×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Kanker darah bisa terjadi pada siapapun, waspada dan kenali gejalanya

0

Kesehatan

Kanker darah bisa terjadi pada siapapun, waspada dan kenali gejalanya

Yuk, kenali gejala yang ditimbulkan oleh kanker darah dan cegah dengan cara hidup sehat.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Ndoro Yudhi

14 / 02 / 2019 11:20

Beberapa waktu lalu kabar mengejutkan datang dari presiden ke-6 Republik Indonesia, Susilo Bambang Yodoyono (SBY). Istri SBY, Ani Yodoyono tengah mengidap penyakit kanker darah. Karena sakitnya, Ani harus menjalani perawatan di National University Hospital Singapura.

Kanker darah adalah pertumbuhan sel-sel yang tidak terkendali dari sel-sel darah. Pada umumnya sel akan mengikuti pertumbuhan yang teratur seperti membelah dan mati secara otomatis. Namun, pada sel kanker darah tidak bisa mati secara otomatis. Karena tidak bisa mati secara otomatis, maka sel ini akan menyebar ke daerah lain dan menekan sel darah normal serta menghambat fungsinya.

Banyak yang bertanya-tanya, apa bedanya kanker darah dengan leukimia. Kenker darah atau dalam bahasa ilmiahnya disebut kanker hematologi merupakan jenis kanker yang memengaruhi produksi dan fungsi sel. Sel kanker menghambat sel darah normal menjalankan fungsinya.

Lalu apa itu leukimia? Leukimia merupakan jenis dari kanker darah. Leukimia juga disebut sel kanker darah putih. Disebut demikian karena sel kanker akan menghentikan sel darah putih. Sel darah putih sendiri berfungsi untuk melawan infeksi.

Orang yang menderita leukimia sumsum tulangnya tidak bisa memproduksi sel-sel darah merah yang cukup dan trombosit untuk memasok kebutuhan tubuh. Leukimia sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu leukimia akut dan leukimia kronis. Jenis leukimia kronis sangat berbahaya dan sulit untuk diobati.

Loading...

Seseorang yang terjangkit leukimia bisanya mengalami gejala seperti anemia, darah sukar membeku, sering mengalami mimisan dan gusi berdarah serta memar, sering terkena infeksi, mengalami nyeri pada persendian dan tulang belakang. Selain itu, gejala lainya adalah sakit kepala yang intens.

Resiko terkena leukimia terjadi karena adanya penyakit keturunan gangguan pada imun tubuh, memiliki seorang saudara kandung atau kembaran dengan leukemia, riwayat paparan radiasi, kemoterapi, benzena dengan takaran yang tinggi, serta riwayat pada sistem imun seperti transplantasi organ.

Agar kamu terhindar dari resiko terkena kanker darah sebaiknya lakukan beberapa hal seperti berolahraga secara teratur, disiplin mengikuti gaya hidup sehat, hindari herbisida, pestisida, dan insektisida. Hindari juga paparan radiasi serta makan makanan sehat dan minum banyak air. Intinya, dengan menerapkan pola hidup sehat, maka risiko terkena penyakit bisa diminimalisir.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red