×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Jangan takut, ini 5 manfaat mendonorkan darah bagi pendonor

0

Kesehatan

Jangan takut, ini 5 manfaat mendonorkan darah bagi pendonor

Selain penting untuk menyelamatkan nyawa orang lain, mendonorkan darah ternyata juga bermanfaat bagi pendonor.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Dadang Supena

05 / 07 / 2019 14:06

Banyak masayarakat yang takut untuk mendonorkan darahnya dengan alasan takut jarum suntik atau takut terkena penyakit menular. Hal ini tentunya menyebabkan stok darah untuk PMI menjadi berkurang, padahal proses pendonoran darah sangatlah aman.

Jika masyarakat tahu akan manfaat donor darah bagi kesehatan, pastilah mereka tidak akan segan untuk memberikan darahnya. Untuk itu mari kita ketahui apa saja manfaat donor darah bagi kesehatan yang jarang di ketahui oleh banyak orang.

1. Menjaga kesehatan jantung.

Jangan takut, ini 5 manfaat mendonorkan darah bagi pendonor

Sumber : https://rheumapas.com/gejala-serangan-jantung-ringan/

Loading...

Ternyata dengan donor darah dapat membantu menjaga kesehatan pada jantung. Jika kamu memiliki kadar zat besi dalam darah yang terlalu berlebihan, maka sangat berbahaya. Karena hal ini bisa menyebabkan oksidasi kolestrol yang mana oksidasi tersebut bisa menumpuk pada dinding arteri sehingga dapat memicu serangan jantung. Maka dari itu dengan mendonorkan darah dapat menstabilkan jumlah zat besi dalam darah dan tentunya dapat mencegah penyakit jantung.

2. Menurunkan risiko kanker.

Jangan takut, ini 5 manfaat mendonorkan darah bagi pendonor

Sumber : https://lingshenyao.id/pencegahan-kanker-serviks/

Pada sebuah studi di tahun 2008 telah menemukan bahwa telah terjadi penurunan kecil dalam risiko kanker bagi mereka yang rutin menyumbangkan darahnya. Kanker tersebut adalah kanker yang terkait dengan tingkat zat besi yang tinggi, seperti kanker hati, kanker paru, usus besar, perut, dan kerongkongan.

3. Mendeteksi penyakit.

Jangan takut, ini 5 manfaat mendonorkan darah bagi pendonor

Sumber : https://lingshenyao.id/

Sebelum melakukan pendonoran darah, kamu akan diperiksa terlebih dahulu. Kamu akan diperiksa dari berbagai macam penyakit seperti Hepatitis, malaria, HIV, dan masih banyak lagi. Hal ini sangat penting karena untuk mengantisipasi supaya tidak ada penyakit yang menular lewat transfusi darah. Sisi baik bagi pendonor adalah dapat mengecek kesehatan secara gratis sekaligus mengetahui kondisi kesehatan secara langsung.

4. Membantu menurunkan berat badan.

Jangan takut, ini 5 manfaat mendonorkan darah bagi pendonor

Sumber : https://rheumapas.com/

Jika kamu adalah salah satu dari mereka yang sedang berencana untuk menurunkan badan, maka dengan menjadi relawan dalam mendonorkan darah adalah keputusan yang sangat tepat. Setiap 450 ml darah yang disumbangkan akan membakar sekitar 650 kalori di dalam tubuh. Dengan jumlah kalori tersebut tentunya cukup untuk membuat pinggang kamu ramping dan tentunya otomatis menurunkan berat badanmu.

5. Mengurangi stres.

Jangan takut, ini 5 manfaat mendonorkan darah bagi pendonor

Sumber : https://rheumapas.com/

Hal yang sangat sepele jika kamu telah mendonorkan darah. Ternyata dengan mendonorkan darah dapat membuat pikiran kamu menjadi bahagia, tenang, dan damai. Hal ini terjadi akibat efek dari psikologis yang membuat kamu merasa bisa membantu orang lain.

Bagi kamu yang masih takut jarum suntik, tidak ada salahnya untuk mencoba. Dan perlu kalian tahu bahwa proses pendonoran darah sangatlah aman dan bermanfaat bagi pendonor maupun penerimanya.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red