Pembuatan gadget yang kita cintai tidak lepas dari perkembangan sains dan teknologi. Terutama pembuatan chip komputer dan smartphone yang menjadi otak dari gadget. Chip yang berukuran sangat kecil tersebut mampu membuat gadget melakukan banyak hal dan menampilkan citra grafis yang bisa dilihat dan nikmati hingga mempesona semua mata yang memandang. Keajaiban luar biasa yang diberikan oleh chip super kecil tersebut tak lepas dari fenomena aneh dalam fisika yang disebut sebagai Fenomena Quantum.

Fenomena quatum dalam kejadian superposisi adalah konsekuensi dari dualisme sifat partikel dan sifat gelombang dari segala seuatu yang berada dalam alam semesta. Ini merupakan sifat fisika yang mendasari teori fundamental dalam dunia Fisika, yaitu Mekanika Kuantum. Fenomena ini sangat aneh karena sulit untk diterima oleh logika. Sekalipun oleh para ilmuwan bahkan Pencetus Mekanika Kuantum.

Untuk memahami fenomena ini, Erwin Schr?dinger, salah satu pencetus mekanika quantum melakukan eksperimen terkenal yang tidak pernah benar-benar dilakukan yaitu dengan berimajinasi. Ia membayangkan seekor kucing dalam sebuah wadah tertutup. Wadah tersebut dipasang sebuah piranti yang mempunyai 50% kemungkinan dapat membunuh kucing dalam waktu satu jam. Schrodinger mempertanyakan, bagaimana kondisi kucing dalam wadah tersebut setelah satu jam?

Inilah fenomena Fisika yang menjadi cikal bakal pembuatan chip gadget

Logikanya kucing tersebut bisa jadi hidup atau mati. Namun, menurut fisika quantum, saat membuka wadah, kucing tersebut berada dalam kondisi hidup dan kondisi mati pada saat yang bersamaan. Hanya pada saat wadah sudah terbuka, kucing ada dalam satu kondisi, yaitu hidup atau mati. Sebelum wadah dibuka, kucing tersebut berada pada kemungkinan yang tidak jelas, setengah mati dan setengah hidup. Hal ini terdengar tidak masuk akal, namun percobaan tersebut telah memperlihatkan bagaimana Fenomena Quantum bekerja.

Inilah fenomena Fisika yang menjadi cikal bakal pembuatan chip gadget Namun, seberapapun tidak masuk akalnya, Fenomena Quantum sangatlah nyata. Perilaku superposisi membawa kita pada teknologi modern. Superposisi elektron memungkinkan mengontrol sifat material semikonduktor seperti silikon germanium.

Menggabungkan beberapa jenis material semikonduktor dengan tepat untuk membuat transistor ukuran kecil hingga berjuta-juta dalam sebuah chip komputer dan smartphone. Pada level yang dalam, internet dan komputer ada karena jasa sang fisikawan Austria dan kucing imajinernya.

Inilah fenomena Fisika yang menjadi cikal bakal pembuatan chip gadget

Karena itu, berterima kasihlah pada dunia Fisika dan para ilmuwannya. Ayo, cepat berterima kasih.