×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Inilah 7 tanda bahwa kamu telah dewasa secara emosional

0

Kepribadian

Inilah 7 tanda bahwa kamu telah dewasa secara emosional

Foto: Eric Ward on Unsplash / psiloveyou.xyz

Dewasa secara umur tidak selalu berbanding lurus dengan dewasa secara emosional.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Saidahtyani

15 / 09 / 2020 12:15

Menjadi dewasa memang tidak ada patokan pasti. Untuk bia menjadi dewasa juga butuh proses yang bisa dibilang bukan proses singkat dan bisa memakan waktu lama. Dewasa sendiri punya beberapa istilah seperti dewasa secara umur, dewasa secara sikap, dewasa secara finansial, dewasa secara emosional, dan dewasa dengan perspektif lainnya.

Ada orang bilang dewasa tidak ditentukan oleh umur, namun pada sikap dan cara berpikirnya. Ungkapan itu memang tidak salah. Umur yang terbilang dewasa tidak bisa selalu menjadi penentu seseorang juga dewasa secara emosional. Tak jarang mereka masih terbawa dengan beberapa sifat kekanak-kanakannya.

Dewasa secara emosional yaitu kemampuan untuk bisa memahami secara penuh dan mengatur emosimu. Lalu, apa saja tanda jika sudah dewasa secara emosional? Berikut uraiannya mengutip dari Psych2Go.

1. Kamu bisa mengenali jenis respon perasaanmu.

Inilah 7 tanda bahwa kamu telah dewasa secara emosional

Loading...

Foto: europabilingaulschool1-2.blogspot.com

Kamu bisa merasakan dan mengetahui perasaan apa yang menyelimuti dirimu dari berbagai peristiwa yang dialami seperti tertekan, cemas, bahagia, depresi dan lain lain. Jika iya, maka pemikiranmu telah berkembang lebih kompleks dengan mengenali berbagai respon yang muncul dari perasaanmu.

2. Kamu bisa menentukan batas-batas.

Kamu bisa menentukan batas-batas yang membawa kebaikan untuk dirimu. Kamu memiliki batas untuk karakter baik dan burukmu seperti toleransi terhadap sesuatu dan membenci sesuatu.

3. Kamu tidak cemas mengakui kesalahanmu.

Inilah 7 tanda bahwa kamu telah dewasa secara emosional

Foto: chitrapanikker.blogspot.com

Salah satu ciri lainnya yaitu kamu waspada dengan tindakanmu. Namun bukan berarti tidak mau disalahkan. Saat menyadari ada yang salah dengan tindakanmu, kamu tidak cemas untuk mengakuinya. Kamu lebih bisa menghargai orang lain. Selain itu kamu juga mempertimbangkan dampak terhadap hubunganmu dengan orang lain daripada egomu.

4. Berpikir matang sebelum melangkah.

Kamu berpikir sebelum bertindak secara spontan. Kamu berpikir tentang bagaimana cara dan dampak terhadap hal yang kamu lakukan karena takut akan menyesalinya suatu saat nanti. Karena terbiasa berpikir secara matang, kamu lebih cenderung bisa mengontrol emosimu, kekecewaanmu, dan merespon dengan kepala dingin.

5. Kamu bisa mengekspresikan keinginanmu.

Orang yang dewasa secara emosional mempunyai gaya komunikasi yang efektif yang mana kamu bisa mengutarakan yang kamu inginkan dan harapkan dari orang lain dengan cara yang bijak.

6. Kamu sadar diri.

Jika sudah bisa sadar diri, kamu bisa fokus pada emosimu dengan lebih jelas. Kamu sadar pada kondisi mentalmu dan bisa membuat solusi secara mandiri.

7. Kamu tahu cara mendengarkan orang lain.

Inilah 7 tanda bahwa kamu telah dewasa secara emosional

Foto: urbanareas.net

Orang yang sudah dewasa secara emosional biasanya mempunyai sifat empati yang tinggi, jadi mereka juga bisa menjadi pendengar yang baik. Kamu bisa mendengarkan orang lain secara netral tanpa terbawa rasa menghakimi dan merendahkan. Dewasa secara emosional tidak selalu bisa dilihat dari umur, namun pengalaman yang didapat.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red