×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Jangan sampai salah jurusan, ini 4 trik lolos SNMPTN di kampus impian

0

N/A

Jangan sampai salah jurusan, ini 4 trik lolos SNMPTN di kampus impian

Ada beberapa tips yang bisa kamu coba untuk lolos SNMPTN berdasarkan pengalaman pribadi penulis.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Anisa Amalia Arditya Ningrum

31 / 12 / 2019 14:53

Lolos SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) atau yang biasa disebut seleksi tanpa tes dengan menggunakan nilai rapor dari semester 1-5 memang menjadi impian semua pelajar, terutama bagi kamu yang sekarang duduk di bangku kelas 12 SMA/SMK Sederajat. Sebenarnya dari tahun ke tahun banyak sekali siswa/i yang bisa unggul atau pintar tapi gagal di seleksi ini. Kenapa? Karena berdasarkan survei dari beberapa informasi yang pernah saya dapat, yang lolos SNMPTN bukan dari kalangan yang hanya pintar secara akademis saja, tapi juga pintar mencari peluang. Penasaran? Berikut ini beberapa peluang yang harus kamu ketahui untuk lolos SNMPTN berdasarkan pengalaman pribadi penulis.

1. Faktor utama penentu lolos adalah nilai terkuat di rapor.

Amati nilai rapor terkuatmu dan yang paling kamu sukai selama semester 1-5 sebagai penentu pemilihan jurusan. Ini penting banget. Sebagai contoh, nilai terkuat si A di rapor selama semester 1-5 berturut-turut adalah Bahasa Inggris. Nilainya selalu mendapat 9, stabil, selalu ada peningkatan di tiap semesternya, dan gak pernah merosot. Dengan nilai si A yang sempurna di pelajaran Bahasa Inggris dan ditambah lagi ia juga suka banget sama pelajaran ini, maka si A ikut seleksi SNMPTN dengan memilih Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris.

Kamu perlu mengamati nilai terkuat di rapor sebagai peluang kelolosanmu. Namun jikalau nilai mata pelajaran yang kamu sukai belum mencukupi kriteria, maka jangan kekeuh, ya. Mungkin kamu harus tetap mengambil program studi lain yang sesuai dengan passion dan tetap mempertimbangkan nilai rapor.

Sebagai contoh lagi nih, kamu ingin mengambil prodi Akuntansi. Jadi nilai Akuntansi bagi kamu yang dari SMK, dan nilai IPS bagi kamu yang dari SMA harus terkuat. Stabil artinya tidak ada kemerosotan dan nilai mengalami peningkatan dari tiap semesternya. Jadi mulai sekarang tentukan prodi yang akan kamu pilih dengan memperhatikan nilai terkuat di rapor.

Loading...

2. Pastikan sekolah terakreditasi “A”.

Selain nilai rapor, dalam SNMPTN juga mempertimbangkan akreditasi sekolah asal kamu lho. Ini juga jadi poin penting yang perlu diperhatikan dan sebagai peluang lolos kamu di SNMPTN.

3. Perhatikan passing grade prodi di kampus tujuan.

Prodi (Program Studi) atau yang biasa disebut jurusan ini di setiap PTN sudah pasti memiliki passing grade tersendiri dan berbeda. Saat dulu mengkalkulasikan peluang lolos dengan melihat passing grade, saya berorientasi bahwa semakin tinggi persen passing grade, berarti seleksinya sangat ketat alias banyak peminat atau pesaing. Sebaliknya, semakin rendah persen passing grade, berarti seleksinya tidak terlalu ketat atau sedikit pesaing. 

4. Perhatikan daftar sebaran diterima.

Gak hanya faktor passing grade aja sih, tapi berdasarkan pengalaman pribadi bahwa untuk memperbesar kesempatan lolos SNMPTN, kamu juga perlu sering update atau check daftar sebaran diterima dari tahun ke tahun di laman prodi berbagai PTN sebagai bahan pertimbangan Universitas tujuan yang akan kamu pilih. 

Semakin banyak jumlah pendaftar dan hanya sedikit yang diterima dari tahun ke tahun berarti tingkat seleksinya cukup ketat. Namun sebaliknya, kalau jumlah pendaftar banyak dan jumlah diterimanya juga lumayan banyak dari tahun ketahun, mungkin itu adalah salah satu prodi yang harus kamu pertimbangkan lagi.

Atau kamu memilih prodi yang dengan sedikit peminat atau pendaftar dengan jumlah diterima yang juga terbilang cukup banyak, maka kesempatan lolos kamu juga terbuka lebar. Namun, untuk lolos SNMPTN jangan dengan berorioentasi mengambil prodi yang sepi peminat dan asal diterima, ya! Kamu juga harus berani mengambil prodi yang kamu sukai walaupun dengan banyak peminat dan sangat ketat seleksinya dengan berbekal nilai rapormu yang terbilang sangat aman.

Itulah beberapa trik untuk kamu yang masih duduk di bangku kelas 10 atau 11 agar lolos SNMPTN. Kamu wajib mempersiapkan diri sebaik-baiknya dan berusaha mempertahankan nilai yang sempurna serta stabil di tiap semesternya. Untuk kamu yang sekarang sudah duduk di bangku kelas 12 semoga bisa menjadi acuan jika ingin lolos SNMPTN. Ingat, seleksi ini cuma sekali dalam seumur hidup. Jadi jangan sia-siakan dan atur strategi mulai dari sekarang. Enjoy the process. Bismilah...





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Tags

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red