil dalam berbagai acara televisi.Tidak hanya sebagai seorang koki, Emeril Lagasse juga adalah sosok bisnisman dengan perusahannya, Emeril Empire. Seperti kebanyakan orang terkaya di dunia, Emeril Lagasse adalah sosok orang sukes membangun kekayannya dari nol.

5. Rachael Ray - USD 60 juta

10 Koki selebriti dengan kekayaan yang fantastis, saingi artis-artis

Rachel Ray adalah Oprah Winfrey-nya acara memasak. Tidak hanya satu, kini Ray memiliki 4 acara memasaknya sendiri. Bahkan salah satu acaranya yang bernama Rachel Ray dan 30 Minutes Mealssukses mendapat penghargaan Daytime Emmy Award sebanyak 3 kali.

Kini kekayaannya mencapai USD 60 juta atau Rp 811 miliar lebih. Setiap tahun Ray mendapat USD 25 juta atau Rp 338 miliar dari setiap acara televisinya, penjualan bukunya dan kontraknya dengan berbagai sponsor.

6. Wolfgang Puck - USD 75 Juta

10 Koki selebriti dengan kekayaan yang fantastis, saingi artis-artis

Walaupun tidak memiliki acara memasaknya sendiri bukan berarti ia tidak bisa menjadi salah satu koki selebriti terkaya di dunia. Kini kekayaannya mencapai USD 75 juta atau Rp 1,01 triliun.

Kekayaannya berasal dari perusahaan kulinernya yang bernama Wolfgang Puck Company. Terdapat lebih dari 100 operasi kuliner, 25 di antaranya adalah restoran mewah.

7. Gordon Ramsay - USD 120 juta

10 Koki selebriti dengan kekayaan yang fantastis, saingi artis-artis

Sebenarnya karier utama yang dikejar Ramsay sejak masih muda bukanlah di dunia kuliner, melainkan sepakbola. Pada tahun 1984 Ramsay mengalami cidera parah saat sedang bermain sepak bola di Skotlandia.

Dari situ ia memutuskan tidak melanjutkan lagi karier sepak bola dan memilih untuk belajar Manajemen Hotel dan Restoran.Perkiraan kekayaan koki selebriti Gordon Ramsay adalah sekitar USD 120 juta atau setara dengan sekitar Rp 1,48 triliun.

8. Paul Bocuse - USD 185 juta

10 Koki selebriti dengan kekayaan yang fantastis, saingi artis-artis

Kekayaan Paul Bocuse dikatakan adalah sekitar USD 185 juta atau setara dengan sekitar Rp 2,29 triliun. Disebut-sebut Paul Bocuse adalah koki paling berpengaruh di Prancis. Restorannya l'Auberge du Pont de Collonges adalah restoran yang berhasil mempertahankan 3 Michelin star paling lama sejak pendiriannya.

Paul Bocuse bahkan memiliki Institut Paul Bocuse, di mana 12 universitas di dunia mengirimkan koki terbaiknya untuk melakukan pelatihan intensif di institusi tersebut. Di sana para koki terbaik itu akan mempelajari berbagai macam teknik maupun berbagai ragam masakan Prancis.

9. Jamie Oliver - USD 400 juta

10 Koki selebriti dengan kekayaan yang fantastis, saingi artis-artis

Perkiraan kekayaannya adalah sekitar USD 400 juta atau setara dengan sekitar Rp 4,96 triliun. Koki yang terkenal akan julukan "The Naked Chef" ini terkenal sebagai salah satu koki selebritis berkat TV Show yang dibawakannya. Jamie Oliver juga menganjurkan cara memasak yang baik agar setiap orang memiliki kebiasaan untuk membuat masakan yang sehat dan praktis.

Seperti kebanyakan koki terkaya di dunia, kekayaannya tidak hanya ia dapatkan dari saat ia menjadi selebritis koki tapi juga dari 20 restorannya yang tersebar di Australia, Dubai dan United Kingdom. Sebagai tambahan ia juga telah mempublikasikan berbagai macam buku resep dari acara TV-nya.

10. Alan Wong - USD 1,1 miliar

10 Koki selebriti dengan kekayaan yang fantastis, saingi artis-artis

USD 1,1 miliar atau setara dengan sekitar Rp 13,64 triliun. Itu adalah perkiraan kekayaan dari koki paling kaya di dunia, yaitu Alan Wong. Dirinya merupakan pendiri dari Hawaiian Regional Cuisine (HRC), yakni sebuah kelompok yang menunjuk ke 12 koki ahli untuk menciptakan makanan inovatic bergaya Hawaii. Dimulai di tahun 1991 , Allan Wong bersama dengan 12 koki lainnya berkolaborasi untuk menciptakan sebuah masakan baru dari berbagai macam bahan makanan segar dari 8 pulau yang terletak di Hawaii. Berkat dirinya, menu masakan Hawaii telah menjadi salah satu menu masakan paling populer.

Allan Wong pernah muncul menjadi salah satu juri dalam final acara TV ternama Master Chef musim ke-2. Jika ini masih kurang, Allan wong juga adalah koki yang memasak untuk Barrack Obama di White House.