×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Inilah 7 cara cepat dan tepat membentuk badan menjadi atletis

0

Olahraga

Inilah 7 cara cepat dan tepat membentuk badan menjadi atletis

Foto: Viktor Ristic dari Pixabay

Kamu harus memiliki semangat serta motivasi lebih untuk membentuk tubuh yang atletis.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Fadel Erki

30 / 12 / 2019 15:15

 

Memiliki bentuk tubuh yang atletis merupakan mimpi dan cita-cita kaum pria. Tubuh yang atletis tentunya bisa didapatkan dengan menjalankan pola hidup sehat dan memiliki jadwal latihan yang baik untuk melatih otot-otot tubuh.

Menurut lifestyle.kompas.com, banyak orang mengira dengan melatih otot perut mereka akan mendapatkan lekukan six pack. Padahal sebenarnya otot itu sudah ada di sana, yang perlu dilakukan hanya menghilangkan lemak yang menutupinya.

Salah satu manfaat tubuh yang atletis adalah membuat seseorang tampil lebih percaya diri dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Ada beberapa cara untuk pria yang ingin memiliki tubuh atletis.

1. Hindari makanan yang mengandung minyak berlebih.

Loading...

Inilah 7 cara cepat dan tepat membentuk badan menjadi atletis

Makanan yang mengandung minyak berlebih pastinya tidak baik untuk tubuh. Salah satunya dapat menyebabkan penimbunan lemak di bagian-bagian tertentu pada tubuh seperti lengan, paha, bokong, dan perut. Makanan berminyak tinggi tentunya dapat merusak proses kamu dalam membentuk tubuh yang atletis.

2. Hitung kalori harianmu.

Inilah 7 cara cepat dan tepat membentuk badan menjadi atletis

Pada umumnya kalori harian manusia ialah kisaran 2000-2500 kalori per hari. Untuk membentuk tubuh yang atletis kamu harus memiliki yang namanya defisit kalori. Defisit kalori adalah kamu mengurangi jumlah kalori harianmu dalam sehari dari 2000 kalori menjadi 1500. Inti dari membentuk tubuh yang atletis adalah berkurangnya kadar lemak dalam tubuh dan terlihatnya bentuk otot yang ada pada tubuh.

3. Latihan fisik yang konsisten.

Inilah 7 cara cepat dan tepat membentuk badan menjadi atletis

Ini adalah bagian terpenting dalam membentuk tubuh yang atletis. Tidak mungkin kamu mendapatkan tubuh yang atletis tanpa adanya latihan otot tubuh. Banyak sekali latihan fisik yang kamu bisa lakukan seperti berenang, latihan angkat beban alat, dan latihan beban tubuh. Dengan latihan yang konsisten akan membuat bagian di tubuhmu menjadi keras dan besar, tetapi itu semua tidaklah mudah. Dibutuhkan adanya motivasi dan ketekunan dalam melatih otot tubuh.

4. Perbanyak asupan protein.

Inilah 7 cara cepat dan tepat membentuk badan menjadi atletis

Protein merupakan salah satu bagian terpenting dalam proses pembentukan otot tubuh. Tanpa adanya kebutuhan protein yang cukup, latihan yang kamu lakukan tidak akan berdampak besar terhadap perkembangan otot tubuhmu. Ada banyak makanan yang mengandung protein tinggi seperti tahu, tempe, susu, kacang kedelai, dada ayam, dan daging sapi.

5. Hindari makanan cepat saji.

Inilah 7 cara cepat dan tepat membentuk badan menjadi atletis

Ini merupakan salah satu pantangan para pria dalam membentuk tubuh yang atletis karena makanan cepat saji memiliki kadar kalori yang tinggi dan mengandung banyak lemak yang dapat mengganggu dalam membentuk tubuh yang atletis.

6. Memiliki pola makan yang baik dan sehat.

Inilah 7 cara cepat dan tepat membentuk badan menjadi atletis

Apa saja pola makanan yang baik dan sehat untuk membentuk tubuh yang atletis? Salah satunya ialah yang biasa kamu dengar yaitu 4 sehat 5 sempurna dengan takaran yang sesuai dan tidak melebihi batas kalori harian yang telah ditentukan dalam membentuk tubuh atletis.

7. Istirahat yang cukup.

Inilah 7 cara cepat dan tepat membentuk badan menjadi atletis

Setelah melakukan beberapa cara di atas, istirahat adalah bagian yang sangat penting dalam pembentukan otot. Pada dasarnya tidur atau waktu istirahat yang baik adalah 8 jam dalam sehari. Kenapa istirahat sangat penting dalam membentuk tubuh yang atletis? Karena ketika kamu sudah melakukan pola latihan fisik dan pola makanan yang baik, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah tidur dalam waktu 8 jam.

Pada saat tidur tubuh akan menggantikan otot-otot yang terurai dengan otot yang lebih baru dan besar setelah kamu melakukan proses latihan fisik. Jika waktu tidurmu tidak cukup tentunya ototmu akan mengalami penyusutan serta tidak pernah bertambah besar.

Kesimpulan dari artikel ini adalah kamu harus memiliki semangat serta motivasi yang lebih dalam membentuk tubuh yang atletis. Hindari hal-hal yang dilarang dan lakukan hal-hal yang diwajibkan. Tidak butuh waktu lama, dalam jangka tiga bulan pun kamu dapat membentuk tubuh atletis jika mengikuti cara-cara di atas. Semoga artikel ini dapat membantumu dalam membentuk tubuh yang atletis.

 

Oleh: Fadel Erki Mahendra / Ilmu Perpustakaan / Universitas Yarsi





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red