Seperti dalam sebuah dongeng, desa Houtouwan di Pulau Shengshan yang merupakan bagian dari kepulauan Shengsi di lepas pantai timur China, baru-baru ini menjadi salah satu hotspot perjalanan yang tidak biasa. Selain karena pemandangan alamnya, di tempat ini kamu juga akan melihat bagaimana sebuah desa terlantar menjadi begitu menakjubkan saat alam sudah mengambil alih.

Dulunya, Houtouwan pernah menjadi desa nelayan yang makmur dengan populasi penduduk tahun 1980an yang berjumlah lebih dari 3.000 orang. Namun, karena lokasinya yang terpencil dan sulit diakses, maka penghuninya mulai pindah pada tahun 90an.

1. Seperti desa berhantu yang kini banyak didatangi oleh turis.

Desa yang terlupakan ini jadi lokasi wisata populer di China

Houtouwan menjadi terkenal di kalanganwarganet China pada tahun 2015 ketika serangkaian foto-foto mempesona dari desa terabaikan tersebut viral.

2. Pendakian Houtouwan.

Desa yang terlupakan ini jadi lokasi wisata populer di China

Saat ini, pengunjung sudah bisa dengan mudah mendaki desa berbukit tersebut karena tanda-tanda dan arahan telah dipasang di luar rumah-rumah kosong desa Houtouwan. Hal ini tentu saja memberikan kenyamanan bagi pengunjung sehingga hal terburuk yang mungkin saja terjadi akibat struktur bangunan yang menua bisa dihindari.

3. Tempat wisata akhir pekan yang terkenal di Shanghai.

Desa yang terlupakan ini jadi lokasi wisata populer di China

Jarak kepulauan Shengsi adalah sekitar 40 mil dari Shanghai. Dengan lebih dari 400 pulau kecil, makanya tak heran bila kepulauan ini menjadi lokasi wisata populer di Shanghai. Shengshan juga adalah pulau paling timur dan bersama dengan pulau Gouqi terkenal dengan makanan lautnya. Ini tentu saja menguntungkan bagi para peternakan ikan di China.

4. Bagaimana menuju ke sana?

Desa yang terlupakan ini jadi lokasi wisata populer di China

Waktu terbaik untuk mengunjungi desa ini adalah saat musim panas. Untuk sampai ke desa Houtouwan memang tidak bisa dikatakan mudah karena hanya jasa kapal feri dengan rute Tiongkok-Pulau Gouji yang bisa digunakan untuk bisa membawa kita ke sana. Biasanya, hanya satu ada satu feri saja yang berangkat setiap hari dari dermaga Shenjiawan Shanghai dan Zhoushan Shenjiamen Banshengdong Dock. Perjalanan memakan waktu sekitar tiga jam dan akan turun di pulau Gouqi. Dari Gouqi, kamu masih harus menaiki taksi agar bisa sampai ke Houtouwan.