Tomat sering kali digunakan sebagai bahan tambahan saat memasak. Namun ternyata tomat memiliki banyak kandungan seperti likopen, vitamin C, kalium, folat, dan vitamin K yang bermanfaat bagi kesehatan. Berikut ini adalah lima manfaat tomat yang perlu kamu ketahui.

1. Melancarkan pencernaan.

Kandungan serat dan mineral pada tomat tidak perlu diragukan lagi. Mengonsumsi tomat dapat menghindarkan diri dari risiko gangguan pada usus, sehingga secara umum bermanfaat untuk kesehatan pencernaan.

2. Menjaga kesehatan mata.

Tomat terkenal dengan kandungan vitamin A. Vitamin A dalam tomat memiliki sifat antioksidan sehingga membantu dalam meningkatkan kemampuan penglihatan.

3. Menjaga kesehatan kulit.

Tomat kaya akan likopen yang dapat melindungi kulit dari kondisi sunburn. Tomat juga mengandung potasium dan vitamin C yang dipercaya dapat membantu dalam mencerahkan kulit.

4. Menyehatkan jantung.

Kandungan likopen dalam tomat dapat membantu menurunkan kolesterol buruk, melindungi lapisan pembuluh darah, dan menurunkan risiko sakit jantung.

5. Mengontrol kadar gula darah.

Tomat kaya akan mineral atau chromium yang mampu untuk mengatasi dan mengontrol kadar gula darah. Maka sangat dianjurkan bagi para penderita diabetes untuk mengonsumsi tomat secara rutin.