×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Inilah 6 manfaat kayu manis bagi kesehatan tubuh

0

Kesehatan

Inilah 6 manfaat kayu manis bagi kesehatan tubuh

Rempah yang sering digunakan sebagai bahan bumbu dapur dan makanan ini ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

arif rezadinata

08 / 07 / 2020 13:57

Kayu manis dengan nama ilmiah cinnamomum verum adalah salah satu bumbu dapur yang sering dijumpai dan banyak digunakan untuk membuat makanan maupun kue. Ia termasuk ke dalam jenis rempah-rempah yang amat beraroma, manis, dan pedas. Kayu manis juga merupakan salah satu bumbu makanan tertua yang digunakan manusia, yaitu digunakan di Mesir Kuno sekitar 5000 tahun yang lalu.

Selain menjadi bahan makanan, kayu manis juga mempunyai manfaat bagi kesehatan, di antaranya sebagai berikut:

1. Kaya akan antioksidan.

Antioksidan berfungsi melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Kayu manis sarat akan anti oksidan yang kuat, seperti polifenol.

2. Memiliki sifat antiinflamasi.

Loading...

Sifat antiinflamasi membantu tubuh melawan infeksi dan memperbaiki kerusakan jaringan. Namun peradangan bisa menjadi masalah ketika kronis atau justru melawan jaringan tubuh sendiri.

3. Menurunkan risiko penyakit jantung.

Kayu manis telah dikaitkan dengan pengurangan risiko penyakit jantung. Kabar baiknya, satu gram kayu manis per hari atau sekitar setengah sendok teh telah terbukti memiliki efek yang baik saat pemeriksaan darah bagi penderita diabetes tipe 2.

4. Meningkatkan sensitivitas terhadap hormon insulin.

Insulin merupakan salah satu hormon utama yang mengatur metabolisme dan penggunaan energi. Hormon ini pula yang berperan penting untuk mengangkut gula darah dari aliran darah ke sel-sel di seluruh tubuh. Masalahnya, banyak orang yang kebal terhadap efek insulin, atau yang juga dikenal dengan istilah resistensi insulin. Ciri khas dari kondisi serius seperti sindrom metabolik dan diabetes tipe 2.

Nyatanya, kayu manis dapat mengurangi resistensi insulin, membantu hormon penting ini melakukan tugasnya. Dengan meningkatkan sensitivitas insulin, kayu manis dapat menurunkan kadar gula darah.

5. Menurunkan kolesterol.

Kolesterol yang tinggi sangat berbahaya bagi kesehatan karena berpotensi menyumbat aliran pembuluh darah. Masalah ini bisa disebabkan oleh keturunan ataupun pola hidup yang tidak sehat. Sebuah studi menyatakan khasiat kayu manis dalam menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Caranya cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan satu sendok teh madu dengan setengah sendok teh bubuk kayu manis dan didihkan dalam air atau teh.

6. Meningkatkan fungsi sel otak.

Penyakit neurodegeneratif seperti alzheimer dan parkinson dapat dicegah sejak dini. Menurut para peneliti, kandungan ekstrak dalam kayu manis bisa mencegah penumpukan protein berbahaya dalam otak yang sering ditemukan pada pasien alzheimer. Manfaat kayu manis lainnya adalah berpotensi melindungi sel saraf otak (neuron) dan meningkatkan fungsi motorik terutama bagi penderita parkinson. 

Itulah beberapa manfaat yang terdapat dalam kayu manis di samping banyak manfaat lainnya. Semoga bermanfaat.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red