Salah satu profesi yang banyak dicari orang Indonesia adalah seorang make up artist. Kenapa? Karena banyak momen dalam hidup orang Indonesia yang membutuhkan sentuhan dari mereka.

Dalam situasi-situasi tertentu, seseorangperlu terlihat lebih cantik dan berbeda dari biasanya. Nah, di sinilah peran seorangmake up artistdibutuhkan. Ada lima tipemake up artist yang sering kali dibutuhkan.

1. Make up artistbuat nikahan.

Inilah 5 tipe make up artist yang ada di Indonesia

Pernikahan di Indonesia adalah sebuah ritual yang nggak akan ada habisnya dan selalu membutuhkan make up artist. Mulai dari make up-in pengantin, keluarga, sampai pagar ayu. Namun make up artist untuk nikahan harus mengerti pakem-pakem dari adat tertentu. Misalnya, make up adat Jawa akan sangat berbeda dengan adat Palembang.

2. Make up artistuntuk foto model.

Inilah 5 tipe make up artist yang ada di Indonesia

Biasanya, make up untuk foto model akan disesuaikan dengan outfit yang dipakai atau tema dari photoshoot hari itu. Temanya bisa macam-macamseperti natural, gothic, atau colorful. Make up artist di bidang ini harus lebih berani bereksperimen dan keluar dari pakemnya.

3. Make up artistuntuk wisuda.

Inilah 5 tipe make up artist yang ada di Indonesia

Kalau make up artist yang satu ini tergolong lebih mudah dibanding yang lainnya. Biasanya, orang akan meminta temannya sendiri yang jago make up karena riasan untuk wisuda biasanya nggak seheboh untuk nikahan. Kuncinya cuma satu untuk make up artist kategori ini, yaitu mengerti dasar-dasar make up yang benar.

4. Make up artistbuat karnaval.

Inilah 5 tipe make up artist yang ada di Indonesia

Make up artist untuk karnaval harus bisa berimajinasi dan mengerti arti baju yang akan dipakai oleh modelnya karena riasan yang akan dia buat harus senada dengan outfit-nya. Berbeda dengan make up artist foto model, make up artist untuk karnaval harus lebih meriah dan berani bermain warna.

5. Make up artistkarakter.

Inilah 5 tipe make up artist yang ada di Indonesia

Bisa dibilang make up artist ini paling 'seniman' di antara make up artist lainnya karena mereka bisa mengubah total wajah seseorang menjadi sebuah karakter. Contohnya Muwhaley yang ada di TikTok, dia bisa menyulap wajahnya sendiri menjadi seperti tengkorak, cheetah, ataupun buah nanas.