Dalam kehidupan sehari-hari, manusia pasti menghasilkan sesuatu yang disebut sampah. Di mana pun manusia berada, pasti di situ ada sampah. Salah satunya di dalam rumah. Jika ada sampah, ada benarnya sampah tersebut dibersihkan agar rumah nyaman ditempati dan terhindar dari berbagai penyakit.

Nah, kenali berbagaijenis sampah yang ada di dalam rumah agar kamu nggak salah dalam menanganinya.

1. Sampah organik.

Sampah organik adalah sampah yang bisa membusuk dengan sendirinya. Seperti daun-daunan pembungkus makanan, isi buah, dan kulit jagung adalah contohnya. Jenis sampah ini dapat dijadikan pupuk kompos atau bisa ditimbun di halaman rumah untuk menyuburkan tanah.

2. Sampah berbahaya.

Mengapa berbahaya? Karena bisa saja terjadi ledakan saat dibuang sembarangan. Contohnya seperti botol kaleng pengharum ruangan, baterai bekas, dan barang elektronik. Jenis sampah ini lebih baik disimpan di tempat khusus atau dibuang ke tempat pembuangan akhir sampah agar dikelola dengan aman. Intinya jangan sampai dibuang sembarangan, apalagi sampai dibakar di halaman rumah.Jangan!

3. Sampah plastik, kaca, dan logam.

Perlu diketahui bahwa jenis sampah ini tidak bisa membusuk dengan sendirinya. Maka cara terbaik mengelola sampah ini adalah dengan mendaur ulang. Jangan ditimbun karena akan mencemari tanah.

Itulah jenis-jenis sampah sekaligus cara pengelolaannya. Meskipun disebut sampah, tetap akan memiliki nilai guna jika kita pintar dalam mengelolanya. Stay clean and happy, ya!