Saat ini masyarakat dunia, khususnya Indonesia sedang berada di tengah wabah virus Corona. Semua lapisan masyarakat melaksanakan peran masing-masing sesuai anjuran pemerintah. Contohnya ada paramedis yang berjuang langsung di rumah sakit dan kita yang berjuang dengan tetap di rumah aja.

Melihat perjuangan dan pengorbanan petugas medis membuat hati ini tergerak untuk mendukung kebutuhan mereka. Mulai dari membantu pasokan vitamin, hand sanitizer, makanan bahkan APD. Sayangnya APD yang beredar terutama dengan harga miring ini tidak memenuhi standar. Padahal APD merupakan komponen vital bagi tenaga medis guna memastikan tubuh mereka terlindung selama menangani pasien.

Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) menilai banyak APD tidak sesuai standar medis beredar di pasaran. APD tersebut berasal dari bahan spunbond yang tak jarang hanya dijahit sekadarnya.

APD bahan spunbond tidak sesuai standar.

Jangan sampai gagal berdonasi, ketahui bahan APD yang sesuai standar

Foto: tokopedia.com

Apabila APD tidak sesuai standar, tidak akan terpakai oleh petugas medis sehingga bantuan dari kita pundikhawatirkan akan sia-sia. Salah satunya adalah yang berbahan spunbond. APD ini memang cenderung lebih murah dibanding bahan lainnya yaitu mulai dari 50.000 rupiah.

Bahan spunbondnyatanya masih bisa tembus dengan semprotan cairan/droplets. Sedangkan untuk Covid-19, paramedis memungkinkan terkena paparan melalui tiga hal yaitu: droplet atau cipratan; kontak dengan pasien; serta airbone saat tindakan yang menimbulkan aerosol.

Prinsip APD.

Jangan sampai gagal berdonasi, ketahui bahan APD yang sesuai standar

Foto: rri.co.id

Apabila ingin memproduksi atau berdonasi APD sebaiknya perhatikan beberapa prinsip yang perlu dipenuhi APD dan dijelaskan oleh Kementerian Kesehatan berikut ini:

- Harus dapat memberikan perlindungan

- Ringan dan nyaman

- Fleksibel

- Tidak menimbulkan bahaya tambahan

- Tidak mudah rusak

- Memenuhi standar yang ada

- Pemeliharaan mudah

- Tidak membatasi gerak

Bahan APD sesuai standar.

Jangan sampai gagal berdonasi, ketahui bahan APD yang sesuai standar

Foto: freepik.com

APD yang digunakan oleh tenaga medis adalah APD yang tentunya bisa melindungi diri dari paparan yaitu dengan bahan PVC, polyester, dan parasut. Bahan polyester untuk standar APD sudah lolos test Balai Besar Tekstil Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Beberapa industri tekstil pun menggunakan ketiga bahan tersebut karena tidak tembus oleh cairan dan droplet sehingga memenuhi standar. Untuk harganya sendiri beragam, mulai dari 75.000 untuk PVC dan polyester dan 90.000 untuk bahan parasut.

Oleh karena itu, jangan sampai kita salah berdonasi dengan APD yang tidak sesuai standar. Kita juga perlu memperhatikan bahan APD yang bisa digunakan teman-teman tenaga medis dalam memerangi virus Corona ini.