Sebelum memutuskan pergi ke luar negeri, biasanya kita akan sedikit belajar cara berkomunikasi secara verbal, seperti belajar bahasa yang biasa digunakan oleh penduduk di negara tersebut.

Tapi, tahukah kamu kalau belajar cara berkomunikasi nonverbal juga sangat penting. Karena, ada beberapa negara di dunia ini yang menganggap gerak-gerik tertentu dalam bentuk isyarat tangan tidak sopan, bahkan sangat dilarang dilakukan.

Jadi untuk menghindari respon negatif dari penduduk lokal di negara tersebut, ada baiknya kamu simak ulasan beberapa isyarat tangan yang tidak boleh dilakukan di berbagai negara ini, karena dianggap tidak sopan. Berikut ulasannya.

1. Tidak Boleh Mengacungkan Jempol di Russia

Inilah 4 isyarat tangan yang terlarang di berbagai negara

Dalam kebudayaan umum, mengacung jempol adalah salah satu bentuk formal dari respon positif. Tapi, kamu harus berhati-hati jika mengacung jempol di Russia, Yunani, beberapa negara di Timur Tengah, dan beberapa negara di Afrika Barat.

Karena disana, isyarat tangan dengan mengacung jempol sama saja kamu mengacung jari tengah (FUCK) ke orang tersebut. Makanya, isyarat ini tidak boleh dilakukan dan sangat dilarang di negara tersebut.

2. Isyarat Tangan Terbuka di Larang di Yunani

Inilah 4 isyarat tangan yang terlarang di berbagai negara

Jika kamu berada di Yunani, jangan pernah membuka telapak tanganmu, kemudian merentangkan semua jarimu. Karena disana, isyarat tangan ini disebut Moutza yaitu semacam bentuk cacian atau pelecehan.

Moutza sendiri berasal dari kebudayaan jaman Romawi Timur, dimana penduduknya pada waktu itu sering membuang kotoran ke muka para pelaku kriminal sebagai bentuk penghinaan, Nah, isyarat Moutza ini sama artinya seperti itu.

Selain Yunani, isyarat Moutza juga dianggap tidak sopan jika dilakukan di beberapa negara Afrika, Paskistan, Korea, dan Jepang.

3. Isyarat Tangan Peace Dilarang di Inggris

Inilah 4 isyarat tangan yang terlarang di berbagai negara

Isyarat Peace yang membentuk hurup V ini memiliki dua bentuk, yang pertama telapak tangan yang mengarah ke luar, dan yang kedua telapak yang mengarah ke bagian dalam. Di kebudayaan kita, isyarat ini artinya kemenangan (victory).

Tapi, beda artinya jika kamu mengunakan isyarat ini di negara Inggris, karena disana isyarat berbentuk huruf V ini bermakna alat kelamin wanita atau bisa juga konotasi seksual negatif lainnya seperti dirikan kepunyaanmu .

Selain di Inggris, isyarat ini juga dianggap tidak sopan dilakukan di negara Irlandia, Australia, Italia, dan New Zealand dengan konotasi kurang lebih sama dengan di Inggris.

4. Menyilangkan Jari Telunjuk dan Jari Tengah Dianggap Tidak Sopan di Vietnam

Inilah 4 isyarat tangan yang terlarang di berbagai negara


Di Indonesia, kita mengenal isyarat tangan ini sebagai bentuk membuat janji palsu, sedangkan di beberapa kebudayaan barat justru berkonotasi lebih positif lagi yaitu memiliki makna semoga beruntung.

Tapi berbeda jauh jika dilakukan di Vietnam, karena disana, isyarat ini sama dengan isyarat Peace di Inggris yang bermakna atau mengambarkan alat kelamin wanita.