×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Jarang diketahui, 7 artefak kuno ini bernilai sejarah tinggi

0

News

Jarang diketahui, 7 artefak kuno ini bernilai sejarah tinggi

Di antaranya ada "Palu Thor", botol bayi, dan berbagai artefak unik lainnya.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Istimrora Raka

06 / 03 / 2019 14:59

Tidak diragukan lagi ada jutaan artefak luar biasa dari dunia kuno yang telah membantu menjelaskan kehidupan nenek moyang kita sejak ribuan tahun yang lalu. Beberapa di antaranya bahkan terasa sangat menonjol karena keunikan, intrik, atau kemampuan dari artefak-artefak ini dalam memperluas pengetahuan kita tentang aspek-aspek sejarah yang sebelumnya tidak diketahui. Berikut beberapa artefak dari dunia kuno yang kurang dikenal tetapi ternyata memiliki nilai sejarah yang luar biasa.

1. Thor’s Hammer (900 Masehi, Denmark).

Thor's Hammer

Penemuan artefak Viking abad ke-10 yang menyerupai Palu Thor atau Mjollnir ini telah memecahkan misteri jangka panjang yang melingkupi lebih dari 1.000 jimat kuno yang ditemukan di seluruh Eropa Utara. Relik-relik itu, yang dikenal sebagai jimat Mjöllnir, oleh para sejarawan dikaitkan dengan dewa petir mitologi Nordik, Thor. Namun, hal ini tidak dapat disimpulkan dengan pasti karena bentuknya tidak konklusif, dan tidak ada dari artefak ini yang memuat tulisan yang mengungkapkan identitas pastinya.

Namun awal tahun ini, liontin lain yang serupa ditemukan di Købelev, di Pulau Lolland, Denmark, yang memuat tulisan rahasia "this is hammer". Liontin ini dibuat dengan perunggu, dan kemungkinan dilapisi dengan perak, timah, dan emas. Liontin berusia 1.100 tahun itu menunjukkan bahwa mitologi Thor sangat memengaruhi perhiasan dan relik bangsa Viking.

Loading...

 

2. The Quipu of Qaral (3000 SM, Peru).

The Quipu od Caral

Kota Suci Caral adalah kota metropolis berusia 5.000 tahun yang mewakili peradaban tertua di Amerika yang dikenal sebagai Norte Chico. Di antara banyak artefak luar biasa yang ditemukan di situs tersebut, para arkeolog menemukan segmen tali yang diikat yang dikenal sebagai quipu.

Quipus yang kadang-kadang disebut 'talking knot' adalah alat perekam yang terdiri dari benang berwarna, pintal, dan benang yang diikat dari rambut llama atau alpaka, atau terbuat dari tali kapas. Diketahui bahwa pada saat zaman Inca, system ini membantu dalam mengumpulkan data dan menyimpan catatan, mulai dari pemantauan kewajiban pajak, pengumpulan catatan sensus yang benar, informasi kalender, dan organisasi militer. Tali berisi nilai-nilai numerik dan lainnya dikodekan oleh knot dalam sistem posisi sepuluh basis.

 

3. Terracota Baby Bottle, Toy, and Rattle All in One (400 SM, Italia).

Terracotta Baby Bottle

Tahun lalu, para arkeolog di Italia menemukan botol bayi terakota berusia 2.400 tahun yang juga berfungsi ganda sebagai mainan berbentuk babi. Artefak unik ini adalah salah satu dari beberapa benda langka yang ditemukan di Manduria, ketika pekerjaan konstruksinya mengekspos makam Messapian. Relik ini dikenal sebagai guttus, yaitu pembuluh darah dengan mulut atau leher sempit tempat cairan dicurahkan. Ini digunakan untuk anggur dan minuman lainnya, tetapi dalam kasus ini guttus digunakan untuk memberi makan bayi atau anak kecil. Uniknya, guttus ini juga berbentuk seperti babi dengan telinga lancip dan mata seperti manusia.

 

4. The Nebra Sky Disc (1600 SM, Jerman).

The Nebra Sky Disc

Nebra Sky Disc adalah piringan perunggu berusia 3.600 tahun yang dianggap sebagai penemuan yang sungguh luar biasa sehingga awalnya sempat diyakini sebagai pemalsuan arkeologis. Namun analisis ilmiah terperinci mengungkapkan bahwa artefak ini memang asli dan sekarang termasuk dalam daftar UNESCO Memory of the World.

Nebra Sky Disc ditemukan di Hutan Ziegelroda, Saxony-Anhalt, Jerman. Benda itu secara ritual dikubur di dalam kandang prasejarah di atas bukit (Mittelberg), bersama dengan dua pedang berharga, dua kapak, dua cincin lengan spiral dan satu pahat perunggu. Cakram berdiameter sekitar 30 cm, beratnya 2,2 kg, dan dihiasi dengan patina biru-hijau dan bertatahkan simbol emas. Benda ini umumnya ditafsirkan sebagai matahari, bulan purnama, bulan sabit, dan bintang-bintang (termasuk sebuah kelompok yang diartikan sebagai Pleiades). Dua busur emas di sepanjang sisinya ditambahkan kemudian. Kedua busur tersebut menjangkau sudut 82°, yang menunjukkan sudut antara posisi matahari terbenam di musim panas dan titik balik matahari musim dingin di garis lintang Mittelberg (51° N). Ditambah lagi dengan busur lain di bagian bawah yang dikelilingi dengan beberapa goresan yang tidak pasti.

 

5. The Trundholm Sun Chariot (1700 – 500 SM, Denmark).

The Trundholm Sun Chariot

Trundholm Sun 'Chariot' adalah artefak perunggu dan emas yang ditarik keluar dari rawa di Pulau Sjælland, Denmark pada tahun 1902. Meskipun artefak ini dikatakan milik Zaman Perunggu Nordic (sekitar 1700-500 SM), tetapi usia sebenarnya masih belum pasti. 'Kereta' ini terdiri dari kuda perunggu, piringan perunggu dengan lembaran tipis emas yang ditekan di satu sisi, dan 6 roda empat palang yang terbuat dari perunggu.

Selain sebagai objek ritual, artefak ini mungkin juga berfungsi sebagai kalender. Teori ini dikemukakan oleh Klaus Randsborg, seorang profesor arkeologi di University of Copenhagen, yang menjelaskan bahwa sisi keemasan yang menggambarkan siang ini memiliki dimensi yang terkait dengan sepertiga dari kalender Matahari (Solar Calendar), sedangkan bagian sisi malam dari lingkaran konsentris pusat besar ini memiliki dimensi yang terkait dengan enam bulan kalender Bulan Lunar Calendar. Oleh karena itu ia menyimpulkan bahwa "rujukannya adalah kalender Matahari pada sisi siang, dan kalender Bulan pada sisi malam Sun Chariot, yang tampaknya merupakan perhitungan yang sempurna".

 

6. The James Ossuary (Abad ke-1 Masehi, Israel).

The James Ossuary

James Ossuary diyakini oleh beberapa orang sebagai salah satu artefak Alkitab yang paling berharga sepanjang masa karena kotak batu kapur ini dikatakan menyimpan tulang-tulang saudara lelaki Yesus yang diakui dan jika terbukti benar, akan menjadi hubungan fisik pertama dengan Yesus.

Kotak pemakaman abad pertama Masehi ini berisi sebuah prasasti Aram yang bertuliskan "Yakobus, putra Yusuf, saudara Yesus". Kotak ini diukir dari sepotong batu kapur yang merupakan tipikal kotak penguburan yang digunakan oleh orang-orang Yahudi di Palestina pada abad pertama. Pada masa itu, mayat ditinggalkan di gua selama setahun sebelum tulangnya dikumpulkan dan dimasukkan ke dalam kotak. Kotak batu kapur ini telah menjadi pusat kasus pemalsuan paling kontroversial dalam beberapa dekade.

 

7. The Ubaid Lizard (5000 SM, Irak).

The Ubaid Lizard

Pada awal abad ke-20, para arkeolog menggali di situs arkeologi Tell Al'Ubaid di Irak ketika mereka menemukan sesuatu yang tidak biasa. Banyak artefak berusia 7.000 tahun yang menggambarkan sosok humanoid, namun dengan karakteristik seperti kadal, termasuk kepala yang panjang, mata berbentuk almond, wajah meruncing panjang dan hidung khas kadal. Beberapa tampak mengenakan helm dan memiliki semacam bantalan di pundaknya. Patung-patung lain ditemukan memegang tongkat atau tongkat kerajaan, mungkin sebagai simbol keadilan dan hukum. Figur jantan dan betina ditemukan dalam postur yang berbeda, tetapi yang paling aneh dari semua itu adalah figur wanita yang menggendong bayi serta menyusuinya, dan anak itu juga humanoid yang mirip kadal.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red