×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Inilah 8 tips sederhana agar bisa tidur nyenyak di malam hari

0

Kesehatan

Inilah 8 tips sederhana agar bisa tidur nyenyak di malam hari

Foto: pexels/Ivan Oboleninov

Bagaimana supaya bisa tidur nyenyak di malam hari? Ikuti 8 tips berikut ini.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

DwiS

07 / 01 / 2020 15:41

Tidur di malam hari menjadi kebutuhan setiap orang untuk menjaga kesehatan fisik dan mental. Tidur yang cukup itu sekitar 7 hingga 8 jam setiap malam. Namun tidak semua orang bisa tidur nyenyak yang berujung tubuh lemas saat bangun keesokan harinya. Akhirnya, kegiatan di kantor maupun di kampus jadi terganggu gara-gara tubuh kurang beristirahat sebelumnya. Apakah kamu sering mengalami hal tersebut?

Kalau iya, simak 8 tips di bawah ini yang bisa membantu masalah tidurmu itu. Tapi sebelumnya, kamu tentu ingin tahu kan, apa saja penyebab orang hingga jadi susah tidur?

Seseorang jadi susah tidur bisa karena usia, terutama yang di atas 60 tahun. Stres memikirkan masalah hidup bisa bikin tidur tidak nyenyak. Ritme tidur (sirkadian) yang berubah karena kegiatan seperti tidur siang, kena cahaya laptop/ponsel, atau berolahraga berat sebelumnya bisa membuat tidur terganggu. Sering mengonsumsi alkohol, kopi, merokok juga termasuk. Selain itu, mengidap penyakit seperti asam lambung, radang sendi, asma, kelainan tiroid juga bisa bikin susah terlelap.

Lalu, bagaimana solusi supaya mendapatkan tidur yang berkualitas? Ini 8 tips yang bisa kamu coba terapkan mulai malam ini. 

1. Tetapkan waktu tidur.

Loading...

Kalau kamu sering mengalami susah tidur di malam hari, buatlah jam tidur yang tetap. Tidur teratur membuat otak dan tubuh mengikuti kebiasaan tersebut yang memudahkanmu memejamkan mata hingga terlelap.

2. Batasi tidur siang.

Bagi sebagian orang, kebiasaan tidur siang justru membuat mereka masih terjaga di malam hari. Hindari atau batasi jam tidur siang maksimal 30 menit untuk mendapatkan istirahat yang berkualitas di malam hari. 

3. Hindari olahraga berat.

Melakukan olahraga berat sesaat sebelum waktu tidur bikin badan lelah dan harusnya cepat terlelap, ya? Tapi buat sebagian orang justru bisa berakibat tidur malam mereka terganggu. Tubuh bisa melepaskan hormon stres (kortisol) yang bikin susah tidur. Kamu termasuk? Kalau iya, coba lakukan olahraga ringan seperti meditasi atau yoga.

4. Jaga konsumsi makanan.

Supaya tidak kelaparan saat tidur yang bisa membuatmu terbangun, tentu kamu butuh makan sebelumnya. Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, konsumsi makanan sekitar 4 jam atau maksimal 1 jam sebelumnya. Hindari langsung tidur setelah makan.

Minum air putih secukupnya, hindari minuman yang berkafein, bersoda, dan mengandung alkohol karena dapat mengganggu kualitas tidurmu di malam hari. Hindari merokok di malam hari karena kandungan nikotin di dalamnya bisa bikin susah tidur.

5. Kamar nyaman.

Kondisikan kamar kamu senyaman mungkin untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik di malam hari. Matikan atau redupkan lampu kamar tidur supaya tidak terlalu terang. Kamar sejuk bersuhu sekitar 20–23°Celcius dan tidak ada suara berisik dari luar. Selain itu, kasur dan bantal yang kamu gunakan pun harus terasa nyaman.

6. Mandi air hangat.

Sebelum tidur kamu bisa coba mandi air hangat supaya cepat terlelap. Mandi menggunakan air hangat bisa bantu melemaskan otot yang tegang, meredakan lelah, dan menurunkan suhu tubuh. Dengan kondisi seperti itu akan memudahkanmu untuk beristirahat dengan tenang. Tentu saja kamu bisa bangun lebih segar keesokan harinya.

7. Hindari main gadget.

Hindari bermain laptop atau ponsel sebelumnya jika ingin tidur dengan nyenyak. Lebih baik kamu matikan lampu kamar agar suasana lebih mendukung. Dengan begitu tubuh dapat mengeluarkan hormon melatonin untuk membantumu terlelap.

8. Kebiasaan simpel.

Lakukan hal-hal sederhana yang bisa kamu jadikan rutinitas sebelum tidur. Mengonsumsi minuman hangat seperti susu, membaca buku, dan meredupkan ruangan adalah contoh yang bisa kamu jadikan kebiasaan di malam hari. Kegiatan-kegiatan sederhana yang rutin itu bisa bikin otak terbiasa atau mengirim sinyal untuk segera tidur.

Jangan lupa, sebelum tidur siapkan barang-barang yang kamu perlukan untuk kegiatan esok harinya supaya pikiranmu tidak terbebani dan tidur pun jadi lebih tenang.

 

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red