×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Inovasi unik ala mahasiswa Undip, ubah kulit rambutan menjadi teh

0

Komunitas

Inovasi unik ala mahasiswa Undip, ubah kulit rambutan menjadi teh

Kulit rambutan tak sekadar limbah terbuang yang tak termanfaatkan. Di tangan mahasiswa Undip, kulit rambutan ini disulap menjadi teh yang nikmat.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

ES Prayogo

18 / 02 / 2019 16:15

Kabupaten Kendal (18/02) – Rambutan, buah yang terkenal dengan rasa manisnya ini cukup digemari oleh masyarakat luas. Selain harganya terjangkau, buah bernama latin Nephelium lappaceum ini juga menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Tidak hanya buahnya yang dikonsumsi, namun kulit rambutan juga dapat dimanfaatkan sebagai produk olahan yang dapat dikonsumsi dan memiliki nilai jual.

Di tangan Tim 1 Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro, kulit rambutan dapat dimanfaatkan menjadi produk teh kulit rambutan “TEKUR” yang memiliki nilai jual. Ide ini berawal dari melihat kondisi panen tahunan buah rambutan yang sangat melimpah di Desa Merbuh, Kecamatan Singorojo, Kabupaten Kendal.

Terobosan unik ini dilakukan dalam kegiatan pelatihan dan pengenalan produk teh kulit rambutan kepada warga Desa Merbuh. Harapan kedepannya, warga Desa Merbuh dapat mengembangkan produk lokal yang memiliki nilai jual dan meningkatkan perekonomian setempat. Selain itu, kegiatan pelatihan dan pengenalan produk tersebut didorong karena kurangnya pengetahuan masyarakat akan manfaat dari kulit rambutan tersebut.

kulit rambutan

Mayoritas masyarakat belum mengetahui manfaat dari kulit rambutan, sehingga kulit rambutan hanya menjadi limbah yang tidak termanfaatkan”, ujar Darsini Puji, mahasiswa KKN Undip.

Loading...

Menurut penelitian yang telah ada, kulit rambutan memiliki kandungan flavonoid dan tanin yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, di antaranya, sebagai anti radikal bebas, menurunkan kadar kolesterol, antioksidan, dan mengobati diare.

teh kulit rambutan

Untuk cara pengolahan kulit rambutan ini cukup sederhana. Kulit rambutan dicuci dengan air hingga bersih, kemudian diiris tipis–tipis, lalu dijemur hingga benar–benar kering. Proses pengeringan dapat memakan waktu sekitar dua sampai tiga hari. Setelah kering, teh kulit rambutan siap disajikan. Cara penyajiannya, teh kulit rambutan “TEKUR” diseduh dengan air panas dan tambahkan gula secukupnya. Selain menggunakan gula, dapat juga disajikan dengan gula batu atau jeruk nipis sebagai varian rasa.






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red