×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Jaga kondisi tubuh, awali pola hidup sehat mulai dari dapur

0

Kesehatan

Jaga kondisi tubuh, awali pola hidup sehat mulai dari dapur

Ilustrasi memasak / Foto: freepic.com

Untuk mewujudkan pola hidup sehat sangat dianjurkan masyarakat tidak terlalu sering mengonsumsi junk food dan lebih baik jika memasak sendiri.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Sulistyawan Ds

08 / 02 / 2021 13:15

Masa pandemi menuntut setiap orang agar senantiasa hidup sehat. Hal itu bukan saja berhubungan dengan gaya hidup yang dijalani, tetapi juga dengan asupan makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Hanya saja, dengan alasan mencari kepraktisan, sebagian masyarakat lebih suka mengonsumsi junk food dan tidak suka memasak.

Pakar Kesehatan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), dr. Danang Ardianto mengungkapkan bahwa imunitas seseorang tidak terlepas konsumsi makanan sehari-hari. Karena itu, untuk mewujudkan pola hidup sehat sangat dianjurkan masyarakat tidak terlalu sering mengonsumsi junk food dan lebih baik memasak sendiri. Sebab, dengan memasak sendiri, kita menjadi tahu bahan apa saja yang kita konsumsi sekaligus kandungan gizinya.

“Di mana pun saya selalu katakan bahwa hidup sehat itu berawal dari dapur. Karena itu buat ibu-ibu, hendaknya selalu sediakan makanan yang sehat dan bergizi buat anggota keluarga.“ Ujar dr. Danang dalam forum Media Gathering Healthy Live With Artugo di QHomemart Yogyakarta Minggu (7/2/2021).

Jaga kondisi tubuh, awali pola hidup sehat mulai dari dapur

dr. Danang Ardianto / Foto: Sulistyawan Ds

Loading...

Dijelaskan dr. Danang, untuk mencapai hidup sehat sesungguhnya tidak sulit asalkan setiap orang  bersedia untuk mematuhi tata cara hidup sehat dengan cara "Cerdik". Istilah Cerdik merupakan singkatan dari: Cek Kesehatan Secara Berkala, Enyahkan Rokok, Rajin Olahraga, Diet Makanan Seimbang, Istirahat yang Cukup, dan Kelola Dapur Anda.

Khusus masalah pengelolaan dapur ini, lanjut dr. Danang, selama ini belum banyak mendapat perhatian khusus, karena masyarakat mulai menggemari untuk mengonsumsi makanan instan. Karena itu, pengelolaan dapur sehingga mampu menghasilkan makanan yang  bergizi dan sehat menjadi tantangan masyarakat yang  menginginkan pola hidup sehat. Apalagi pada masa pandemi, ketika sosialisasi masyarakat untuk keluar rumah dibatasi maka penerapan pola hidup sehat serta konsumsi makanan sehat itu terkadang diabaikan.

"Dengan alasan pandemi banyak orang enggan keluar rumah. Olahraga tak pernah, bahkan konsumsi makanan juga kadang mengandalkan makanan instan dari luar rumah. Padahal sesungguhnya itu bukan alasan. Sebab hidup sehat selama berada dalam rumah dapat dilakukan dengan berbagai cara." Ujar dr. Danang.

Selanjutnya Danang menganjurkan agar tetap sehat selama berada di rumah, masyarakat dapat melakukan olahraga sederhana dengana cara sederhana. Sedangkan untuk konsumsi makanan yang terpenting adalah mengonsumsi makanan yang  berasal dari bahan yang segar. Hal tersebut perlu dilakukan karena konsumsi makanan yang sehat merupakan salah satu cara meningkatkan ketahanan tubuh terhadap paparan virus serta penyakit lainnya. 

"Kalau masak sendiri, kita jelas tahu bahan-bahan yang kita masak. Kalau kita pesan dari luar kita sama sekali tidak tahu kandungan apa saja yang terdapat dalam makanan yang kita konsumsi. Kita juga tidak tahu, apakah makanan yang kita santap itu diolah dari bahan makanan yang segar atau berpengawet." Tandas dr. Danang. (*/Sulistyawan Ds).

 

 
 





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red