×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Kenali arti 5 jerawat pada wajah dan cara mengatasinya

0

Kesehatan

Kenali arti 5 jerawat pada wajah dan cara mengatasinya

Sembuhkan jerawat di wajahmu dengan mengetahui penyebabnya.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Rahma Utama

07 / 10 / 2019 13:46

Jerawat merupakan masalah kulit yang tidak hanya menjadi persoalan bagi perempuan, tetapi juga untuk laki laki, muda maupun tua. Apalagi jika jerawat tersebut adalah jerawat menahun dan menimbulkan bekas di kulit, maka akan lebih sulit lagi untuk menghilangkannya. 

Setiap orang pasti ingin tampil percaya diri dan bebas dari jerawat. Oleh karena itu banyak sekali cara yang mereka lakukan untuk menghilangkan jerawat, mulai dari penggunaan skincare atau produk perawatan kulit, olahraga, laser, sampai dengan operasi dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bagi sebagian orang yang memiliki budget atau penghasilan lebih tentunya konsultasi dengan dokter kecantikan merupakan pilihan yang sangat dianjurkan sehingga dokter tersebut dapat merekomendasikan penggunaan skincare yang tepat untukmu sehingga jerawatmu pun akhirnya sembuh.

Nah, bagaimana dengan kamu yang memiliki budget pas pasan? Apakah kamu tidak berhak untuk bebas dari jerawat? Tentu saja tidak! Sekarang ini banyak sekali tutorial atau artikel yang dibuat di media cetak maupun online untuk menyembuhkan jerawat menggunakan skincare dengan budget pas pasan. 

Namun pernahkan kamu berpikir jika apa pun skincare yang digunakan sebelumnya tidak pernah berhasil atau nothing works for your skin dikarenakan kamu tidak mengetahui apa penyebab utama jerawat itu timbul di bagian tertentu di wajahmu?  

Loading...

Untuk itu mari kita kenali bersama, apa sih arti jerawat yang terdapat di wajah dan bagaimana cara mengatasinya?

1. Jerawat di dahi.

jerawat

Foto: Unsplash 

Jika kamu sering mengalami jerawatan di dahi, berarti ada kemungkinan sistem pencernaanmu sedang terganggu. Ubahlah gaya hidupmu dengan meminimalkan makan makanan cepat saji ataupun berlemak dan lebih banyak mengonsumsi makanan sehat dan mengandung serat seperti buah buahan dan sayur sayuran, contohnya brokoli, wortel, buncis, dan lain sebagainya.

Penyebab lainnya adalah karena shampo yang kamu gunakan tidak cocok, terutama yang memiliki masalah ketombe. Cobalah meriset sendiri shampo apa yang paling baik untuk kulit rambutmu dan yang tidak mengandung bahan yang dapat menimbulkan jerawat seperti fatty acid dan oils (kecuali mineral oil atau baby oil, squalane oil, MCT oil).

So, untuk kamu yang memiliki jerawat di dahi usahakan jangan memakai poni dulu sebelum jerawat itu kamu sembuhkan. Bisa jadi nanti dapat memperparah keadaan jerawatmu loh! 

2. Jerawat di sekitar mata.

jerawat

Foto: Unsplash

Rajin rajinlah minum air karena jika kamu memiliki jerawat di sekitar area mata, besar kemungkinan ginjalmu sedang tidak sehat. Banyaklah mengonsumsi buah-buahan yang mengandung air seperti semangka, melon, timun, dan lain sebagainya. 

Cukupi kebutuhan airmu dengan meminum air putih minimal 8 gelas per hari. Jika kamu merupakan tipe orang yang pelupa, banyak kok sekarang berbagai aplikasi handphone pengingat atau water alarm yang tersedia di play store dan apple store.

3. Jerawat di pipi.

jerawat

Foto: Unsplash

Jagalah kesehatan mulutmu jika tidak ingin memiliki masalah jerawat di area pipi. Masalah mulut yang menjadi penyebab timbulnya jerawat di daerah ini misalnya adalah sariawan. 

Memang sakit rasanya jika digunakan makan apa pun saat sedang timbul sariawan di mulut. Apalagi saat waktunya menggosok gigi, semua area mulut terasa ngilu karena pasta gigi atau gerakan menggosok gigi yang menyenggol area luka sariawan.

Namun jika kamu tidak menggosok gigi, kesehatan mulutmu pun akan semakin buruk dan sariawanmu akan lebih lama untuk sembuh sehingga jerawat di pipi pun akan semakin betah. Usahakan juga memilih pasta gigi yang tepat untuk kesehatan gigi dan mulutmu. Untuk gigi sensitif gunakanlah pasta gigi yang juga diperuntukkan bagi gigi sensitif. 

4. Jerawat di hidung.

Kenali arti 5 jerawat pada wajah dan cara mengatasinya

Foto: Unsplash

Untuk yang satu ini pasti banyak yang mengalaminya, yakni jerawat di hidung. Bukan tanpa sebab karena area ini memang cenderung berminyak, apalagi saat kamu banyak melakukan kegiatan outdoor atau di luar ruangan di bawah terik matahari menyengat. Usahakan membersihkan wajah dengan teratur karena sinar matahari yang membuatmu berkeringat dan tidak segera dibersihkan akan menimbulkan jerawat.

Jerawat di hidung bisa berarti jantungmu sedang dalam keadaan yang kurang baik, maka rajin rajinlah berolahraga untuk mengeluarkan keringat atau minyak berlebih yang terdapat dalam kulit. Olahraga yang dimaksud tidak harus berat seperti lari marathon atau angkat besi. Kamu juga dapat melakukan yoga dan melatih kelenturan badanmu di rumah.

5. Jerawat di dagu.

jerawat

Foto: Unsplash 

Jerawat di dagu menandakan kadar hormonmu yang sedang tidak stabil atau naik turun karena pengaruh haid atau menstruasi pada wanita. Ini artinya hormon androgenmu sedang memproduksi kelenjar minyak secara berlebih.

Oleh karena itu butuh kesabaran untuk menyembuhkannya. Kamu dianjurkan menunggu sampai masa haidmu selesai lalu keadaan kulitmu di daerah dagu akan lebih stabil. Tips untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan kertas minyak atau paper oil khusus wajah untuk menghilangkan minyak di wajah, khususnya daerah dagu. Serta berolahraga teratur dan menghindari makanan yang akan memproduksi minyak berlebih seperti gorengan.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red