×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ketahui 4 penyebab kamu tidak percaya diri dan cara mengatasinya

0

Kepribadian

Ketahui 4 penyebab kamu tidak percaya diri dan cara mengatasinya

Foto: cdn-cas.orami.co.id/parenting/images/artikel_hero26_7.original.jpegquality-90.jpg

Semua orang punya kelebihan dan kekurangan. Teruslah bersyukur dan makin percaya pada diri sendiri untuk melakukan hal apa pun yang kamu inginkan

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Minanda Fitri

09 / 05 / 2020 16:07

Pada kesempatan kali akan dibahas mengenai self confidence atau rasa percaya diri. Mungkin beberapa dari kamu dapat menyadari hal tersebut dan segera mencoba untuk menanganinya. Tetapi banyak juga orang yang sulit untuk percaya pada dirinya sendiri dan tetap menajalani hal tersebut dalam diam. Hal itu akan membuatmu berakhir dengan selalu ketinggalan ataupun terbelakang dibandingkan orang-orang yang mempunyai rasa percaya diri.

Nah, berikut ini merupakan beberapa sebab kenapa banyak sekali orang yang merasa minder dengan dirinya sendiri alias nggak percaya diri.

1. Terlalu memikirkan ucapan orang lain.

Yang pertama ini sudah umum banget. Masih banyak orang yang terlalu bergantung dengan ucapan orang lain dan nggak yakin dengan diri sendiri. Ia pun merasa opini orang lain lebih tepat.

2. Kurang bersosialisasi.

Loading...

Kamu nggak selalu berada di posisi belakang dan terpojok. Ada saatnya kamu harus maju untuk berbicara dan itu memerlukan kepercayaan diri. Apalagi untuk orang yang antisosial, maka akan merasa sangat sulit untuk membangun keyakinan dalam diri sendiri.

3. Berpikiran negatif.

Biasanya orang yang nggak percaya diri pikirannya selalu buruk. Ia sudah merasa kalah sebelum mencoba dan merasa sudah pasti tidak akan bisa. Mulai sekarang buang semua pikiran negatif kamu.

4. Minder.

Insecure merupakan kata yang sering sekali digunakan di zaman sekarang. Orang yang percaya diri sekalipun pasti ada saatnya merasa minder. Memang sulit untuk menghilangkan rasa minder, tapi kalau ada usaha dan terus melihat ke depan pasti akan hilang dengan sendirinya.

Itu empat sebab yang membuatmu tidak percaya diri. Memprioritaskan rasa percaya diri itu penting. Dari sana kamu bisa terus berjalan lancar ke depan karena yakin pada dirimu sendiri dan tak peduli dengan ocehan orang lain.

Sebelum masuk pada pembahasan mengenai motivasi yang dibutuhkan saat ingin menciptakan rasa percaya diri, saya akan menjelaskan apa sebenarnya percaya diri itu. Kepercayaan diri atau self confidence adalah bentuk keyakinan dan penilaian terhadap diri sendiri dalam melakukan berbagai hal di lingkup sosial, membentuk dirimu menjadi objektif, optimis, dan kreatif. Jadi, kamu bisa mengenal dirimu sendiri lewat rasa ini. Jadi, selalu tanam rasa percaya diri ini di mana pun kamu berada.

Berikut ini merupakan empat motivasi untuk menumbuhkan rasa percaya dirimu.

1. Jangan pernah merasa gagal.

Nggak mungkin kan sekali dayung dua pulau terlampui? Nah begitu juga dengan ini. Jangan pernah merasa gagal dengan apa yang kamu buat walaupun itu dipandang remeh oleh orang-orang. Anggap saja itu sebagai pendukungmu untuk melakukan hal yang lebih baik lagi. Ingat, kegagalan merupakan jalan menuju sukses. Kalau kamu nggak kehilangan rasa percaya diri, dijamin kegagalan itu bakal berubah kata menjadi keberhasilan. 

2. Jadilah diri sendiri.

Untuk lebih membangkit rasa percaya dirimu butuh yang namanya memahami diri sendiri. Jangan berusaha menjadi orang lain yang kamu jadikan bahu untuk bersosialisasi. Jadilah diri sendiri dan keluarkan sikap yang menjadi jati diri kamu yang sebenarnya.

3. Selalu berpikir positif.

Ini yang paling penting. Dengan berpikir positif semua hal yang baik akan berpihak padamu dan akan lebih meninggikan rasa percaya dirimu. Buat semua hal jadi bermanfaat dan selalu berpikir jernih, ya.

4. Jangan enggan bertanya.

Kamu nggak mungkin mengetahui semua hal secara otomatis. Pasti ada orang yang kamu jadikan penyangga untuk sukses sebelum kamu maju dan sudah merasa percaya diri tapi masih ragu dengan beberapa hal. Jangan segan untuk bertanya. Hal itu penting banget untuk ke depannya dan juga untuk memperluas wawasan. Semakin mengetahui banyak hal, kamu akan semakin yakin pula terhadap dirimu sendiri.

Itulah beberapa saran dari saya untuk kamu yang masih merasa minder dan sering membandingkan diri dengan orang lain. Yang perlu diingat bahwa kamu tidak akan pernah merasa pantas jika terus berdiri dan merasa kurang dari orang-orang. Semua orang punya kelebihan dan kekurangan, belum tentu yang merasa hebat sudah sempurna. Jadi, jangan lupa bersyukur dan semakin percaya pada diri sendiri untuk melakukan hal apa pun yang kamu inginkan. Semoga bermanfaat, ya. Terima kasih.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red